Pengertian 9 Parts of Speech Bahasa Inggris untuk Pemula

parts of speech

Kursus General English – Jika kamu ingin belajar bahasa Inggris tetapi bingung mulai dari mana, materi part of speech adalah awal yang tepat. Secara ringkas, part of speech adalah kategori kata yang memiliki fungsinya masing-masing dalam kalimat.

Untuk dapat menyusun kalimat yang baik dan tepat secara grammar, materi ini wajib kamu kuasai sebagai dasar pelajaran bahasa Inggris. Apa saja jenis-jenis parts of speech?

Apa itu Parts of Speech?

Parts of speech adalah istilah dalam grammar bahasa Inggris yang merujuk pada sembilan kategori kata. Kategori ini ditentukan berdasarkan fungsi kata di dalam kalimat. Part of speech disebut juga dengan word classes (kelas kata).

Untuk memahaminya lebih mudah, ibaratkan kata-kata tersebut sebagai kepingan puzzle. Untuk dapat menyusun puzzle hingga lengkap, masing-masing kepingan harus disusun sesuai potongannya, agar dapat menghasilkan gambar yang utuh.

Jika tidak disusun sesuai lekukan puzzle, tentu gambar yang muncul tidak akan berbentuk.

Dengan gambaran ini, masing-masing kata dengan kategori yang berbeda harus dipasangkan dengan tepat. Tujuannya agar dapat memberi makna pada kalimat, mudah dipahami, dan tepat secara tata bahasa.

2 Jenis Parts of Speech

Sebelum masuk ke materi parts of speech tentang kategori-kategori parts of speech, ada dua jenis yang perlu kamu ketahui sebelumnya. Parts of speech dapat berbentuk open classes maupun closed classes.

Ketahui bahwa ini merupakan penggolongan umum, dan ada beberapa jenis kata yang mungkin memiliki sifat campuran atau digunakan dalam konteks tertentu untuk berperan sebagai jenis lain.

Namun, pemahaman dasar tentang jenis-jenis ini sangat penting dalam memahami bagaimana bahasa Inggris dibentuk dan digunakan dalam komunikasi sehari-hari.

Open Classes

Parts of speech yang termasuk open classes (kelas kata terbuka) terdiri dari nouns, verbs, adjectives, dan adverbs. Ciri-ciri open classes adalah dapat dimodifikasi dan dikembangkan.

Ciri-ciri kelas kata terbuka adalah kata dalam bahasa Inggris yang cenderung fleksibel dan dapat berkembang dengan penambahan kata baru. Dalam bahasa yang terus berkembang, kata baru dalam kelas ini sering kali muncul untuk menggambarkan konsep atau teknologi baru yang muncul dalam masyarakat.

Inilah yang membuat open classes ini sangat vital dalam pembentukan kalimat dan pemahaman bahasa yang lebih luas.

Closed classes

Closed classes (kelas kata tertutup) terdiri dari pronouns, prepositions, conjunctions, articles / determiners, dan interjections. Ciri-ciri closed classess adalah tidak dapat diubah atau harus digunakan sesuai dengan aturannya.

Baca juga: Seru! 5 Permainan Bahasa Inggris untuk Anak atau Orang Dewasa

9 Kategori Parts of Speech

Parts of speech terbagi menjadi sembilan kelas kata. Klasifikasi ini membantu pengguna bahasa dalam memahami peran dan fungsi kata dalam kalimat, sehingga kamu dapat menyusun kalimat dengan benar dan jelas.

Setiap kelas kata memiliki karakteristik dan peran tersendiri dalam kalimat, yang membuatnya menjadi fondasi penting dalam pembelajaran bahasa dan komunikasi efektif.

Dalam pembelajaran bahasa, pemahaman yang kuat tentang parts of speech sangatlah penting, karena hal ini memungkinkan kita untuk mengartikan makna kalimat dengan tepat dan membangun kalimat-kalimat yang sesuai dengan konteks.

Noun

Noun (kata benda) adalah orang, tempat, benda, atau gagasan. Noun dapat menempati fungsi yang beragam dalam kalimat, mulai dari subjek hingga objek.

Contoh kalimat parts of speech noun yaitu house, Joe, bicycle, President Biden, dan lain-lain.

