Bahasa Inggris Anak

English for Kids

Bahasa Inggris Anak 7-12 Tahun
English for Young Learners!

Belajar Bahasa Inggris Seru dan Interaktif secara Online

Saat ini, Bahasa Inggris sudah bukan lagi merupakan alat untuk mempelajari ilmu dari Amerika maupun Inggris saja, namun segala bidang pengetahuan. Hal inilah yang membuat penguasaan bahasa Inggris penting untuk dibiasakan bagi para generasi muda di Indonesia. Belajar bahasa Inggris sejak dini juga memungkinkan mereka untuk lebih mudah menerima materi daripada mempelajari bahasa Inggris saat mereka sudah dewasa. Hal ini juga sejalan dengan teori pendidikan pada usia Golden Age putra/i Anda dimana mereka memiliki rasa ketertarikan yang sangat besar untuk belajar.

Dukung putra/putri Anda untuk menjadi generasi terbaik sejak sekarang!

Tersedia Pilihan Kelas

Private
Semi Private (2)
Semi Private (3-5)

Tersedia juga Pilihan Paket mulai dari 4 hingga 80 pertemuan

Lihat E-Catalogue & Harga

Semua Program Lister

Kursus Makin Ringan
Dengan Cicilan
Pembayaran!

Bunga 0%

Keuntungan Mendaftarkan Putra/i Anda pada English for Kids

Lister berkomitmen untuk memberikan kualitas pembelajaran dan pengalaman belajar terbaik bagi putra/i Anda!

Comprehensive Materials in Fun Activities

Anda tak perlu khawatir untuk mempercayakan kegiatan belajar bahasa Inggris putra/i Anda pada kami karena kami telah mempersiapkan English Teacher for Young Learners yang benar-benar telah memiliki kualifikasi untuk mengajar anak-anak. Hal ini akan sejalan pula dengan materi yang diajarkan di sekolah mereka dalam kerangka pembelajaran yang terarah, ringan, dan bernilai moral.

Flexible Schedule

Menyadari pentingnya pembelajaran bahasa Inggris pada anak, kami menyediakan kebebasan kepada Anda untuk menentukan sendiri jadwal belajar bagi putra/i Anda. Bahkan, Anda juga bisa menentukan frekuensi belajar dalam seminggu termasuk preferensi waktu belajar. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengatur jadwal belajar anak dengan jadwal istirahat dan kegiatan mereka yang lainnya.

Gratis Placement Test & Progress Report

Sebelum masuk kelas, para siswa akan mengerjakan tes penempatan sebagai syarat utama mengikuti kursus. Hal ini bertujuan agar Tutor kami mengetahui sejauh mana kemampuan putra/i Anda serta bisa menerapkan materi yang sesuai dengan level kemampuan mereka. Anda juga selalu bisa mengetahui perkembangan belajar putra/i Anda untuk bisa mengontrol dan mengetahui sudah sejauh mana anak Anda telah berhasil dan berkembang setelah mengikuti kelas.

Bantu Putra/i Anda untuk Berkembang dan Menjadi Juara dengan Memberi Kursus Bahasa Inggris untuk Mereka!

Seputar Informasi Mengenai English for Kids

Mengenalkan bahasa Inggris sejak dini bagi sebagian orang mungkin terlihat sulit karena anak-anak juga sedang belajar mengenai bahasa ibu mereka sendiri. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat metode yang dinilai efektif untuk memasukkan ilmu baru dalam anak? Metode ini menggabungkan konsep bermain sambil belajar. Hal ini bukan berarti bahwa pembelajaran hanya berisikan game dan permainan, namun  bagaimana materi bahasa Inggris disusun dan dipahami sebagai aktivitas menyenangkan yang biasa mereka laukan sehari-hari. Tutor juga harus memahami mood dan dunia anak sehingga bisa memanfaatkan waktu fokus mereka untuk belajar.

Terdapat berbagai media belajar yang bisa digunakan untuk EYL, di antaranya adalah lagu, cerita, puisi, permainan, flash card, gambar, hingga teka-teki. Bahkan, saat belajar bahasa Inggris pun siswa usia SD ini juga sebaiknya diajarkan makna frasa secara keseluruhan, misalnya Good Morning, Thank you, I am Sorry dsb agar lebih mudah dipraktekkan dan dekat dengan keseharian. Secara tidak langsung, tutor pun juga akan mengajarkan nilai moral untuk para siswa.

