Belajar Seputar 6 Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Pada awal perjalanan ilmiah kamu, pasti sudah mendengar tentang perbedaan sel prokariotik dan eukariotik. Ini bukan hanya terminologi sederhana, tetapi dua konsep yang mendefinisikan dasar kehidupan di Bumi.

Sel adalah blok pembangun kehidupan yang mengelompokkan makhluk hidup menjadi berbagai kategori. Di antara klasifikasi ini, salah satu yang paling penting adalah pembagian sel menjadi dua jenis utama: sel prokariotik dan sel eukariotik.

Apa itu Sel Prokariotik

Sel prokariotik adalah jenis sel yang paling primitif dan sederhana, yang ada sebelum sel eukariotik. Mereka ditemukan terutama dalam bakteri dan arkea. Salah satu karakteristik yang menonjol dari sel prokariotik adalah kurangnya inti sel yang sebenarnya, yang merupakan perbedaan sel prokariotik dan eukariotik yang utama.

  • Struktur Sel, Sel prokariotik tidak memiliki inti yang sebenarnya. DNA mereka terletak dalam area yang disebut nukleon dan tidak terbungkus dalam membran nukleus. Ini berarti bahwa DNA lebih bebas dalam sitoplasma, yang berbeda dari struktur sel eukariotik yang memiliki inti yang terbungkus.
  • Ukuran Sel, Ukuran sel prokariotik lebih kecil daripada sel eukariotik. Dengan diameter hanya berkisar antara 0,2 hingga 2 mikrometer, mereka cukup kecil untuk dilihat hanya menggunakan mikroskop.
  • Habitat, Sel prokariotik dapat ditemukan di hampir semua lingkungan di Bumi, termasuk tanah, air, dan lingkungan ekstrem. Keberadaan mereka dalam berbagai habitat menunjukkan adaptasi yang luar biasa dan juga menjadikannya subjek yang menarik dalam memahami perbedaan sel prokariotik dan eukariotik dalam hal habitat.
  • Kompleksitas, Sel prokariotik lebih sederhana dalam struktur mereka, tidak memiliki organel-organel seperti mitokondria atau retikulum endoplasma yang ditemukan dalam sel eukariotik. Ini mencerminkan perbedaan evolusioner antara kedua jenis sel dan adalah salah satu aspek yang paling penting dalam memahami perbedaan sel prokariotik dan eukariotik.
  • Fungsi, Meskipun sederhana, sel prokariotik memiliki semua fungsi yang diperlukan untuk mendukung kehidupan. Mereka dapat melakukan semua proses metabolisme yang diperlukan untuk pertumbuhan dan reproduksi. Namun, spesialisasi dan efisiensi yang lebih besar dalam proses-proses ini sering ditemukan dalam sel eukariotik, menambah daftar perbedaan sel prokariotik dan eukariotik.

Baca juga: 14 Bagian Sel Hewan dan Fungsinya, Saling Berkaitan

Apa itu Sel Eukariotik

Sel eukariotik adalah salah satu dari dua jenis sel utama yang ditemukan dalam organisme hidup, yang lainnya adalah sel prokariotik. Namun, apa sebenarnya sel eukariotik, dan bagaimana perbedaan sel prokariotik dan eukariotik?

  • Struktur Sel, Sel eukariotik memiliki struktur yang lebih kompleks dibandingkan sel prokariotik. Ini adalah salah satu aspek utama dari perbedaan sel prokariotik dan eukariotik. Sel eukariotik memiliki inti sel yang terbungkus dalam membran nukleus, yang berisi DNA dan mengontrol aktivitas sel. Organel-organel lain, seperti mitokondria, retikulum endoplasma, dan aparatus Golgi, juga ditemukan dalam sel eukariotik, yang semuanya memiliki fungsi spesifik.
  • Ukuran Sel, Ukuran sel eukariotik biasanya lebih besar daripada sel prokariotik, berkisar antara 10 hingga 100 mikrometer. Perbedaan ukuran ini memungkinkan sel eukariotik untuk memiliki struktur yang lebih kompleks dan fungsi yang lebih banyak.
  • Habitat, Sel eukariotik biasanya ditemukan dalam organisme multiseluler seperti tumbuhan, hewan, dan jamur. Mereka dapat hidup dalam berbagai habitat, mulai dari lingkungan air tawar hingga padang pasir.
  • Fungsi Sel, Sel eukariotik melakukan berbagai fungsi yang kompleks, termasuk metabolisme, komunikasi sel, dan regulasi gen. Ini memungkinkan organisme yang memiliki sel eukariotik untuk memiliki struktur dan fungsi yang lebih spesifik dan kompleks.

Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

Perbedaan sel prokariotik dan eukariotik adalah suatu aspek yang sering dipelajari dalam biologi, dan memahaminya dapat membantu memahami fungsi dan peran sel dalam organisme yang lebih besar. Perbedaan sel prokariotik dan eukariotik meliputi banyak aspek seperti struktur membran, struktur sel, ukuran sel, habitat, dan cara perkembangbiakan sel.

1. Struktur Membran

Salah satu perbedaan sel prokariotik dan eukariotik yang paling mendasar adalah struktur membran mereka. Sel prokariotik memiliki membran plasma yang lebih sederhana tanpa sterol dan karbohidrat. Sementara sel eukariotik memiliki membran yang lebih kompleks dengan sterol dan karbohidrat yang berfungsi dalam stabilitas dan komunikasi antar sel.

2. Struktur Sel

Struktur sel adalah area lain di mana perbedaan sel prokariotik dan eukariotik sangat mencolok. Sel prokariotik tidak memiliki inti yang sebenarnya, dan DNA-nya terletak dalam nukleoid. Sebaliknya, sel eukariotik memiliki inti yang terikat membran yang menyimpan dan melindungi DNA.

3. Ukuran Sel

Ukuran sel adalah faktor lain yang menunjukkan perbedaan sel prokariotik dan eukariotik. Sel prokariotik lebih kecil, dengan diameter antara 0,2 hingga 2 mikrometer, sedangkan sel eukariotik lebih besar, dengan diameter antara 10 hingga 100 mikrometer.

4. Habitat

Sel prokariotik dan eukariotik juga berbeda dalam habitatnya. Sel prokariotik ditemukan di berbagai lingkungan, termasuk lingkungan ekstrem. Sementara itu, sel eukariotik biasanya ditemukan dalam organisme multiseluler yang lebih kompleks.

5. Perkembangbiakan Sel

Perbedaan sel prokariotik dan eukariotik juga mencakup cara mereka berkembang biak. Sel prokariotik menggunakan proses yang disebut pembelahan biner, proses sederhana yang menghasilkan dua sel identik. Sel eukariotik, di sisi lain, dapat berkembang biak secara seksual atau aseksual, menggunakan proses yang lebih kompleks.

6. Struktur Organel

Sel eukariotik memiliki organel yang lebih spesifik dan kompleks, termasuk mitokondria, retikulum endoplasma, dan aparatus Golgi. Sel prokariotik lebih sederhana dan tidak memiliki organel-organel ini. Ini adalah perbedaan sel prokariotik dan eukariotik lainnya yang membantu menjelaskan fungsi dan peran masing-masing jenis sel dalam biologi.

Baca Juga: Peta Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia, Ada 7 Faktor!

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group untuk korporasi atau instansi pemerintah dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.