Seru! 5 Permainan Bahasa Inggris untuk Anak atau Orang Dewasa

permainan bahasa inggris

Kursus Bahasa Inggris – Terkadang membosankan jika kegiatan belajar hanya berkutat pada buku, pensil, dan kelas saja.

Bagaimanapun, sebuah inovasi dalam kegiatan pembelajaran sangatlah penting untuk menunjang semangat dalam mempelajari sesuatu.

Termasuk belajar bahasa Inggris. Lalu bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang seru? Berikut 5 permainan bahasa Inggris untuk anak yang bisa membantu kamu belajar bahasa. Simak ya!

Keuntungan belajar bahasa Inggris untuk anak

Melatih bahasa Inggris untuk anak memiliki banyak keuntungan yang dapat membantu mereka dalam perkembangan pribadi, akademis, dan masa depan. 

Seperti membantu anak memiliki komunikasi dalam bahasa global. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan di seluruh dunia. 

Melatih anak dalam bahasa Inggris memberi mereka kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang dari berbagai budaya dan latar belakang di seluruh dunia.

Kemampuan berbicara bahasa Inggris secara fasih sering kali menjadi aset berharga dalam dunia kerja. 

Banyak perusahaan internasional menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kerja, sehingga anak yang menguasai bahasa ini memiliki peluang karir yang lebih luas di masa depan.

Melatih bahasa Inggris juga membantu anak untuk lebih memahami budaya berbeda di dunia. 

Mereka dapat menjelajahi sastra, film, musik, dan tradisi dari negara berbahasa Inggris dan negara di mana bahasa Inggris digunakan secara luas.

1. Apples to Apples Games

Mendorong anak untuk belajar bisa melelahkan dan menguras energi serta emosi bagi orang tua. Terlebih lagi, kebanyakan anak mengasosiasikan kata belajar dengan suatu kegiatan yang membosankan.

Namun, dengan permainan bahasa Inggris bernama Apples to Apples ini belajar jadi makin seru karena sangat lucu dan menyenangkan. Biasanya kartu khusus akan dipasangkan dengan kata-kata yang tidak masuk akal dan penjelasan pada kartu yang lucu-lucu.

Cara bermainnya cukup mudah. Para pemain bertugas memasangkan kartu objek merah dengan kartu deskriptif hijau. Pemain yang membuat pasangan kartu paling menarik, dialah yang menjadi pemenang!

Permainan bahasa Inggris ini memerlukan satu orang yang akan menentukan kartu yang memiliki penjelasan paling sesuai dengan kartu khusus di meja. Nanti setiap pemain akan secara bergiliran menjadi hakim dalam permainan ini.

Games ini cocok untuk segala usia. Tidak hanya untuk mempelajari kosakata bahasa Ingris, tetapi juga makna, ejaan, dan asosiasinya.

Tips dalam permainan ini, kocok dulu kedua dek sebelum dan sesudah permainan. Lalu pancing pemain untuk bicara agar pemain meyakinkan hakim alasan kartunya yang paling layak dipilih. Selamat mencoba!

2. Permainan bahasa Inggris Find Words Games

Di jenis permainan kedua berjudul Find Words Games, kamu diminta menyediakan gambar pada kertas kotak 10 ×10. Tulis sebanyak-banyaknya kata yang kamu bisa di dalam kotak.

Isi kotak-kotak sisa yang masih kosong dengan huruf acak. Kata ditulis bisa secara ke samping, ke bawah, atau diagonal. Huruf juga bisa juga saling tumpang tindih untuk digunakan lebih dari sekali.

Tuliskan seluruh kata yang sudah ditulis pada kotak di bagian bawah kotak. Mintalah lawan main untuk mencari kata-kata tersebut secepat mungkin. Permainan bahasa Inggris seru ini bisa dimainkan baik secara individu maupun dalam tim.

Jika kamu menyukai kompetisi, kamu bisa membuat kotak yang sama dan mengajak untuk berlomba siapa yang lebih cepat. Games kata ini mendorong kegigihan, konsentrasi, dan membantu meningkatkan kemampuan literasi.

Jenis permainan bahasa Inggris ini juga sangat cocok untuk belajar menambah kosa kata bahasa Inggris, loh. Semakin banyak kata yang berhasil ditemukan, semakin meningkat kosa kata bahasa Inggris yang dimiliki. Yeaay!

