Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Employee Engagement adalah Pendorong Produktivitas, Apa itu?

employee management adalah

Kemampuan berbahasa asing akan mendorong terbukanya prospek karier yang lebih baik. Maka dari itu, penting untuk menguasai bahasa asing. Kamu bisa mengambil kursus bahasa asing untuk karyawan di Lister for Company.

Selain dengan meningkatkan kemampuan karyawan, cara lain untuk mendorong produktivitas karyawan adalah melalui employee engagement.

Apa itu employee engagement? Berikut penjelasannya.

Employee Engagement adalah

Employee engagement disebut juga dengan keterlibatan karyawan. Employee engagement merupakan keadaan di mana karyawan merasa memiliki keterikatan emosional dengan organisasi di mana ia bekerja.

Contohnya adalah dalam hal pandangannya atas profesinya, tanggung jawabnya, serta hubungannya dengan rekan kerja dan atasan.

Mengapa employee engagement adalah hal yang penting bagi perusahaan? Employee engagement memerhatikan loyalitas karyawan terhadap pekerjaannya.

Loyalitas tersebut tidak sekadar dilihat dari selesainya pekerjaan. Namun juga apakah hasil pekerjaan tersebut berkualitas dan selesai tepat waktu. Karyawan juga merasa puas dan bangga atas hasil kerjanya.

Jika karyawan merasa engaged dengan perusahaan dan pekerjaannya, produktivitas akan meningkat. Sementara itu dari sisi karyawan, employee engagement akan membuatnya menyadari pentingnya posisi yang diduduki dalam perusahaan dan menambah semangat kerja.

Manfaat Employee Engagement

Apa manfaat employee engagement dalam organisasi? Berikut uraiannya.

1. Kinerja Tim Lebih Optimal

Karyawan yang merasa terlibat dalam pekerjaannya akan mampu memberikan kinerja yang lebih optimal bagi dirinya dan tim.

2. Mendorong Produktivitas

Karyawan yang merasa terlibat dalam pekerjaannya umumnya sudah memahami tujuan perusahaan. Dengan begitu, mereka dapat mengelola cara kerja sehingga selaras dengan strategi perusahaan dan meningkatkan produktivitas.

3. Menekan Tingkat Turnover

Karyawan yang engaged akan merasa nyaman dengan pekerjaannya, sehingga tidak merasa memiliki keinginan untuk cepat-cepat keluar dari perusahaan. Hal ini akan membantu menekan tingkat turnover karyawan.

4. Membangun Relasi yang Baik

Karyawan yang engaged memiliki komitmen emosional dengan perusahaan dan rekan kerjanya. Hal ini akan berpengaruh baik terhadap relasinya di pekerjaan.

5. Meningkatkan Keuntungan

Dengan karyawan merasa engaged, produktivitas meningkat, dan pelanggan puas, pada akhirnya perusahaan akan untung.

Contoh Program Employee Engagement

Ada berbagai cara meningkatkan employee engagement. Berikut beberapa contoh programnya.

1. Mengadakan Perayaan

Perusahaan dapat mengadakan perayaan pada momen-momen tertentu, seperti hari raya keagamaan, pesta Halloween, dan ulang tahun perusahaan. Hal ini akan membuat karyawan merasa menjadi prioritas.

2. Mengadakan Sesi Permainan dan Kompetisi

Sesi permainan dan kompetisi di antara karyawan akan menjadi sarana refreshing di tengah rutinitas sehari-hari. Kegiatan ini juga akan membangun ikatan di antara para karyawan.

3. Pelatihan

Pelatihan tidak selalu dikaitkan dengan kegiatan yang serius. Dengan mengundang pembicara yang tepat, kamu dapat membuat pelatihan menjadi acara yang menyenangkan.

4. Olahraga Bersama

Olahraga bersama dapat menjadi sarana menyatukan karyawan. Perusahaan juga dapat membuat liga kecil-kecilan.

5. Gathering

Acara gathering di luar kantor bersama keluarga akan membangun ikatan di antara sesama karyawan.