Client Kami

Rekomendasi Program Lainnya

ENGLISH FOR SMALL KIDS

Basic A1

Kursus Bahasa Inggris Anak Usia 3-6 Tahun – Belajar Bahasa Inggris Sangat Dasar untuk Anak

89120 User Rating 4.97
4.97/5

ENGLISH FOR PRE-TEENS (SMP)

Basic A2

Kursus English for Teens – Mempersiapkan Siswa Sekolah Internasional

89120 User Rating 4.97
4.97/5

KURSUS PRONUNCIATION

Basic A2

Kursus Pronunciation – Latihan Khusus Pelafalan Bahasa Inggris dengan Baik dan Benar

89120 User Rating 4.97
4.97/5

KURSUS VOCABULARY BUILDING

Basic A2

Kursus Vocabulary Building – Kiat dan Cara Mudah Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris

89120 User Rating 4.97
4.97/5

A. Manfaat Belajar Bahasa Inggris untuk Anak-Anak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik bukan hanya semata-mata untuk memperluas pergaulan atau pengetahuan, tapi juga sudah menjadi suatu keharusan. Dan mempelajari bahasa Inggris juga lebih baik dilakukan sejak usia anak-anak atau usia dini. Maka dari itu untuk memperoleh hasil yang baik, maka mempelajari bahasa Inggris sedini mungkin menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dilakukan. Tapi selain itu, ada berbagai manfaat lain belajar bahasa Inggris untuk anak-anak di masa depan, apa saja ya?

  1. Pekerjaan

Ada banyak sekali persyaratan melamar pekerjaan di saat-saat seperti sekarang ini ya. Nah, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah dapat berbahasa Inggris dengan lancar, apalagi untuk perusahaan internasional yang sudah ternama ataupun start-up yang sedang sudah mulai naik daun. Tapi kenapa diperlukan bahasa Inggris yang mumpuni untuk melamar pekerjaan? Karena perusahaan ingin para karyawannya dapat berkomunikasi dengan baik dengan partner perusahaan ataupun pelanggan dari negara lain.

Tidak hanya itu, pada perusahaan start-up pun biasanya pengelola lebih memilih penggunaan berbagai teknologi canggih terbaru dan juga biasanya teknologi ini memakai bahasa Inggris untuk pengoprasiannya, sehingga para karyawan perusahaan perlu menguasai bahasa Inggris agar dapat bekerja dengan baik di perusahaan tersebut. Jadi sangat penting ya untuk memberikan pelajaran bahasa Inggris ke anak Anda sejak dini demi masa depannya nanti.

  1. Membuka Pikiran

Manfaat yang kedua yaitu agar anak Anda dapat mengekspresikan diri mereka dan juga membantu mereka melihat segala hal dengan sudut pandang lain. Secara tidak langsung anak akan memiliki begitu banyak pilihan agar dapat menyuarakan pendapat mereka dengan saluran komunikasi lainnya. Kemampuan anak dalam multitasking dan problem-solving juga akan meningkat. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa bahas Inggris bukan hanya bermanfaat untuk masa depan atau karir si anak tapi juga untuk pengembangan pola pikir mereka.

  1. Sekolah/ Kuliah

Jika anak Anda atau Anda sendiri menginginkan si anak bersekolah atau kuliah di luar negeri, maka salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Apalagi jika negara tujuan si anak adalah negara yang kesehariannya menggunakan bahsa Inggris. Perlu diketahui, bahwa kebanyakan negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia seperti di Amerika Serikat, Inggis, Singapura dan lain sebagainya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama di sekolah atau universitas-universitasnya. Apalagi jika anak Anda memiliki berbagai prestasi di dalam bidang bahasa Inggirs, pastinya peluang untuk  diterima di sekolah atau kampus luar negeri pun akan semakin terbuka lebar.

  1. Traveling

Dalam taraf internasional, bahasa Inggris memang merupakan bahasa yang paling sering digunakan. Hampir seluruh negara di dunia pasti mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa kedua setelah bahasa asli negara mereka. Dengan adanya hal tersebut, berarti bahasa Inggris lah yang menjadi alat komunikasi paling umum yang bisa ditemui semua orang.

Dengan menguasai bahasa Inggris, mau ke negara manapun dan kapanpun semuanya bisa kita lakukan tanpa terhalang dengan keterbatasan bahasa atau komunikasi. Selain itu juga jika Anda sedang traveling ke suatu negara dan tidak tahu arah pulang, bisa dengan mudah bertanya ke penduduk setempat. Tentunya ini akan sangat bermanfaat untuk Anda, bukan?

