Persiapan Tes NT2, Siapkan Karyawan Hadapi Klien dari Belanda

Persiapan Tes NT2

Persiapan Tes NT2 – Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Belanda tidak hanya menjadi keahlian, melainkan suatu keharusan bagi karyawan di perusahaan yang berhubungan dengan negara tersebut. 

Oleh karena itu, penting untuk seorang pegawai dalam mengikuti Tes NT2. Hal tersebut untuk membuktikan kemahiran bahasa dalam konteks profesional dalam bahasa Belanda. 

Lister punya program persiapan tes NT2 untuk karyawan secara online yang mana tawarkan keuntungan bebas pilih jadwal.

Apa itu tes NT2?

Ujian NT2 diselenggarakan oleh Dienst Uitvoering Onderwijs, yang mana merupakan institusi pendidikan di Belanda. Tes bahasa asing ini diatur untuk individu yang mana bahasa Belanda bukan asli. 

Dengan lulus tes NT2, para pelamar dapat menunjukkan bahwa Ia memiliki kemampuan terhadap bahasa Belanda untuk studi atau bekerja. 

Baca juga: Selamat Pagi Bahasa Belanda dan Sapaan, Bekal untuk Traveling

Skill yang diujikan dalam tes NT2

Tes NT2 adalah ujian bahasa Belanda untuk masyarakat bukan penutur asli. Dalam setiap tahapnya, ujian ini menyelidiki empat aspek utama, yaitu Menulis, Berbicara, Membaca, dan Mendengarkan.

Simak penjelasan detail mengenai kemampuan apa saja yang diujikan dalam tes NT2. 

Menulis

Ujian menulis dalam tes NT2 digelar selama 120 menit. Terbagi menjadi dua bagian. Pertama, para peserta menulis jawaban langsung ke dalam komputer. 

Kedua, para peserta menulis jawaban secara manual di dalam buku atau kertas. 

Berbicara

Kemampuan yang berikutnya ini diujikan selama 30 menit. Nantinya, peserta harus berbicara ke dalam komputer melalui headset atau merespons skenario yang dijelaskan di layar. 

Membaca

Kemampuan membaca seseorang dalam bahasa Belanda akan diuji selama 110 menit untuk Programma I dan 100 menit untuk Programma II. 

Peserta membaca bagian dari sebuah buku, kemudian menjawab pertanyaan pilihan ganda di komputer. 

Mendengarkan

Ujian kemampuan yang terakhir ini, berlangsung sekitar 60 menit. Peserta diharapkan bisa mendengarkan bagian di komputer dan menjawab pertanyaan yang sudah disediakan. 

Baca juga: Kursus Bahasa Belanda Online

Skor tes NT2

etelah mengetahui kemampuan yang diujikan, seputar Menulis, Berbicara, Membaca, dan Mendengarkan. Kenali arti dan tingkatan skor tes NT2 berikut ini.

Setiap ujian NT2 yang diikuti oleh setiap indiviidu akan memberikan skor antara 100 hingga 900 poin.

Perlu diingat tentang adanya batas kelulusan minimal, yaitu sekitar 500 poin. Sementara untuk skor di bawah 300 dan di atas 600 sangat jarang terjadi atau didapatkan oleh penutur asing.

Persiapan Tes NT2 untuk karyawan

Ilustrasi para karyawan di kantor sedang mengikuti persiapan tes online (DOK.FREEPIK/Lifestylememory)

Kelas persiapan NT2 di Lister

Lister tawarkan kelas persiapan tes NT2, yang dirancang secara khusus untuk membantu siswa lebih percaya diri dalam menghadapi tes resmi bahasa Belanda. 

Salah satunya, dengan memberikan strategi, tip dan trik khusus untuk memperoleh skor sesuai dengan harapan dan target siswa. 

Ada dua jenis program yaitu Staatsexamen NT2 Programma I (CEFR level B1) dan Staatsexamen NT2 Programma II (CEFR level B2).

Adapun peserta yang bisa ikut dalam program belajar ini, bisa dari berbagai kalangan seperti calon mahasiswa, pencari kerja, hingga yang ingin memulai hidup baru di Belanda. 

Materi pembelajaran persiapan NT2

Di Lister, materi pembelajaran persiapan ujian NT2 dibagi menjadi dua kelompok yang bisa disesuaikan dengan tingkat kemampuan. Harap diingat, jika setiap peserta yang akan mengikuti kelas persiapan tes NT2 akan menghadapi tes simulasi untuk memperlihatkan sejauh mana kemampuan siswa tersebut.

B1 Level of the NT2 program I

  • Pada tes ini akan diujikan empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan. 
  • Memahami komunikasi sehari-hari seperti topic pada umumnya contohnya adalah pekerjaan, sekolah, atau hobi. 
  • Menangani sebagian besar interaksi harian saat bepergian di Belanda atau melalui Flanders. 
  • Menulis teks bahasa Belanda sederhana tentang topik atau mata pelajaran yang Anda minati. 
  • Berbicara tentang topic yang berkaitan dengan peristiwa, pengalaman, mimpi, harapan, dan keinginan. 
  • Mengekspresikan pendapat, alasan, dan rencana Anda.

B2 Level of the NT2 program II 

  • Pada tes ini akan diujikan empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan. 
  • Memahami gagasan umum dari teks kompleks (baik konkret maupun abstrak), termasuk diskusi teknis di bidang spesialisasi Anda. 
  • Bicara bahasa Belanda secara spontan dan cukup mudah dengan penutur asli. 
  • Menulis teks yang jelas dan rinci dalam bahasa Belanda tentang berbagai topik. 
  • Mampu mengungkapkan dan menjelaskan pandangan terkait sebuah persoalan, mendeskripsikan kelebihan, kekurangan, dan alternatif dari berbagai soal pilihan.

Persiapan tes NT2 untuk karyawan, akses secara online

Tes NT2 tidak hanya menuntut pemahaman mendalam terhadap bahasa, tetapi juga kemampuan komunikasi yang efektif.

Melalui program persiapan tes NT2 untuk karyawan, Lister memberikan dukungan penuh kepada karyawan yang ingin mengembangkan karier hingga ke Belanda. 

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang melalui WhatsApp

Foto utama oleh jcomp di Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 50% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.