Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Perbedaan Free Morpheme dan Bound Morpheme, Makin Paham!

Bahasa Inggris morpheme

Pernah dengar istilah Morpheme sebelumnya? Jika saat ini kamu sedang belajar bahasa Inggris terutama di sisi linguistiknya, istilah morpheme harus kamu pahami. Sebab, penguasaan tentang morpheme akan membantu kamu dalam menyusun kalimat bahasa Inggris dan berkomunikasi lho.

Sebagai salah satu contohnya adalah kata “understandable” yang terdiri dari dua jenis morpheme.

blogpost inggris beasiswa

Understand + able

understand” adalah free morphemeSuffix ‘-able‘, digunakan untuk membentuk kata sifat yang biasanya ditempatkan di akhir kata kerja seperti- ‘useable‘, ‘lovable’, ‘deniable’. Kedua morpheme (‘understand’ dan ‘able‘) dalam kata “understandable” tidak dapat dibagi lagi karena akan menghilangkan makna.

Baca juga: Penguasaan Kata Bahasa Inggris, Vocabulary Building

Apa Itu Morpheme?

Dalam tata bahasa dan morfologi bahasa Inggris, morpheme adalah:

“Unit linguistik yang terdiri dari kata seperti dog, atau elemen kata -s di akhir kata dog, yang tidak dapat dibagi menjadi bagian yang lebih kecil. Banyak kata dalam bahasa Inggris terdiri dari satu free morpheme.”

Misalnya, setiap kata dalam kalimat berikut memiliki morfem yang berbeda: “I need to go now, but you can stay.” Sehingga tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Jenis Morpheme

Beberapa jenis morpheme yang perlu kamu tahu adalah sebagai berikut:
Free Morpheme: unsur kata yang dapat berdiri sendiri sebagai kata. Ini juga disebut morfem tidak terikat atau morfem berdiri bebas. Morfem bebas merupakan kebalikan dari morfem terikat, yaitu unsur kata yang tidak dapat berdiri sendiri sebagai kata.
Bound Morpheme: unsur kata yang tidak dapat berdiri sendiri sebagai kata, termasuk awalan dan akhiran.
Lexical Morpheme: morfem yang memiliki makna sendiri (lebih tepat memiliki arti). Morfem gramatikal menentukan hubungan antara morfem lainnya.
Inlectional Morpheme: Dalam morfologi bahasa Inggris, morfem infleksi adalah sufiks yang ditambahkan ke kata (kata benda, kata kerja, kata sifat atau kata keterangan) untuk menetapkan properti tata bahasa tertentu untuk kata itu, seperti tegang, nomor, kepemilikan, atau perbandingan.

Contoh Kalimat Free Morpheme dan Bound Morpheme

Jika kamu masih bingung bagaimana caranya membedakan free morpheme dan bound morpheme? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya!

Free Morpheme

The farmer kills the duckling – free morphemes dalam kalimat tersebut adalah thefarmkill and duck

Bound Morpheme

“Tyger Tyger, burning bright,
In the forests of the night;
What immortal hand or eye,
Could frame thy fearful symmetry?
Did he smile his work to see?
Did he who made the Lamb make thee?”

Beberapa kata di atas seperti burning, immortal, dan fearful adalah contoh bound morpheme.