Selain manfaat diatas, tentunya ada berbagai manfaat lain yang bisa anak dapatkan dengan belajar bahasa Inggris sejak usia dini. Dengan mengajarkan bahasa Inggris ke anak sedini mungkin, Anda turut membantu membuka peluang di masa depan nanti.

 B. Cara Mengajarkan Bahasa Inggris untuk Anak-Anak

Bahasa Inggris memang sudah menjadi bahasa internasional yang paling utama untuk berkomunikasi. Sehingga tidak heran kalau banyak orang yang ingin lancar berbahasa Inggris. Usia yang paling tepat untuk belajar bahasa Inggris yaitu saat usia 2 hingga 7 tahun. Banyak orang tua yang ingin mengajarkan ke anak-anaknya berbahasa Inggris, tapi mereka belum mengetahui bagaimana cara mengajarkan yang tepat apalagi orang tua merasa bahwa kemampuan berbahasa Inggris yang dimiliki juga belum sempurna.

Ternyata meskipun kemampuan berbahasa Inggris Anda belum sempurna, itu bukan menjadi masalah besar. Karena sebenarnya yang paling terpenting adalah menunjukan rasa antusias ke anak Anda agar mereka lebih bersemangat dan memiliki motivasi lebih untuk belajar bahasa Inggris. Saat mengajarkan bahasa Inggris, anak juga tidak langsung lancar, karena dibutuhkan waktu agar anak-anak dapat menyerap bahasa asing yang dipelajarinya. Kesabaran Anda memang sangat dibutuhkan saat mengajarkan bahasa Inggris ke anak. Bersabarlah, karena jika waktunya sudah tepat anak Anda akan mulai berbicara bahasa Inggris secara bertahap.

 C. Cara Mengajarkan Bahasa Inggris untuk Anak-Anak

Jika Anda masih bingung, bagaimana cara yang tepat untuk mengajarkan berbahasa Inggris ke anak-anak, sebanarnya ada beberapa cara ampuh yang bisa Anda lakukan. Disini ada beberapa caranya, apa saja ya?

1. Bangun Rutinitas

Cobalah untuk mulai membangun rutinitas dengan cara membuat jadwal tertentu agar dapat memulai mengajarkan bahasa Inggris di rumah untuk anak Anda. Waktunya jangan terlalu lama, karena bisa membuat anak menjadi bosan dan akhirnya dia tidak mau belajar lagi. Waktu 15 menit dalam sehari sebenarnya sudah cukup untuk mengajarkan anak yang masih kecil. Jika usia anak dan konsentrasinya semakin bertambah, maka bisa meningkatkan sesi dan waktu belajar.

Lakukan juga aktivitas yang bervariasi namun singkat demi menjaga perhatian anak, dengan cara ini anak-anak juga akan lebih percaya diri dan nyaman saat mengetahui apa yang sedang dilakukan. Jika anak merasa bosan, jangan memaksakannya karena percuma saja si anak tidak bisa menangkap dengan baik pelajaran.

  1. Menggunakan Lagu

Memperbaiki cara pengucapan dan mempelajari kosa kata baru bisa dilakukan dengan memanfaatkan lagu. Nyanyian yang disertai dengan gerakan atau gaya sangatlah bagus untuk anak kecil, meskipun mereka belum bisa mengikuti pelafalan kosa kata tetapi mereka dapat mengikuti gerakan tersebut. Karena biasanya tarian pada lagu memang menggambarkan makna dari lagu tersebut.

  1. Bermain Games

Tidak bisa dipungkiri bahwa anak-anak akan belajar disaat mereka sedang bersenang-senang. Maka dari itu bermain sambil belajar memang cara yang sangat tepat untuk mengajari anak bahasa Inggris dengan lebih menyenangkan. Untuk memperbaiki kosa kata dan mengajarkan anak, cobalah flashcards. Ada cukup banyak permainan yang menggunakan flashcards ini contohnya seperti permainan Kim, Happy Family atau Snap, memori dan lain sebagainya. Meskipun permainannya singkat, tapi jika dilakukan secara berulang pastinya anak Anda bisa dengan mudah mempelajari bahasa Inggris, bukan?

