Me Time Artinya Waktu untuk Diri Sendiri, Punya Sejuta Manfaat!

me time artinya

Program Lister – Di tengah padatnya kesibukan bekerja atau kuliah, kamu tentu merasa perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri. Cara ini disebut dengan me time.

Tahukah kamu me time artinya apa? Lantas, apa saja contoh kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi tingkat stres, serta apa manfaatnya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Me Time Artinya

Me time artinya waktu untuk diri sendiri. Dikutip dari Cambridge Dictionary, ungkapan tersebut diartikan time when you can do what you want to do, atau dapat dimaknai waktu ketika kamu dapat melakukan hal yang ingin kamu lakukan.

Banyak orang menganggap quality time dengan diri sendiri sebagai kesempatan beristirahat dan mengisi ulang tenaga. Apakah kamu termasuk salah satunya?

10 Ide Kegiatan Me Time

Bagi kamu yang selama ini lebih suka menghabiskan waktu luang bersama keluarga atau teman, mungkin kebingungan saat harus menentukan kegiatan untuk diri sendiri. Berikut ini berbagai ide kegiatan yang bisa menjadi inspirasi di saat me time.

Jalan santai

Kamu dapat keluar rumah dan berkeliling daerah sekitar dengan jalan-jalan santai. Kegiatan ini lebih nyaman dilakukan di pagi atau sore hari saat cuaca tidak terlalu terik.

Tak hanya itu, kamu juga bisa jogging ringan atau membawa hewan peliharaan jalan-jalan sembari berolahraga.

Relaksasi sambil berendam

Berendam dengan air panas dan busa melimpah dapat menjadi sarana relaksasi setelah lelah berkegiatan sepanjang hari.

Meditasi

Apakah kamu pernah mencoba melakukan afirmasi diri sembari bermeditasi? Meditasi terbukti memiliki banyak manfaat untuk ketenangan pikiran. Untuk membantu berkonsentrasi, kamu dapat memutar musik instrumental atau menyalakan lilin aromaterapi.

Belanja

Belanja dapat menjadi kegiatan me time yang menyenangkan, lho! Terlebih jika dilakukan sendiri, kamu tidak akan terburu-buru dan memiliki banyak waktu untuk memutuskan barang yang akan dibeli.

Jika kamu enggan pergi ke pusat perbelanjaan, saat ini ada banyak pilihan untuk berbelanja online, seperti di eCommerce.

ide me time

Perawatan di salon

Kegiatan menyenangkan lainnya yang dapat dilakukan saat me time adalah perawatan di salon. Kamu dapat memilih spa, perawatan kuku, atau perawatan rambut.

Menonton film kesukaan

Apakah kamu memiliki film atau serial kesukaan? Kamu dapat menonton kembali tontonan favoritmu di waktu senggang.

Berolahraga

Setiap orang memiliki kegiatan olahraga favoritnya. Selain sebagai kegiatan me time, olahraga sangat penting untuk dilakukan secara rutin.

Bertemu teman lama

Me time tidak harus benar-benar dilakukan sendiri. Bertemu atau mengobrol dengan teman lama dapat menjadi self reward yang berarti.

Jika temanmu tinggal di tempat yang jauh, kamu dapat menghubungi melalui telepon atau video call.

Melakukan proyek pribadi

Saatnya kamu menjalankan proyek pribadi yang sudah lama ingin kamu selesaikan. Proyek ini dapat berawal dari hobi yang kamu tekuni. Misalnya melukis, menghias rumah, menyelesaikan buku yang sedang dibaca, atau memanggang roti.

Menulis jurnal pribadi

Membuat catatan tentang pencapaian, kegagalan, maupun angan-angan pribadi dapat menjadi kegiatan me time yang bermakna. Di sini kamu dapat berefleksi tentang aspek-aspek yang ingin kamu tingkatkan dalam hidup.

ide kegiatan me time

Manfaat Me Time

Mengapa me time sangat penting dilakukan di tengah kesibukan sehari-hari? Berikut penjelasannya, seperti yang dikutip dari Claire Buck.

Mengurangi tingkat stres

Kesibukan yang sangat padat dapat membuat stres akibat tekanan meningkat, hingga pada akhirnya terjadi burn out. Dengan memprioritaskan me time, kamu dapat menghindari kelelahan yang berlebih.

Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih dalam cara menghindari burn out di dunia kerja, simak artikel Burnout Artinya, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasi yang Ampuh!

Menyegarkan otak agar kembali produktif

Jadwal kegiatan yang padat sepanjang hari bukanlah hal yang menyehatkan, karena otak manusia tidak didesain untuk fokus secara terus-menerus. Maka dari itu, kamu perlu meluangkan waktu untuk mengambil jeda. Dengan begitu, kamu akan kembali produktif.

Meningkatan konsentrasi dan keterampilan problem-solving

Setelah fokus untuk waktu yang cukup lama, mungkin kamu akan mulai merasa kesulitan berkonsentrasi. Inilah saat yang tepat untuk beristirahat sejenak agar pikiran kembali rileks.

Bukan tidak mungkin, kamu akan mendapat ilham di saat kamu tidak terlalu memaksa fokus terhadap suatu masalah.

Menggali pemikiran lebih dalam

Me time adalah waktu yang tepat untuk memikirkan diri sendiri, seperti evaluasi diri dan tujuan pribadi. Dengan begitu, kamu akan lebih paham tentang langkah yang harus diambil pada esok hari.

Memperbaiki work-life balance

Salah satu cara meraih work-life balance adalah menyediakan waktu untuk diri sendiri. Dengan cara ini, kamu juga dapat memilah prioritas yang harus dijalani dalam pekerjaan maupun kehidupan pribadi.

Di dunia kerja yang kompetitif dan penuh tuntutan, apakah mungkin meraih work-life balance? Simak penjelasannya dalam artikel Work-Life Balance Tak Lagi Mitos, ini 5 Cara Meraihnya.

Meningkatkan kesejahteraan diri

Menghabiskan waktu dengan menjalani kegiatan yang kamu sukai akan membuat dirimu merasa lebih puas dan positif dalam hidup.

ide me time

Tips Melakukan Me Time

Apakah kamu masih merasa kesulitan meluangkan waktu untuk diri sendiri? Simak tips yang disampaikan Stress Coach berikut ini.

Bangun 30 menit lebih pagi daripada orang lain di rumah

Jika merasa kesulitan menyediakan me time di penghujung hari, kamu juga dapat memilih melakukannya di pagi hari dengan bangun lebih awal.

Tidak menggunakan gadget untuk sementara waktu

Smartphones adalah benda yang hampir selalu kita pegang setiap saat. Ada baiknya menghindari menggunakan gadget di waktu-waktu tertentu agar istirahat lebih maksimal.

Ke ruang terbuka

Tips selanjutnya adalah memperbanyak waktu di luar ruangan. Jika waktumu terbatas, kamu dapat mencoba makan siang di luar atau berolahraga ringan di luar ruangan.

Menyediakan waktu khusus

Kamu dapat merencanakan waktu khusus untuk me time, misalnya seminggu atau sebulan sekali. Kamu juga dapat mencatatnya di kalender agar tidak terganggu agenda lainnya.

Me Time Produktif dengan Belajar Bahasa Asing!

Kamu juga dapat mengisi me time dengan kegiatan produktif, lho, seperti belajar bahasa asing. Kamu akan menemukan kelas yang tepat sesuai kebutuhanmu di Program Lister.

Untuk informasi promo dan fakta unik belajar bahasa asing lainnya, ikuti Instagram Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.