Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Nggak Cuma Eiffel, ini 9 Bangunan Ikonik di Prancis

bangunan ikonik prancis

Punya impian tinggal di Prancis? Kamu bisa mempersiapkan diri dengan mempelajari bahasanya. Kamu disarankan mengikuti Kursus Bahasa Prancis.

Prancis terkenal dengan kota-kotanya yang indah. Banyak bangunan arsitektur yang bersejarah.

Apa saja 10 bangunan paling ikonik di Prancis? Simak daftarnya berikut ini.

1. Menara Eiffel

Siapa yang tak mengenal Menara Eiffel? Menara ikonik ini berdiri di pusat Paris, Prancis dan dikunjungi sekitar 7 juta orang setiap tahunnya.

Dibangun sebagai tanda masuk World Fair pada 1889, Menara Eiffel sebenarnya hendak disingkirkan setelah 20 tahun.

Namun pembuatnya, Gustave Eiffel, berupaya agar menara tersebut tidak dihancurkan. Dengan tinggi 324 meter, Menara Eiffel pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia sebelum Chrysler dibangun di New York.

2. Istana Versailles

Istana Versailles dulunya adalah pondok berburu. Lokasinya berada di luar Paris.

Saat ini Istana Versailles berfungsi sebagai museum. Salah satu daya tarik utamanya adalah Aula Cermin, dengan panjang 73 meter dan 357 cermin yang memantulkan pemandangan taman yang indah.

Terdapat 2300 ruangan dan sebuah taman yang dibangun selama 40 tahun yang bisa kamu kunjungi di istana ini.

3. Pont du Gard

Dibangun di Prancis selatan antara Uzès dan Nîmes untuk menyuplai air, Pont du Gard adalah jembatan tertinggi buatan Roma di dunia.

Jembatan tersebut dibangun di ketinggian 48 meter. Strukturnya terbangun atas tiga lengkungan.

Pont du Gard menahan akuaduk sampai abad ke-6, kemudian difungsikan sebagai pos bea cukai di Abad Pertengahan.

Pada abad ke-18 dan 20, Pont du Gard difungsikan sebagai jembatan penyeberangan. Pada tahun 2000, jembatan tersebut direservasi untuk memastikan keamanannya.

4. Château du Chambord

Sebagai kastil terbesar di Lembah Loire, Chateau du Chambord adalah bangunan yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Prancis. Kastil ini awalnya dibangun sebagai pondok berburu di abad ke-16.

Kastil tersebut sebenarnya tidak pernah selesai dibangun. Namun bangunannya menunjukkan gaya Renaissance yang sangat khas.

Chateau du Chambord dulu menjadi tuan rumah berbagai acara bangsawan dan pesta perburuan. Salah satu daya tarik utama adalah tangga heliks ganda yang terinspirasi dari Leonardo da Vinci. Tangga tersebut dapat memuat dua orang yang berpapasan.

5. Mont-Saint-Michel

Biara Benediktin Mont-Saint-Michel didirikan di teluk yang memisahkan Normandy dan Brittany. Teluk tersebut dikenal karena pasang-surutnya yang ekstrem.

Kamu bisa mencapai Mont-Saint-Michel saat surut. Namun kamu disarankan berkunjung dengan pemandu berpengalaman, mengingat pasang-surutnya tidak dapat diprediksi orang awam.

Daya tarik utamanya adalah biara yang berada di puncak. Didirikan pada 966, biara tersebut telah mengalami pasang-surut zaman.

6. Amfiteater Arles

Berlokasi di pusat kota Arles, Amfiteater Arles adalah arsitektur Roma yang sudah berdiri sejak 90 SM.

Dengan dua tingkat, lengkungan yang mencolok, serta sistem pintu, galeri, tangga, dan lorong yang dirancang dengan baik, amfiteater ini memiliki kapasitas untuk menampung sekitar 21.000 penonton.

Amfiteater ini menampilkan pertarungan gladiator, balap kereta, dan pertunjukan teater. Penonton dipisahkan berdasarkan status sosial mereka.

Setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi, Amfiteater Arles diubah menjadi benteng yang mengelilingi 200 rumah, dua kapel, dan alun-alun bersama.

7. Ladang Lavender Provence

Terletak di Prancis tenggara, Provence adalah tempat yang sempurna untuk menikmati hamparan lavender yang tengah mekar. Pasalnya pemandangan lain di Provence juga menakjubkan, dengan kebun anggur, kebun zaitun, dan hutan yang bisa dijelajahi.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Provence adalah di akhir Juni sampai awal Agustus. Ladang yang paling terkenal adalah Dataran Valensole.

8. Viaduk Millau

Melintasi Lembah Tarn, Viaduk Millau adalah salah satu bangunan ikonik di Prancis. Viaduk ini merupakan jembatan gantung terpanjang di dunia.

Dengan tinggi 343 meter dan panjang 2460 meter, Viaduk Millau seolah-olah membingkai pemandangan indah di sekelilingnya.

Viaduk Millau menghubungkan Clermont-Ferrand dengan Béziers dan Narbonne di Prancis selatan.

Pemandangan terbaik Viaduk Millau dapat dinikmati dari Peternakan Caussenarde.

9. Louvre

Tak lengkap mengunjungi Prancis tanpa ke Louvre, museum seni terbesar di dunia. Berlokasi di tepi Sungai Seine, Louvre dapat dengan mudah dikenali karena piramida kaca yang ikonik.

Dengan 38.000 objek di 300 ruangan yang bisa dilihat, termasuk lukisan Mona Lisa oleh Leonardo da Vinci, kamu bisa menghabiskan waktu seharian di museum ini.