Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pegunungan yang Memisahkan Prancis, Italia, Swiss, Jerman, Yuk Cari Tahu!

pegunungan prancis italia swiss jerman

Punya impian tinggal di Prancis? Maka kamu harus mempersiapkan diri dari sekarang, salah satunya dengan mempelajari bahasanya. Kamu bisa mulai dengan mengikuti Les Bahasa Prancis.

Prancis terkenal dengan wisata belanja dan kebudayaan populer. Namun jika kamu ingin berkelana lebih jauh, kamu bisa mengunjungi wisata alamnya.

Salah satu yang paling terkenal adalah Pegunungan Alpen. Pegunungan ini membentang di batas-batas negara Prancis, Swiss, Monaco, Italia, Liechtenstein, Austria, Jerman, dan Slovenia.

Pegunungan Alpen

Pegunungan Alpen membentang sepanjang 1.200 kilometer di delapan negara. Lengkung Alpine memanjang dari Nice di Mediterania barat sampai Trieste di Adriatik dan Wina di awal Cekungan Pannonia.

Pegunungan tersebut terbentuk selama puluhan juta tahun saat lempeng tektonik Afrika dan Eurasia bertumbukan.

Pemendekan ekstrem yang disebabkan peristiwa tersebut mengakibatkan batuan sedimen laut naik dengan mendorong puncak gunung yang tinggi seperti Mont Blanc dan Matterhorn.

Mont Blanc membentang di perbatasan Prancis dengan Italia. Pada ketinggian 4.809 meter, Mont Blanc adalah gunung tertinggi di Pegunungan Alpen.

Wilayah Alpine terdiri dari 128 puncak dengan ketinggian lebih dari 4.000 meter.

Kehidupan di Alpen

Ketinggian dan ukuran jangkauan Pegunungan Alpen memengaruhi iklim di Eropa. Di wilayah pegunungan, tingkat curah hujan sangat bervariasi dengan kondisi iklim terdiri dari berbagai zona yang berbeda.

Hewan liar seperti ibex (kambing liar) hidup di wilayah yang lebih tinggi, yakni sekitar 3.400 meter. Selain itu ditemukan tumbuhan seperti Edelweiss di area yang berbatu di dataran yang lebih tinggi maupun lebih rendah.

Tanda kehidupan manusia ditemukan pada masa Paleolitikum. Manusia yang dimumikan ditemukan di gletser di perbatasan Austria-Italia pada 1991. Diperkirakan mumi tersebut berusia 5.000 tahun.

Pada abad ke-6 SM, budaya Celtic La Tène sudah berkembang. Hannibal diketahui menyeberangi Pegunungan Alpen dengan sekawanan gajah dan bangsa Roma menduduki kawasan tersebut.

Pada 1800, Napoleon melewati salah satu gunung dengan rombongan 40.000 tentara.

Wilayah Alpine memiliki identitas kebudayaan yang kuat. Terdapat budaya tradisional seperti bercocok tanam, membuat keju, dan kerajinan kayu yang dijalankan penduduk desa di Alpine sampai saat ini.

Walaupun begitu, industri pariwisata mulai bertumbuh pada awal abad ke-20 dan berkembang setelah Perang Dunia II. Kemudian industri ini menjadi salah satu yang mendominasi.

Olimpiade Musim Dingin diselenggarakan di Pegunungan Alpen bagian Swiss, Prancis, Italia, Austria, dan Jerman. Kawasan tersebut kini dihuni 14 juta orang dan dikunjungi 120 juta orang setiap tahunnya.