Otodidak adalah Belajar Mandiri, ini 4 Tips Memulainya

otodidak adalah

Program Lister – Sering mendengar istilah otodidak? Kemampuan belajar secara otodidak dapat dilatih dimulai dari diri sendiri. Walaupun tidak mudah, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya.

Apa itu Otodidak?

Otodidak adalah mempelajari sesuatu tanpa guru, mentor, maupun tutor yang membimbing, atau bisa disebut belajar secara mandiri. Menurut Merriam-Webster, otodidak berarti memiliki pengetahuan atau keterampilan yang diperoleh dengan usaha sendiri tanpa instruksi formal.

Banyak orang memilih belajar secara otodidak karena beragam alasan, antara lain menyukai suatu hal tetapi sulit menemukan guru yang tepat, kekurangan biaya, keinginan pribadi, dan lainnya.

Apapun alasannya, praktik otodidak adalah salah satu pilihan untuk memulai belajar sesuatu yang diinginkan ataupun disukai hingga mahir. Beberapa contoh keahlian yang dapat dipelajari secara otodidak yakni bahasa asing, bermain musik, programming, dan sebagainya.

Belajar bahasa Inggris dapat dilakukan secara otodidak. Dapatkan tips serta ulasannya dalam artikel 11 Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak, Mudah dan Murah.

Kelebihan Belajar Otodidak

Belajar secara otodidak memang tidaklah mudah, terdapat kelebihan dan kekurangan proses belajar otodidak. Apa saja yang perlu dicermati?

Biaya lebih terjangkau

Untuk belajar suatu hal yang baru biasanya memerlukan biaya. Kebanyakan orang memilih cara otodidak untuk mendapatkan skill atau kemampuan tertentu dengan biaya yang terjangkau.

Sebagai contoh, biaya kuliah di universitas cukup mahal, sehingga sebagian orang memilih untuk mempelajari materi kuliah secara mandiri melalui buku, internet, atau sumber lainnya.

Pilihan belajar tidak terbatas

Dengan belajar secara otodidak, kamu dapat menjalani proses belajar sesuai keinginan. Ada yang lebih memilih untuk belajar di tempat yang sepi agar dapat fokus, sementara ada pula yang belajar bersama dengan orang lain. Semua pilihan tersebut dapat dilakukan tanpa batasan tertentu. 

Menurut Brilliantio, kebanyakan orang akan lebih mudah memahami dan mengingat informasi jika keinginan belajar merupakan keputusannya sendiri.

Mendapatkan ilmu kewirausahaan

Dalam mempraktikkan otodidak, dibutuhkan motivasi dan kedisiplinan. Oleh karena itu, belajar mandiri dapat berperan menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Hal ini disebabkan diri sendiri yang mengatur pola belajar, mengatasi kesulitan, hingga mencapai target tertentu.

Memahami kelebihan dan kekurangan diri

Dalam proses belajar secara mandiri, kamu dapat menemukan kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Proses ini berasal dari kegagalan dan keberhasilan yang dilalui selama proses belajar. Dari kegagalan, kamu dapat mempelajari hal yang cocok atau tidak cocok sebagai pembelajaran.

Dapat belajar sesuai keinginan sendiri

Belajar otodidak dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan diri sendiri. Beberapa orang cenderung lebih suka belajar di malam hari daripada siang hari, atau sebaliknya.

Dengan memilih jalur otodidak, kamu tidak harus menggunakan metode belajar konvensional yang terkadang menimbulkan hambatan. Belajar mandiri dapat memberikan ruang dengan fleksibilitas yang diinginkan.

Kekurangan Otodidak

Di samping kelebihan, ada beberapa poin kekurangan belajar dengan cara mandiri tanpa adanya pembimbing.

Kurangnya struktur belajar

Untuk dapat disiplin belajar secara mandiri, tentu tidaklah mudah. Pembelajar otodidak seringkali mudah teralihkan dalam proses belajar. Hal ini dapat memperlambat keinginan dan kemajuan belajar skill yang baru.

Kekurangan informasi pengetahuan

Informasi tentang skill yang ingin dipelajari secara otodidak belum tentu tersedia dan mudah diakses. Oleh karena itu, kamu harus aktif melakukan riset sendiri atau jika beruntung dapat menemukan orang yang sama-sama mempelajari bidang tersebut.

Waktu yang dibutuhkan lebih lama

Belajar secara otodidak cenderung memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan melalui kursus. Jika menghadapi kesulitan atau kegagalan, tidak mudah untuk menemukan orang yang dapat membantumu.

Tidak ada pengalaman kerja sama dengan orang lain

Saat belajar secara mandiri, akan muncul kecenderungan untuk melakukan sesuatu dengan cara sendiri. Hal ini berpotensi menimbulkan risiko buruk, yakni tidak mengetahui cara bekerja sama dengan orang lain.

Belajar dalam kelompok kerja dapat memberikan perspektif pemecahan masalah dari sudut pandang berbeda. Pengalaman ini dapat membantu memahami berbagai hal dengan lebih baik hingga memunculkan solusi baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Lebih sulit memperoleh kepercayaan

Skill dalam profesi tertentu harus dikukuhkan dengan gelar dari institusi pendidikan atau lembaga terakreditasi. Bagi kamu yang memilih jalur otodidak, tentunya tidak akan memperoleh sertifikat maupun lisensi profesional dalam bidang yang dipilih.

Dalam situasi tertentu, hal ini dapat menghambat kepercayaan orang lain terhadap kredibilitas keterampilan yang kamu miliki.

4 Tips Belajar Otodidak

Ingin memulai belajar otodidak? Berikut tips sederhana yang dapat kamu ikuti.

1. Riset

Hal yang paling penting dalam belajar adalah menemukan informasi yang diperlukan. Contohnya mencari pengetahuan dari internet, buku-buku di perpustakaan, atau bertanya kepada orang yang sudah ahli.

2. Latihan

Belajar tanpa praktik akan sia-sia. Dengan mempraktikkan pengetahuan yang didapatkan dapat mengembangkan pemahaman lebih baik.

3. Berjejaring

Salah satu sumber ilmu pengetahuan dalam hidup adalah memiliki jejaring, baik itu di komunitas, konferensi, kolega perusahaan, dan lainnya. Dengan berjejaring, kamu dapat meningkatkan pengetahuan yang belum pernah dialami sebelumnya.

4.  Menjadwalkan waktu belajar

Agar dapat meraih target tertentu dalam proses belajar otodidak, maka diperlukan jadwal belajar yang konsisten.

Butuh Bantuan Belajar Bahasa Asing? Lister Hadir untukmu!

Terkadang sulit konsisten belajar bahasa asing secara otodidak. Agar mendapat pemahaman yang benar dan tepat, kamu membutuhkan bimbingan tutor. Kamu akan menemukan kelas yang tepat sesuai kebutuhanmu di Program Lister.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Devi Marietta Siregar
Devi Marietta Siregar
aktif menulis tentang perjalanan tak biasa di Korea dan menulis untuk dampak positif

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.