6 Fakta Unik Andorra, Negara Diantara Prancis dan Spanyol

Negara Diantara Prancis dan Spanyol

Kursus Bahasa Spanyol – Ingin tahu tentang negara yang unik dan misterius yang terletak di pegunungan Pyrenees? Andorra adalah salah satu negara yang paling unik di dunia, terletak tepat negara diantara Prancis dan Spanyol.

Dengan luas wilayah hanya 467,63 km^2, negara diantara Prancis dan Spanyol ini menawarkan pesona yang tak tertandingi. Mari kita telusuri 7 fakta unik tentang negara diantara Prancis dan Spanyol ini.

1. Sistem Pemerintahan Kerajaan Kepangeranan

Andorra adalah sebuah contoh unik dari sistem pemerintahan yang disebut sebagai “kerajaan kepangeranan.” Selama lebih dari 700 tahun, negara ini telah diperintah bersama oleh pemimpin Prancis dan uskup Spanyol di Urgell.

Kombinasi ini menciptakan struktur pemerintahan yang sangat unik di mana dua kepala negara, yakni Presiden Prancis dan Uskup Urgell dari Katalonia, Spanyol, berfungsi sebagai pangeran bersama.

Konstitusi Andorra pertama disahkan pada tahun 1993, membentuk pemerintahan parlementer dan memungkinkan negara ini bergabung dengan PBB dan Dewan Eropa.

Struktur kepangeranan ini menunjukkan bagaimana sejarah dan budaya Andorra telah dipengaruhi oleh kedua negara tetangganya, menjadikan Andorra sebagai negara diantara Prancis dan Spanyol dengan karakteristik unik.

2. Bahasa Resmi Catalan

Andorra menjadi negara yang menarik dalam konteks bahasa, karena merupakan satu-satunya negara di dunia yang memiliki bahasa Catalan sebagai bahasa resmi. Ini menunjukkan pengaruh budaya dan sejarah yang kuat dari wilayah Katalonia di Spanyol.

Meskipun bahasa Spanyol dan Prancis juga digunakan, lembaga-lembaganya didasarkan pada hukum Katalonia, dan sebagian besar penduduk Andorra adalah orang Katalan atau keturunan mereka.

Kehadiran bahasa Catalan di negara ini menambah lapisan kompleksitas dan identitas unik sebagai sebuah negara diantara Prancis dan Spanyol, menegaskan peranannya sebagai titik temu antara dua negara besar tersebut.

3. Memakai Mata Uang Euro

Meskipun Andorra bukan anggota Uni Eropa, negara ini telah menggunakan euro sebagai mata uang utama de facto sejak 2002. Keputusan ini mencerminkan hubungan ekonomi yang erat antara Andorra, Prancis, dan Spanyol.

Pada Juli 2011, Andorra membuat perjanjian moneter dengan UE yang menjadikan euro sebagai mata uang resminya. Menariknya, pemerintah Andorra tidak diberi wewenang untuk menerbitkan uang kertas euro sendiri.

Penggunaan mata uang euro di Andorra adalah simbol lain dari konektivitas yang dalam dengan tetangganya, menegaskan posisinya sebagai negara diantara Prancis dan Spanyol. Adopsi mata uang ini juga menunjukkan komitmen Andorra untuk terintegrasi dengan ekonomi Eropa dan membangun hubungan yang kuat dengan mitra-mitra regionalnya.

Baca Juga: Bahasa Spanyol adalah: Pengertian, Sejarah, Negara Pengguna

4. Tidak Memiliki Tentara dan Bandara

Andorra adalah negara yang tidak memiliki bandara komersial dan tentara nasional. Ukuran negara yang kecil dan topografinya yang bergunung-gunung membuat pembangunan bandara menjadi tantangan teknis dan ekonomis.

Oleh karena itu, wisatawan dan orang-orang yang ingin mengunjungi atau bepergian dari Andorra biasanya harus melalui bandara di Prancis atau Spanyol. Hal ini menciptakan ketergantungan pada infrastruktur transportasi negara tetangga.

Selain itu, Andorra tidak memiliki tentara permanen. Keamanan dan pertahanannya dijamin oleh perjanjian dengan Prancis dan Spanyol. Polisi lokal, yang dikenal sebagai Corbs de Policia d’Andorra, bertanggung jawab atas keamanan internal.

5. Destinasi Wisata Negara Diantara Prancis dan Spanyol

Andorra adalah tujuan wisata yang populer, terutama untuk olahraga musim dingin seperti ski. Ibu kotanya, Andorra la Vella, terletak pada ketinggian sekitar 1.023 meter di atas permukaan laut, menjadikannya ibu kota negara berdaulat tertinggi di Eropa.

Ini memberikan pemandangan pegunungan yang menakjubkan dan iklim yang ideal untuk resor ski. Selain itu, Andorra terkenal dengan belanja bebas pajaknya, yang menarik banyak wisatawan setiap tahun. Pariwisata adalah salah satu sektor ekonomi terpenting di Andorra, menyumbang sebagian besar PDB negara.

6. Hidangan Kuliner yang Lezat

Kuliner Andorra terkenal dengan hidangan rumahannya yang lezat dan mengenyangkan. Dengan pengaruh dari dapur Katalan, Prancis, dan Spanyol, masakan Andorra mencerminkan budayanya yang kaya dan beragam. Hidangan tradisional biasanya termasuk daging seperti domba dan babi, sayuran segar, dan kacang-kacangan lokal.

Salah satu hidangan khas adalah “Escudella,” sebuah sup daging yang sering disajikan selama musim dingin. Penggunaan bahan-bahan lokal dan musiman mencerminkan hubungan erat antara masakan Andorra dengan tanah dan budayanya. Ini adalah bagian integral dari identitas Andorra dan menawarkan pengalaman kuliner yang unik bagi pengunjung.

Secara keseluruhan, Andorra, negara diantara Prancis dan Spanyol, adalah tempat yang penuh dengan keunikan dan keindahan. Dari sejarah dan politik hingga bahasa dan kuliner, ada banyak alasan untuk mengeksplorasi dan menghargai negara kecil ini.

Jadi, jika kamu mencari tujuan wisata yang berbeda, pertimbangkan untuk mengunjungi negara diantara Prancis dan Spanyol ini. Temukan sendiri apa yang membuat Andorra begitu istimewa.

Baca Juga: 10 Kota Besar di Spanyol, Keindahannya Tak Terduga!

Ikut Kursus Bahasa Spanyol, Kenali Sejarahnya Lebih Dalam!

Jika ingin mahir berbahasa asing, maka yang perlu dilakukan adalah latihan dan belajar rutin dengan tutor terbaik. Persiapkan dirimu dengan mengikuti Kursus Bahasa Spanyol di Lister.

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.