News Item: Pengertian, Structure, dan Language Features

news item

Kursus Grammar Masterclass – News item adalah teks berita mengenai kejadian tertentu yang biasanya diambil dari sumber jurnalistik. Tujuan penulisan berita adalah memberikan informasi kepada pembaca mengenai peristiwa yang layak diketahui masyarakat umum.

Kamu dapat membaca beberapa contoh news item dalam artikel 5 Contoh Berita Bahasa Inggris Singkat dan Artinya, Penting!

Generic Structure

Secara umum, struktur news item terdiri dari tiga bagian. Ketiganya memuat penjelasan yang berbeda.

Main Event 

Bagian pertama dari struktur news item adalah main event yang berisi newsworthy event atau pendahuluan sebuah berita. Bagian ini umumnya ditulis secara singkat dengan bahasa yang mudah dipahami.

Background Event

Setelah mengetahui gambaran singkat berita di main event, pembaca akan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai waktu kejadian, lokasi, pelaku, dan lain sebagainya. Bagian ini harus berisi 5W + 1H (what, when, where, who, why, how) dan biasa disebut dengan elaboration (penjelasan).

Source

News item adalah berita yang bersifat aktual dan penting. Oleh karena itu, diperlukan sumber (source) yang terpercaya berupa kesaksian seseorang yang terlibat dalam peristiwa tersebut. 

Ilustrasi

Language Features

Ciri-ciri kebahasaan news item dapat diketahui dengan adanya language features berikut.

Menggunakan simple past tense

Simple past tense adalah kalimat dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menceritakan kejadian yang sudah terjadi. Kalimat ini digunakan dalam penulisan news item karena peristiwa yang dimuat sudah terjadi.

Bagaimana cara menggunakan simple past tense? Simak rumusnya dalam artikel Penjelasan Mudah Simple Past Tense, Rumus, dan Contohnya.

Namun news item juga bisa ditulis dengan simple present tense untuk menerangkan fakta yang masih berlangsung hingga saat ini.

Menggunakan saying verbs

Saying verbs adalah kata kerja yang biasa digunakan dalam sebuah percakapan. Kata ini biasa digunakan pada bagian source dalam news item.

Contoh:

  • “She just arrived home at 11 p.m and I heard something explode from her house,” Maria said. – “Ia baru saja tiba di rumah pada pukul 23.00 dan saya mendengar sesuatu meledak di rumahnya,” kata Maria.

Tidak hanya kata said yang merupakan saying verbs, beberapa kata lainnya yang termasuk golongan ini adalah told, asked, dan answered.

Menggunakan action verbs

Action verbs adalah kata kerja yang merujuk pada sebuah aktivitas. Kata ini bisa disebut dynamic verb. Beberapa contoh action verbs adalah walk, write, fight, go, work, dan seterusnya.

Menggunakan adverbs (time, place, manner)

Adverbs adalah kata keterangan dalam sebuah kalimat. Dalam news item terdapat tiga adverbs yang digunakan, yaitu time, place, dan manner.

Types of AdverbsFungsi
Adverbs of timeMenjelaskan waktu
Adverbs of placeMenjelaskan keterangan tempat
Adverbs of mannerMenyatakan bagaimana suatu peristiwa dapat terjadi

Ingin Lanjut Studi di Luar Negeri? Kuasai Bahasa Inggris!

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di luar negeri adalah menguasai bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa internasional. Bekali dirimu dengan keterampilan bahasa Inggris melalui Kursus Grammar Masterclass di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya tentang belajar bahasa asing.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Hanifi Puspasari
Hanifi Puspasari
An English Literature student who loves writing, food, and travel.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.