5 Perbedaan Artikel dan Jurnal, Mahasiswa Harus Paham!

perbedaan artikel dan jurnal

Kursus Academic Writing – Perbedaan artikel dan jurnal tampaknya belum sepenuhnya dipahami oleh sebagian mahasiswa. Padahal, antara artikel dan jurnal memiliki kegunaan dan karakteristik yang berbeda dalam konteks akademik. 

Memahami perbedaan artikel dan jurnal menjadi suatu hal yang penting untuk meningkatkan kemampuan penulisan ilmiah untuk mengoptimalkan penelitian. Terlebih lagi, jika kamu saat ini adalah seorang mahasiswa. 

Menyibak Dari Definisi Artikel dan Jurnal  

Dalam dunia akademik, artikel dan jurnal merupakan dua bentuk tulisan yang sering digunakan sebagai sumber informasi dan referensi. Sebelum menjelajahi perbedaan artikel dan jurnal, pahami terlebih dahulu definisi keduanya. 

Apa itu artikel? 

Artikel merupakan salah satu bentuk tulisan yang umumnya memiliki cakupan yang lebih luas dan bertujuan untuk memberikan informasi, mengulas suatu topik, atau memaparkan pandangan penulis. Artikel sering ditemukan di media massa, blog, situs web, majalah, atau publikasi lainnya. 

Secara umum, artikel memiliki karakteristik sebagai tulisan ringkas yang berisi penjelasan atau analisis tentang suatu isu atau topik. Artikel dapat berupa ulasan tentang film, buku, laporan berita terkini, panduan praktis, atau opini penulis tentang suatu fenomena. 

Apa itu jurnal? 

Jurnal merupakan salah satu bentuk publikasi akademik yang digunakan untuk melaporkan hasil penelitian ilmiah secara sistematis. Jurnal sering ditemukan dalam lingkungan akademik, seperti jurnal ilmiah, jurnal penelitian, atau jurnal keilmuan di berbagai bidang studi. 

Jurnal memiliki karakteristik sebagai tulisan ilmiah yang berfokus pada aspek penelitian, metode ilmiah yang digunakan, data yang dikumpulkan, analisis, dan temuan yang dihasilkan. Tujuan utama dari penulisan jurnal adalah untuk menyampaikan penemuan baru, mengembangkan teori, memperluas pengetahuan dalam bidang studi tertentu. 

Baca Juga: Statistika Inferensial: Definisi, Fungsi, dan 4 Metode Pengujiannya

Inilah Perbedaan Artikel dan Jurnal 

Sebagai seorang mahasiswa, pemahaman tentang jurnal sangat penting dalam melakukan penelitian dan menulis karya ilmiah. Begitu pun sebaliknya terhadap apa itu artikel secara umum. Lantas, apa saja perbedaan artikel dan jurnal? 

1. Perbedaan Artikel dan Jurnal Ditinjau dari Tujuan Penulisan 

Artikel umumnya ditulis dengan tujuan untuk memberikan informasi singkat dan ringkas tentang suatu topik tertentu. Sementara itu, jurnal adalah publikasi ilmiah yang bertujuan untuk melaporkan hasil penelitian yang dilakukan secara sistematis. Inilah poin pertama dari perbedaan artikel dan jurnal. 

2. Proses Review 

Perbedaan artikel dan jurnal selanjutnya, yakni artikel umumnya tidak melalui proses review yang ketat. Penulis artikel memiliki kebebasan dalam menentukan gaya penulisan, isi, dan format tulisan mereka. 

Di sisi lain, jurnal biasanya melewati proses review yang ketat oleh para pakar dalam bidang yang relevan sebelum diterbitkan. Proses ini bertujuan untuk memastikan kualitas, keakuratan, dan validitas penelitian yang dilaporkan dalam jurnal. 

3. Cara Penulisan dan Struktur 

Artikel umumnya ditulis dalam bahasa yang lebih mudah dipahami dan memiliki struktur yang lebih bebas. Penulis artikel dapat menggunakan gaya bahasa yang lebih santai dan menggabungkan unsur kreativitas dalam tulisan mereka. 

Sebaliknya, jurnal ditulis dalam bahasa ilmiah yang lebih formal dan memiliki struktur yang baku. Jurnal umumnya terdiri dari bagian abstrak, pendahuluan, metodologi, hasil, pembahasan, dan daftar pustaka. 

4. Sumber Rujukan dan Referensi 

Artikel cenderung menggunakan rujukan dan referensi yang lebih sedikit dan bersifat sekunder. Penulis artikel biasanya menyertakan hyperlink ke sumber asli atau mengutip kutipan pendek dari sumber lain. 

Sementara itu, jurnal menggunakan rujukan dan referensi yang lebih banyak dan berfokus pada sumber primer. Jurnal cenderung mengutip penelitian sebelumnya secara mendetail dan menyertakan daftar pustaka yang lengkap.

5. Target Pembaca 

Terakhir, seperti yang telah disebutkan di awal, adapun perbedaan artikel dan jurnal terletak pada target pembaca. Artikel ditujukan untuk pembaca umum dan memiliki cakupan yang lebih luas. 

Jurnal ditujukan untuk pembaca yang lebih terampil dan memiliki pengetahuan yang lebih mendalam di bidang tertentu. Jurnal menggunakan bahasa ilmiah dan istilah teknis yang mungkin sulit dipahami oleh pembaca umum. 

Baca Juga: Apa itu Esai? Begini Struktur, Jenis, hingga Cara Membuatnya

Ikuti Kursus Academic Writing, Teknik Menulis Esai Jadi Gampang! 

Demikian ulasan ringkas seputar perbedaan artikel dan jurnal, sudah semakin paham sekarang?. Kamu bisa mempelajari teknik esai bahasa Inggris lewat Kursus Academic Writing di Lister. 

Kamu bebas memilih jumlah kelas, bahkan menentukan tutor dan kelas pengganti. Ikuti Instagram Lister untuk mengetahui informasi terbaru dan menarik lainnya. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon sebesar 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500.000). Ambil promonya dan hubungi via WhatsApp mendaftar sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.