Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Perseroan Terbatas adalah: Ciri-Ciri, Tujuan, dan Contoh

perseroan terbatas

Ingin melakukan ekspansi bisnis melalui kerja sama dengan orang asing? Maka kamu perlu membekali diri dengan kemampuan berbahasa asing. Kamu disarankan mengikuti kursus bahasa asing di Lister for Company.

Salah satu struktur organisasi perusahaan adalah perseroan terbatas (PT). Bagaimana penerapan struktur organisasi perusahaan tersebut? Apa saja ciri-cirinya?

PT adalah

Perseroan terbatas atau PT adalah unit badan usaha yang berbadan hukum. Modalnya berasal dari sejumlah saham. Setiap pemegang saham memiliki lembar saham yang menandakan kepemilikannya.

Lembar saham tersebut dapat diperjualbelikan. Dengan begitu, status kepemilikan dapat berubah tanpa perlu membubarkan perusahaan.

Dalam pembentukannya, PT dibangun minimal dua orang melalui kesepakatan yang disaksikan notaris. Lalu dibuat akta perusahaan yang akan disahkan Kementerian Hukum dan HAM.

Sebuah perusahaan dapat dikatakan sebagai PT jika memenuhi ciri-ciri berikut.

1. Tujuan pendiriannya untuk mendapatkan keuntungan.

2. Memiliki fungsi komersial.

3. Memiliki fungsi ekonomi.

4. Modal diambil dari penjualan lembar saham dan obligasi.

5. Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) menentukan kekuasaan tertinggi perusahaan.

6. Pemegang saham bertanggung jawab terhadap perusahaan sesuai jumlah saham yang dimilikinya.

7. Pemilik saham mendapatkan keuntungan berbentuk dividen.

8. Dipimpin direksi.

Tujuan Perseroan Terbatas

Tujuan PT untuk mengoperasikan perusahaan dengan modal yang dibagi dalam saham-saham, di mana pemegang saham menjalankan perbuatan hukum atas nama bersama sesuai modal yang mereka setorkan.

Kelebihan dan Kekurangan Perseroan Terbatas

Setiap bentuk badan usaha memiliki kelebihan dan kekurangannya. Apa kelebihan dan kekurangan PT?

Kelebihan Perseroan Terbatas

Sebuah PT sudah pasti memiliki badan hukum, sehingga kelangsungannya lebih terjamin, walaupun kepemilikan perusahaan berganti. Pemilik saham juga bertanggung jawab sebatas jumlah modal yang ditanamkan.

Pemindahan kepemilikan saham dapat dilakukan dengan mudah. PT dapat mengembangkan usaha jika mendapat suntikan dana. Modalnya pun dikelola para pakar, sehingga lebih efisien.

Kekurangan Perseroan Terbatas

Pendirian PT membutuhkan biaya yang besar. Prosesnya pun lebih rumit dan membutuhkan banyak syarat administrasi. 

Selain itu, banyak yang menilai PT sering merahasiakan profitnya. Ditambah lagi PT dikenai pajak karena termasuk subjek pajak negara.

Contoh Perseroan Terbatas

Seperti apa contoh PT? Berikut ini beberapa contoh perusahaan yang terkenal di Indonesia.

PT Bank Bank Central Asia Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, Salim Group, Bakrie Group, Sinar Mas Group, Lippo Group, PT Sarana Rekatama Dinamika, PT Asian Biscuit, PT Adam Air, PT Semen Kupang, PT Bayur Air, dan lain-lain.