Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pentingnya Buat Iklan Lowongan Pekerjaan Menarik, Begini Caranya!

iklan lowongan pekerjaan

Bagaimana caranya memperluas prospek karier? Salah satu caranya adalah dengan mempelajari bahasa asing. Kamu bisa mengikuti kursus bahasa asing untuk karyawan di Lister for Company.

Sebagai pencari kerja maupun pemilik usaha, kamu pasti familiar dengan iklan lowongan pekerjaan. Iklan ini bisa dikatakan sebagai penghubung antara pencari kerja dengan pemilik usaha.

Sebagai pemilik usaha yang membutuhkan karyawan baru, penting membuat iklan lowongan pekerjaan yang menarik. Untuk itu, kamu perlu memahami apa itu iklan lowongan pekerjaan dan cara membuatnya dengan baik.

Iklan Lowongan Pekerjaan adalah

Iklan lowongan pekerjaan merupakan iklan yang menginformasikan bahwa suatu posisi pekerjaan di sebuah pekerjaan terbuka untuk dilamar.

Iklan ini mengundang para pencari kerja yang memenuhi syarat untuk melamar dengan mengirim CV serta surat lamaran.

Jika dulu iklan lowongan pekerjaan banyak dipublikasikan sebagai iklan baris di koran, kini iklan lowongan pekerjaan lebih banyak ditampilkan secara online.

Mengunggah iklan lowongan pekerjaan kini semakin mudah seiring munculnya situs pencarian kerja. Para pencari kerja cukup menuliskan kata kunci yang sesuai dengan pekerjaan yang mereka cari, lalu akan mendapatkan berbagai lowongan pekerjaan.

Maka dari itu, penting untuk membuat iklan lowongan pekerjaan yang menarik agar tampil menonjol di berbagai iklan lainnya.

Pentingnya Iklan Lowongan Pekerjaan

Apa saja manfaat iklan lowongan pekerjaan saat proses perekrutan karyawan baru? Berikut penjelasannya.

Memberi Informasi Adanya Lowongan Kerja

Pencari kerja dapat mengetahui perusahaan tengah membuka lowongan melalui iklan.

Dalam iklan tersebut, tercantum informasi tentang jenis pekerjaan, deskripsi tanggung jawab pekerjaan, kualifikasi, gaji, syarat lamaran, batas waktu, dan lain-lain.

Memperkenalkan Perusahaan

Iklan lowongan pekerjaan dapat menjadi bagian dari pemasaran perusahaan. Melalui iklan tersebut, perusahaan dapat menonjolkan karakter dan identitas organisasi.

Tujuannya sebagai bagian dari branding perusahaan. Perusahaan dapat mem-branding dirinya sebagai tempat terbaik untuk bekerja.

Menyeleksi Pelamar

Iklan lowongan pekerjaan mencantumkan deskripsi pekerjaan, tanggung jawab, serta kualifikasi yang dibutuhkan. Tujuannya yaitu membatasi pelamar pada tahap awal rekrutmen.

Pencari kerja dapat menilai diri mereka sendiri dengan membaca deskripsi pekerjaan sebelum memutuskan untuk melamar atau tidak.

Menarik Kandidat yang Berkualifikasi

Kandidat yang berkualifikasi umumnya sudah bekerja di perusahaan. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan mereka terbuka terhadap kesempatan yang lebih baik.

Jika mereka melihat iklan lowongan kerja yang menarik, ada kemungkinan mereka tergoda untuk melamar. Terlebih jika mereka mendapat tawaran yang diinginkan selama ini.

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan

Masih bingung dengan cara membuat iklan lowongan pekerjaan? Iklan lowongan pekerjaan yang baik harus mencantumkan hal-hal berikut.

1. Judul yang menarik dan tata bahasa yang baik

2. Informasi singkat tentang perusahaan

3. Posisi yang dibuka

4. Benefit yang diterima karyawan

5. Batas waktu pengiriman lamaran

Berikut contoh iklan lowongan pekerjaan untuk Lister Language Tutor.

contoh iklan lowongan pekerjaan lister