Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Awal Mula TOEFL iBT yang Mesti Kamu Tahu!

Awal mula TOEFL iBT yang mesti kamu tahu

Kursus TOEFL iBT – Apakah kamu pemula yang sedang belajar bahasa Inggris? Bahasa Inggris memiliki tes kemampuan uji bahasa yang berbeda-beda. Salah satunya adalah TOEFL iBT

Jika kamu masih belum familiar dengan penggunaan TOEFL iBT ini , kali ini kita akan membahas sejarah awal mula TOEFL iBT yang mesti kamu ketahui. 

Baca juga: Memahami Level Skor Tes TOEFL

Awal Mula TOEFL iBT 

Menurut penjelasan yang tercantum dalam TOEFL® Research Insight Series, Volume 6:

TOEFL Program History, pada tahun 1990-an, program TOEFL dievaluasi untuk merancang TOEFL baru yang lebih mencerminkan kompetensi komunikatif dan efisien digunakan oleh berbagai peserta di seluruh dunia.

Namun program tersebut harus tetap mempertahankan aspek-aspek kunci dari tes standar administrasi, penilaian, dan keamanan tentunya. Maka, jadilah TOEFL iBT ini. 

Pengertian TOEFL iBT 

Pada TOEFL iBT ini, media yang digunakan adalah internet di pusat tes resmi dan bersifat resmi, karena waktu antara mengikuti tes dan menerima skor bisa jadi berkurang secara signifikan.

Nah, dari situlah nama asli tes tersebut menjadi tes berbasis internet, atau internet-based test (iBT).

Di bidang akademik, penggunaan bahasa melibatkan kemampuan reseptif (mendengarkan, membaca) dan produktif (berbicara, menulis). Sebagian keperluan akademik menggunakan kemampuan ini secara komplementer atau terintegrasi.

Mulai 1996, tim ahli dibentuk dan diberi tanggung jawab untuk merancang TOEFL yang mewujudkan bentuk penggunaan bahasa komunikatif dalam konteks akademik. Tim ini terdiri dari staf ETS dan penasihat eksternal dengan keahlian dalam pengembangan tes, linguistik terapan, metode penelitian, dan psikometri.

Proses desain pengujian dimulai dengan pengembangan kerangka kerja yang didasarkan pada gagasan bahwa tes yang baru akan mengukur “kecakapan bahasa Inggris peserta ujian dalam situasi dan tugas yang mencerminkan kehidupan di universitas”.

Selanjutnya, kerangka konseptual ini dikembangkan ke empat area kemampuan bahasa, yaitu mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis. 

Tugas mereka selanjutnya adalah merancang poin-poin tes yang sesuai dengan kebutuhan akademik dan menilai kemahiran peserta tes dalam area kemampuan bahasa yang relevan.

Mereka juga mengadakan penelitian untuk mengembangkan dan mengevaluasi cara interpretasi dan penggunaan skor hasil tes.

Baca juga: TOEFL Simulation Test pt.1 – Contoh Soal TOEFL iBT

Struktur Tes TOEFL iBT

Kerangka tes dipusatkan pada empat keterampilan utama bahasa dan sub-keterampilan yang relevan. Hal yang penting dari pengujian adalah memastikan tes dapat menampilkan informasi tentang kompetensi akademik peserta tes dalam bahasa Inggris.

Tujuan TOEFL iBT

Sejumlah kalangan masih khawatir TOEFL tidak cukup menilai kemampuan bahasa Inggris seseorang. Hal ini menjadi dasar pembuatan TOEFL berbasis internet (iBT), yang pertama kali diselenggarakan untuk umum pada akhir 2005. 

TOEFL iBT digunakan untuk mengevaluasi kemampuan berkomunikasi di lingkungan akademik, baik di kelas maupun situasi sehari-hari yang dihadapi siswa.

Fokus pada keterampilan bahasa yang berbeda digantikan dengan latihan komunikasi dan pemahaman dalam bentuk lisan dan tulisan melalui empat bagian: membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis.

Satu-satunya revisi signifikan terhadap TOEFL iBT sejak 2005 yaitu pengurangan jumlah bagian yang termasuk dalam bagian membaca (dari lima menjadi tiga atau empat) pada 2011.

Sejak 1964, TOEFL telah diambil oleh lebih dari 27 juta siswa di seluruh dunia. Skor TOEFL saat ini digunakan untuk masuk universitas, lisensi profesional, dan visa imigrasi.

Baca juga: Membedah Section Speaking pada TOEFL iBT

Raih Pendidikan Tinggi dengan Kursus TOEFL iBT

Mengerjakan TOEFL iBT membutuhkan persiapan matang dari jauh-jauh hari, terutama jika menargetkan skor lebih dari 45 (minimum score). Agar lebih maksimal, ikuti Kursus TOEFL iBT di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!