3. Scrabble Games

Permainan Scrabble adalah permainan bahasa Inggris dalam hal menyusun kata berbahasa Inggris di papan khusus untuk permainan scrabble.

Tujuannya adalah mendapatkan skor tertinggi dari kosakata bahasa Inggris yang sudah disusun di papan. Jenis permainan ini bisa dimainkan sendiri atau bersama teman-temanmu maksimal biasanya 4 orang.

Biasanya permainan bahasa Inggris ini dilengkapi dengan kamus bahasa Inggris sehingga lebih terarah. Dalam permainan ini, kamu pun bisa belajar meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris.

Menariknya, games ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi juga. Asyik, bukan?

Baca juga: Ternyata Begini Rambu Lalu Lintas dalam Bahasa Inggris (Gambar + Tanda)

4. I am Going on Picnic Games

Jenis permainan keempat adalah I am going on picnic games. Games ini selain melatih kemampuan bahasa Inggris juga mengembangkan memori.

Pemain pertama mulai dengan mengatakan “I am going on a picnic and I will bring some….” Kemudian pemain kedua akan mengulang kalimat tersebut dan melanjutkannya dengan jenis kata lainnya.

Misalnya, pemain pertama mengatakan “I am going on a picnic and I will bring some oranges.” Pemain kedua kemudian bisa melanjutkan dengan “I am going on a picnic and I will bring some oranges and some sandwiches.”

Lalu lanjutkan kalimat tersebut hingga satu pemain tidak mampu mengingat kalimat sebelumnya. Permainan bahasa Inggris untuk anak ini sangat bagus untuk memperkaya kosakata.

Jika kesulitan untuk mengajarkan sendiri pada anak-anak, direkomendasikan mengikuti Kursus Bahasa Inggris untuk Anak (4-12 tahun). Selain tutornya high qualified, sistemnya fleksibel dan menyenangkan.

5. Playing Hangman

Jenis permainan bahasa Inggris terakhir adalah Hangman Games, yaitu sebuah permainan yang cara bermainnya cukup mudah. Pertama tentukan tema yang akan dimainkan terlebih dahulu seperti, animals, colors, fruits, transportation, dan lain sebagainya.

Lalu pemain diminta menyelamatkan seseorang yang akan dihukum gantung (hanged) dengan cara menebak setiap huruf dari susunan kata yang tersedia.

Pemain dinyatakan menang apabila berhasil mengisi garis dengan huruf yang benar dan dinyatakan kalah jika pemain tidak bisa melengkapi garis dengan huruf yang tepat. Jenis games ini juga ada versi online nya juga, loh. Cobalah mengetik kata “Hangman” dan “Hangman Free” untuk variasi permainan Hangman daring.

Jika ingin mendapatkan tantangan lebih, carilah “Cheater’s Hangman” atau daftar Hangman yang spesifik, seperti “Movie Quote Hangman.”

Permainan ini sangat cocok digunakan sebagai metode belajar tentang kosakata bahasa Inggris. Games ini akan sangat membantu kamu dalam mengingat pengejaan kata-kata baru.

Jika ingin mengganti gambar “Hangman” menjadi lebih ramah anak, kamu bisa ganti dengan gambar manusia salju.

Adapun tips dalam permainan bahasa Inggris untuk anak ini adalah mulailah permainan dengan menebak huruf vokal dulu. Ingat, huruf “u” adalah huruf vokal yang paling jarang digunakan dalam bahasa Inggris. Sedangkan, huruf “y” biasanya digunakan sebagai huruf vokal dalam kata berbahasa Inggris, contoh “biology.”

Itulah rekomendasi 5 permainan bahasa Inggris seru untuk belajar bahasa Inggris. Rata-rata memang berguna untuk mendongkrak volume kosakata bahasa Inggris. Yuk praktikkan sekarang!

Jika kamu membutuhkan wadah untuk membangun kematangan dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris, sangat direkomendasikan mengikuti kursus belajar di Lister. Dijamin bahasa Inggrismu makin cakep.

Baca juga: 25+ Singkatan Bahasa Inggris, Bikin Kamu Makin Gaul

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus bahasa Inggris untuk anak atau remaja di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.