Pronoun

Pronoun (kata ganti) adalah kata yang digunakan untuk menyebut atau menggantikan noun di dalam kalimat. Ada beberapa pronoun yang secara khusus digunakan untuk menyebut orang.

Contoh kalimat parts of speech pronoun adalah I, you, they, we, he, she, it, ours, their, who, which, yourself, anybody, dan lain-lain.

Verb

Verb (kata kerja) adalah kata aksi yang menunjukkan peristiwa yang terjadi di dalam kalimat. Verb juga dapat menunjukkan kondisi subjek (is, was). Bentuk verb berubah-ubah sesuai tense yang digunakan (present, past, future) dan jumlah subjek (singular atau plural).

Contoh verb adalah read, believe, drink, be, go, dan lain-lain.

Adjective

Adjective (kata sifat) adalah kata yang menerangkan noun dan pronoun. Adjective menjelaskan secara spesifik noun dan pronoun terkait jumlah, jenis, penampilan, dan lain-lain.

Dengan adanya adjective, pembaca atau pendengar dapat membayangkan noun dan pronoun tersebut secara lebih jelas.

Contoh adjective adalah lazy, pretty, funny, mysterious, poor, suspicious, hot, smooth, dan lain-lain.

Adverb

Adverb (kata keterangan) menerangkan verb, adjective, serta bahkan adverb lainnya. Adverb menjelaskan kapan, di mana, bagaimana, dan mengapa sesuatu terjadi.

Contoh adverb adalah quickly, hopefully, eagerly, often, sometimes, tenderly, dan lain-lain.

Preposition

Preposition (kata depan) menunjukkan keterangan tempat, waktu, dan hubungan antara noun atau pronoun dengan kata lainnya. Preposition ditempatkan pada awal prepositional phrase, yakni terdiri dari preposition dan objeknya.

Contoh preposition adalah over, of, to, up, out of, against, by, after, dan lain-lain.

Conjunction

Conjunction (konjungsi / kata hubung) adalah kata yang menghubungkan kata, frasa, dan klausa di dalam kalimat. Terdapat beberapa jenis conjunction, yakni coordinating, subordinating, dan correlative conjunction.

Contoh conjunction adalah and, but, however, or, yet, with, dan lain-lain.

Articles and Determiners

Article (artikel) dan determiner (penunjuk) berfungsi seperti adjective yang menerangkan noun. Perbedaannya adalah adjective tidak selalu dibutuhkan dalam kalimat, sedangkan article dan determiner wajib ada untuk memberikan makna pada kalimat.

Article dan determiner menunjukkan noun secara lebih jelas. Keduanya dibagi lagi menjadi kategori indefinite dan definite.

Contoh article adalah a, an, the. Sementara itu contoh determiner adalah these, those, few, many, which, that, what, dan lain-lain.

Interjection

Interjection adalah ekspresi yang dapat berdiri sendiri tanpa menjadi bagian dari kalimat. Kata atau frasa interjection dapat menunjukkan emosi atau reaksi pembicara atau penulis.

Contoh interjection adalah wow, oops, ah, ouch, dan lain-lain.

Baca juga: Cara Mengajar Speaking untuk Berbagai Kalangan, Super Fun!

Contoh Penggunaan Parts of Speech

Danielwill workuntil midnight.
Noun (Subject)VerbAdverb
Wow,youreallynailedthe performancetonight.
InterjectionNoun (Subject)AdverbVerbNoun (Object)Adverb
Weare goingto Paristhis summer.
Noun (Subject)VerbAdverbAdverb
Sheis taking careofher grandmawholivesalone.
Noun (Subject)VerbPrepositionNoun (Object)ConjunctionVerbAdverb

Parts of speech juga digunakan dalam kalimat yang hanya menggunakan satu kata sekalipun. Hal ini dapat ditemukan dalam kalimat perintah, seperti contoh di bawah ini.

  • Go!

Kalimat tersebut memerintahkan pendengar atau penulis untuk pergi (go). Meskipun terdiri dari satu kata, go dipahami sebagai perintah untuk menyuruh orang lain (you).

Jika diteliti, kalimat lengkapnya dapat berbunyi seperti ini.

  • (You) go!

Kursus General English Bersama Tutor Terbaik!

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus General English di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.