Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Perbedaan Wibu dan Otaku, Lebih dari Sekadar Penyuka Anime dan Lagu Jepang

Wibu dan otaku

Kamu penggemar budaya Jepang? Pernah dengar istilah wibu dan otaku sebelumnya?

Mungkin sebelumnya, kamu mengira bahwa wibu dan otaku adalah sebutan orang yang suka menonton film anime dan mendengarkan lagu-lagu Jepang. Tidak sepenuhnya salah, namun apakah cukup berhenti di situ saja? dan apa perbedaan di antara keduanya?

Wibu dan Otaku, Apa Bedanya?

Istilah otaku di Jepang diberikan kepada orang-orang yang hanya fanatik pada anime Jepang. Sebab, pada tahun 90-an, orang yang mendapat julukan otaku adalah orang yang hanya menekuni salah satu bidang sama seperti istilah geek.

Lalu, apa yang biasa dilakukan otaku?

Jika seorang otaku menyukai anime, dia akan menonton anime secara rutin, mengikuti setiap informasi terbaru, membeli merchandise, atau melakukan permainan kostum (cosplay).

Obsesi seorang otaku cenderung menjadi sebuah passion, alih-alih addiction (ketagihan). Kabar baiknya, meski sangat menyukai suatu hal, dia tidak akan membiarkan minatnya mengganggu kehidupan real-nya.

Sedangkan, Wibu adalah julukan seseorang yang fanatik dengan segala hal berbau budaya Jepang, tak hanya anime. Perbedaannya semakin jelas karena otaku hanya fanatik dengan dunia anime, seperti buku komik dan tontonan serial anime.

Kata wibu berasal dari kata weeaboo, yang artinya orang non-Jepang dengan obsesi berlebihan terhadap kebudayaan dari Negara Sakura tersebut.

Lalu, apa yang biasa dilakukan wibu?

Mereka yang mengaku wibu biasanya akan bergaya seperti karakter anime favoritnya dan menggunakan bahasa Jepang dalam percakapan sehari-hari. Beberapa wibu pun bisa menjadi terlalu menyukai suatu anime, menjadikannya sebagai pelarian, sampai sulit membedakan mana yang fiksi dan realita.

Sekarang udah paham kan tentang perbedaan wibu dan otaku apa? Seru ya kalau tahu banyak tentang kosakata bahasa Jepang dan budayanya? Nah, akan lebih seru lagi kalau kamu bisa lancar berbicara bahasa Jepang. 

Lister menyediakan kelas belajar bahasa Jepang online yang cocok banget buat kamu yang masih pemula atau buat kamu yang mau lebih jago pakai bahasa Jepang. Yuk, tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu di Lister!