Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Panduan Terbaru TOEFL ITP Test: Baca Ini Sebelum Tes!

TOEFL ITP Test

Dalam waktu dekat kamu ingin melakukan TOEFL ITP test? Baca panduan terbaru TOEFL ITP Test di bawah ini sebelum tes!

Menurut laman ets.org, TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Ini adalah keterampilan yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang tanpa dikaitkan secara langsung dengan proses pembelajaran.

TOEFL terbagi menjadi 4 session yaitu (1) Listening Comprehension, (2) Structure and Written Expression, (3) Reading Comprehension, dan (4) Test of Written English (TWE).

Nah, ada 3 jenis tes TOEFL yaitu International TOEFL test, Institutional TOEFL test, dan TOEFL Like-Test. Namun, perbedaannya adalah bahwa pertanyaan dari tes TOEFL internasional baru diberikan di saat pelaksanaan.

Listening Comprehension

Bagian Listening Comprehension bertujuan untuk menguji kemampuan kamu dengan mendengarkan percakapan atau pidato singkat dalam bahasa Inggris melalui rekaman atau audio lain yang disediakan oleh tes TOEFL komite.

50 pertanyaan dengan waktu 40 menit.

Structure and Written Expression

Di bagian structure and written expression, kamu akan diuji untuk memahami tata bahasa Inggris dan ungkapan sehari hari yang ada dalam bahasa tulis di dalam bahasa Inggris. Selain itu, bagian ini memerlukan pengetahuan mengenai kesalahan dalam ekspresi atau tata bahasa.

40 pertanyaan dengan waktu: 25 menit.

Reading Comprehension

Bagian reading comprehension untuk menguji kemampuan memahami berbagai jenis literatur ilmiah pada: subjek, gagasan utama, isi bacaan, makna kata atau frase, serta informasi rinci tentang bacaan tadi.

Tingkat kosa kata dan tingkat kesulitan teks yang digunakan dalam membaca yang tinggi, sehingga kamu harus menggunakan strategi yang tepat dalam mengerjakan bagian ini.

50 pertanyaan dengan waktu 55 menit.

Test of Written English (TWE)

Pada bagian ini, kamu harus menulis keterampilan dalam bentuk esai, seperti menerima topik tertentu dan singkat.

Skor TWE pun diberikan secara terpisah dari skor TOEFL secara keseluruhan. Skala penilaiannya mulai dari 1-6. Ketika TWE termasuk bagian diuji dalam tes TOEFL, biasanya dilaksanakan sebelum Listening Comprehension.

Waktu: 30 menit.

Rentang skor: 217-677.

Durasi uji Tes TOEFL dari 2 sampai 2,5 jam.

Baca juga: Cek Rekomendasi Web Untuk Belajar TOEFL!

Tips Persiapan Tes TOEFL ITP

  • Pahami gambaran mengenai tes TOEFL dan materi apa saja yang diujikan
  • Latihan menulis menggunakan bahasa Inggris, mendengarkan percakapan bahasa Inggris, berbicara sehari-hari menggunakan bahasa Inggris, dan lakukan 3 hal ini secara konsisten
  • Gabung di Kelas TOEFL ITP Lister