Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Negara Berbahasa Prancis di Amerika, Mana Saja?

Negara berbahasa Prancis di Amerika, Lister

Tahukah Kamu?

Dengan lebih dari 77 juta penutur asli dan 220 juta penutur total, Perancis menempati peringkat 10 besar bahasa yang paling umum digunakan masyarakat di seluruh dunia. Berawal dari pengaruh kolonial Perancis yang luas pada abad ke-19 dan ke-20, banyak negara di seluruh dunia mengakui bahasa Perancis sebagai bahasa resmi atau digunakan oleh sebagian besar penduduk mereka. Negara Perancis dengan populasi lebih dari 59 juta tetap menjadi negara dengan penutur bahasa Perancis terbanyak. Meski begitu, apakah bahasa Perancis hanya digunakan di negara Perancis saja? Nyatanya tidak! Beberapa negara-negara di benua Amerika juga menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa resminya.

Baca juga: Gabung Kelas Bahasa Prancis di Lister

negara berbahasa Prancis di Amerika, Lister

Daftar negara yang yang menggunakan bahasa Perancis di Amerika dan Karibia diantaranya termasuk Kanada, Guyana Perancis, Guadeloupe, Haiti, dan Martinik. Guyana Perancis, Guadeloupe, dan Martinik semuanya mengakui bahasa Perancis sebagai bahasa resmi mereka. Untuk lebih jelasnya, simak artikel ini ya!

Negara francophone

Negara yang menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa utama atau resmi.

French Guiana's position in South America.

French Guiana

Guyana Prancis adalah satu-satunya wilayah di Amerika Selatan yang menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa resmi. Guyana Prancis adalah departemen seberang laut Prancis yang terletak di pantai Atlantik Utara Amerika Selatan. Berbatasan dengan Suriname di sebelah barat dan Brasil di sebelah timur. Guyana Prancis adalah satu-satunya wilayah Eropa di daratan Amerika. Ini adalah rumah bagi sekitar 250.000 orang berbahasa Prancis. Ini adalah anggota Uni Eropa dan Zona Euro.

Kanada

Negara Kanada yang berada di benua Amerika bagian utara ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Namun, bahasa Perancis juga menjadi bahasa yang dominan dan banyak digunakan orang-orang di Kanada lho.

Dilansir dari laman bobo.grid.id menyatakan bahwa berdasarkan sensus penduduk dari tahun 2016, bahasa Prancis merupakan bahasa asli atau bahasa sehari-hari yang digunakan 7,2  juta orang di Kanada atau hampir mendominasi 20% jumlah populasi di Kanada.

Bahkan menurut laporan World in Maps, menyatakan bahwa saat ini Kanada memilik lebih dari 10 juta penutur bahasa Prancis yang artinya presentase-nya meningkat menjadi 29.47% dari jumlah populasi.

Haiti

Sedangkan negara yang menempati posisi kedua adalah Haiti dengan lebih dari 4 juta penutur bahasa Perancis atau 42% dari jumlah populasi di negara Haiti.

Namun, sebenarnya masih ada negara-negara lain yang juga menggunakan bahasa Perancis di Amerika seperti Dominica, The Island Of Martinique, Island Of Guadeloupe, Saint Martin, Maria Galante, Islands of Los Santos, Saint Barthelemy, dan La Deseada.

Lalu bagaimana dengan Amerika bagian selatan?

Di Amerika bagian selatan, negara dengan jumlah penutur bahasa Perancis paling banyak adalah Brazil dan Uruguay.

Brazil dengan jumlah 30 ribu atau 0.01% dari populasi, sedangkan Uruguay dengan jumlah 5,204 atau 0.15% dari populasi di sana.

Sekian informasi negara yang menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi atau sebagai bahasa yang dipahami secara umum, semoga bermanfaat!

Ref:

bobogrid.id – Di Kanada, Banyak Penduduk Menggunakan Bahasa Prancis, Kenapa, ya?

worldinmaps.com – Francophone countries

www.worldatlas.com – French Speaking Countries In South America

naijaquest.com – French Speaking Countries In South America, North & Central