Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Berapa Skor TOEFL yang Bagus? Pastikan Raih Target ini!

TOEFL (Test of English As A Foreign Language) adalah salah satu syarat masuk yang ditetapkan berbagai institusi pendidikan dan perusahaan. Jenis tes ini bertujuan menguji kemampuan bahasa Inggris berdasarkan berbagai soal.

Jawaban dari soal-soal yang diberikan kemudian diberi skor. Hasil tes ini menjadi penanda kemahiran berbahasa Inggris.

Berapa skor TOEFL minimal yang dianggap bagus? Berikut perhitungannya.

Jenis-Jenis TOEFL

TOEFL iBT (Internet-Based Test) dan TOEFL PBT (Paper-Based Test) memiliki sistem nilai yang berbeda. Walaupun begitu, secara umum keduanya menguji tingkat kemahiran bahasa Inggris yang sama.

Skor TOEFL iBT

Skor iBT keluar di situs daring sekitar 10 hari setelah tes berlangsung. Masing-masing seksi diberi skor 0-30, sedangkan total skor adalah 0-120.

  • Skor terendah dalam iBT adalah 0.
  • Skor tertinggi dalam iBT adalah 120.

Skor TOEFL PBT

Skor PBT akan dikirimkan 3-6 minggu setelah tes berlangsung. Kamu akan mendapatkan laporan skor masing-masing seksi dan totalnya.

  • Skor terendah dalam PBT adalah 310.
  • Skor tertinggi dalam PBT adalah 677.

Sistem Penilaian TOEFL

Satu jawaban benar dalam TOEFL tidak berarti satu poin. Setelah dikoreksi, total jawaban benar akan diberi raw score.

Raw score ini nantinya harus diolah kembali oleh sistem komputer. Untuk setiap soal pilihan ganda yang dijawab dengan benar, kamu akan mendapat raw score 1-3.

Tidak ada penalti untuk jawaban salah, sehingga pastikan kamu menjawab setiap nomor meskipun ada yang tidak kamu tahu jawabannya.

Raw score ini akan diolah menjadi scaled score oleh sistem komputer. Scaled score inilah yang muncul di lembar laporan skor TOEFL.

Raw score dan scaled score untuk iBT dan PBT berbeda, tetapi prinsip penilaiannya sama.

Berapa skor TOEFL yang bagus?

Target skor TOEFL yang sebaiknya kamu raih tergantung tujuan kamu mengikuti tes tersebut. Pasalnya masing-masing institusi menetapkan standar minimal yang berbeda.

Contohnya, ada perusahaan yang menetapkan standar TOEFL iBT 85, sedangkan perusahaan lain meminta skor minimal 80.

Sebagai patokan, kamu dapat menetapkan standar rata-rata skor TOEFL. Rata-rata skor iBT adalah 84. sedangkan PBT adalah 550-589.

Jika kamu meraih skor di atas nilai rata-rata ini, artinya skormu lebih tinggi daripada 50 persen peserta tes pada umumnya. Dengan begitu, skor yang kamu dapatkan sudah dapat dianggap bagus.

Banyak universitas yang menetapkan standar skor iBT 90-100 atau PBT 580-600. Jika universitas atau perusahaan menetapkan nilai minimal, pastikan kamu meraih skor di atas standar tersebut.

Selain itu, beberapa institusi menetapkan standar nilai untuk seksi tertentu, contohnya Speaking. Pastikan kamu meraih skor di atas minimal untuk seksi tersebut.

Sudah Siap Meraih Target Skor TOEFL Impian?

TOEFL digunakan banyak institusi sebagai standar masuk. Agar berhasil meraih skor yang ditargetkan, pastikan persiapan kamu matang. Kamu dapat mengikuti Kursus Persiapan TOEFL di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri. Selain itu, kamu akan mendapat modul yang pastinya mendukung proses belajarmu. Daftar sekarang, dapatkan harga terjangkau!