Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

7 Presentation Skills yang Kamu Wajib Punya, Sudah Tahu?

presentation skills

Kursus Speaking Local – Kemampuan presentasi yang baik dapat mendukung studi dan kariermu. Tahukah kamu, presentasi yang baik didukung oleh 7 presentation skills berikut ini?

Apa pentingnya menguasai presentation skills? Kamu dapat membuat audiens menjadi antusias dan merasa terlibat dalam pembicaraan.

Audiens akan merasa terkesan. Kamu pun dapat meraih tujuan kamu melakukan presentasi tersebut.

Jika diperhatikan, para pembicara di TED Talks sering menggunakan tips-tips berikut. Kamu tentu menyadari cara mereka melakukan presentasi sangat menarik dan berkesan.

1. Pace and pitch

Pace (tempo) dan pitch (nada) dapat memengaruhi suasana presentasi. Tempo cepat dan nada tinggi menunjukkan antusiasme. Tempo lambat dan nada rendah menunjukkan sikap serius.

Kamu dapat mengubah tempo dan nada untuk meraih tujuan yang diinginkan.

2. Volume

Skill berikut ini terkait dengan keras-lembutnya suara. Kamu dapat merekam diri sendiri saat sedang berbicara untuk mengetahui volume yang kamu gunakan.

Tips lain yang bisa dilakukan adalah mendekat ke arah audiens agar suaramu lebih terdengar jelas. Tidak perlu berteriak atau mengangkat dagu karena akan membuat pita suara menjadi tegang.

Tahukah kamu, nada dan volume rendah dapat menarik perhatian orang lain? Hal ini dapat kamu lakukan untuk membuat audiens memperhatikan.

Baca juga: Pecha Kucha: Strategi Presentasi yang Memikat Hati

3. Pronunciation

Pronunciation (pelafalan) berkaitan dengan kejelasan ucapan. Terutama dalam bahasa Inggris yang memiliki cara pelafalan yang berbeda dengan penulisannya.

Cobalah merekam diri sendiri atau meminta pendapat orang lain. Perhatikan apakah ada pengucapan kata tertentu yang kurang tepat atau membingungkan.

4. Passion

Passion yang kamu miliki dapat dirasakan oleh audiens. Hal ini dapat terlihat melalui pemilihan kata dan perubahan nada suara.

Saat kamu menunjukkan passion, audiens juga menjadi bersemangat dan antusias.

5. Pause

Pause (jeda) adalah hal yang penting dalam presentasi. Jeda memberi waktu kepada audiens untuk memahami informasi yang disampaikan.

Beri jeda sejenak sebelum dan sesudah menyampaikan sesuatu yang penting. Beri jeda pula sebelum memasuki bagian baru presentasi. Hal ini akan membuat audiens menyadari bahwa ada hal baru yang hendak disampaikan.

Hindari menggunakan kata-kata seperti um atau so terlalu banyak. Hal ini dapat menunjukkan kamu sedang gugup atau tidak dapat menyampaikan presentasi dengan lancar.

Jika tiba-tiba merasa gugup atau blank, kamu dapat memberi jeda sejenak.

Baca juga: Phrases for Meeting, Kuasai Agar Kamu Tampil Profesional

6. Eye contact

Lakukan eye contact (kontak mata) dengan audiens. Hal ini membuat audiens merasa dilibatkan dan diperhatikan, seolah-olah kamu berbicara secara langsung dengan mereka.

Hal ini juga akan membantu kamu semakin percaya diri. Hindari melihat ke bawah atau menatap layar terlalu banyak.

Sebagai tips, awalnya kamu dapat melihat dinding di bagian belakang audiens. Setelah merasa cukup percaya diri, mulailah menatap audiens secara menyeluruh.

Jika kamu mulai merasa gugup lagi, kamu dapat kembali menatap dinding sejenak. Kemudian tatap kembali audiens.

7. Gestures and facial expressions

Gestur dan ekspresi wajah berperan penting dalam menyampaikan pesan. Hindari menyilangkan tangan, menempatkan tangan di belakang tubuh, atau di saku celana.

Berdirilah dengan tegak agar tampak percaya diri. Kamu dapat menggerakkan tangan saat berbicara agar terkesan dinamis.

Usahakan ekspresi wajah selalu ramah dan penuh senyum.

Kursus Speaking Local, Bantu Kamu Percaya Diri

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus Speaking Local di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!