4. Gunakan Buku Cerita

Biasanya anak-anak sangat menggemari buku cerita, nah Anda dapat memanfaatkan buku cerita sebagai salah satu cara belajar bahasa Inggris untuk anak. Apalagi kalau buku ceritanya bergambar, pasti deh anak-anak akan makin bersemangat. Cobalah untuk membeli buku cerita kecil bergambar dengan bahasa Inggris, setiap malam bacakan buku cerita untuknya.

Karena buku ceritanya bergambar, sambil bercerita tunjukkan gambar-gambar apa saja yang ada disitu atau bisa juga bercerita sambil menunjuk ke arah gambar. Cara ini terbilang cukup ampuh untuk anak-anak agar mulai menyerap beberapa kata yang Anda ucapkan ketika bercerita.

5. Manfaatkan Situasi Rumah

Jika anak Anda sudah bersekolah di TK atau SD memang disaat seperti ini cukup sulit untuk belajar secara efektif karena harus dilakukan secara daring. Tapi jangan jadikan hal tersebut sebagai hambatan untuk Anda mengajari anak belajar bahasa Inggris. Karena Anda bisa memanfaatkan situasi rumah dan dengan berbagai objek yang nyata di sekitar rumah Anda. Keuntungan dari memanfaatkan situasi rumah ini, anak Anda pastinya akan menjadi lebih nyaman belajarnya apalagi diajari oleh orang tua sendiri.

Seperti ini contohnya:

  • Saat sedang menyiapkan sarapan untuk anak, Anda bisa bicara “breakfast hari ini dengan nasi goreng dan sosis ya”
  • Ajaklah anak Anda untuk melihat taman di halaman rumah, perhatikan apa saja yang ada di halaman rumah dan ajak anak berbicara “daun di pohon itu warnanya green / bike ini biasanya kamu gunakan untuk bermain dan bersekolah / coba tunjuk mana saja flower yang berwarna yellow dan red
  • Disaat Anda sedang memasak, coba ikut sertakan anak dan cobalah minta bantuannya untuk mengambilkan bahan-bahan masakan seperti “oke dek, coba ambilkan ketchup / this is rice sebagai makanan pokok kita” dan lain sebagainya.

6.       Gunakan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Untuk belajar bahasa Inggris memang semakin dimudahkan berkat teknologi yang semakin canggih. Ya, sekarang ini sudah hadir berbagai aplikasi yang dapat Anda manfaatkan untuk belajar bahasa Inggris anak-anak Anda. Salah satu aplikasi yang bisa di gunakan adalah Duolingo ataupun Australia Plus Kids. Nah, di Australia Plus Kids ini anak-anak dapat mempelajari berbagai huruf, makanan, hewan, angka, alat musik, berbagai aktivitas dan lain sebagainya.

Karena anak-anak cenderung lebih suka warna yang cerah, interface dari aplikasi Australia Plus Kids dijamin bikin anak senang dan si kecil pun akan semakin giat belajarnya. Disaat anak-anak mempelajari berbagai kata, maka akan muncul gambar beserta dengan bunyi nya. Anak Anda hanya perlu menekan gambar yang muncul, setelah ditekan maka gambar akan berada pada posisi terbalik dan kata beserta dengan cara pengucapannya akan muncul.

Jika ingin melanjutkan permainan, maka si anak hanya perlu menggeser kekiri gambar yang sudah dilihat tadi. Bagian yang paling menarik untuk anak-anak yaitu terdapat tampilan pop the bubles dengan gambar putri duyung, kapal, berikut juga dengan lautnya. Sehingga bisa dikatakan bahwa bagian yang terakhir ini menjadi apresiasi untuk anak karena si anak sudah berhasil melewati berbagai macam gambar hingga akhir.

7.       Gunakan Topik Yang Disukai Anak

Setiap anak pastinya memiliki suatu topik yang disukai seperti olahraga, bernyanyi, bermain musik, memasak dan lain sebagainya. Sebaiknya untuk mengajarkan bahasa Inggris agar lebih efektif, Anda bisa mengajarkan anak dengan memilih salah satu dari topik yang disukai anak. Dengan cara ini anak akan lebih bersemangat lagi belajarnya. Tapi tetap saja, namanya anak-anak bisa bosan. Jika sudah bosan, sebaiknya Anda jangan memaksakan anak untuk belajar ya. Anda bisa menggunakan dua cara yaitu mengganti dengan topik lain atau melanjutkan pembelajaran di esok hari. Mengajari anak memang harus sabar, tapi dengan latihan yang terus menerus, dijamin deh anak akan bisa berbahasa Inggris.