Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Ensembel dan Ansambel, Ini Pengertian dan Hubungannya

Ensembel perancis, Lister

Tahukah kamu?

Musik adalah salah satu karya seni yang sudah berkembang sejak dahulu, hingga saat ini tak pernah berhenti inovasinya. Namun, perbedaanya, di zaman yang lebih modern seperti saat ini, musik lebih mengarah sebagai karya seni dan media hiburan yang bersifat universal.

Namun, ketika kamu ingin menyanyikan sebuah lagu dibutuhkan musik pengiring dengan alat musik maupun media lain. Agar semakin epik dan menambah harmoni karya yang indah untuk dinikmati penikmat musik.

Free stock photo of adult, altar, anonymous
pexels.com

Pengertian Ensembel dan Ansambel

Menurut kbbi, ansambel/an·sam·bel/ berarti kelompok pemain musik (penyanyi) yang bermain bersama secara tetap.

Sejalan dengan definisi dari kbbi, musik ansambel yaitu bermain musik secara bersama-sama menggunakan berbagai jenis alat musik dan memainkan aransemen yang sederhana. Kata ansambel memiliki arti rombongan musik atau kelompok kegiatan musik.

Lalu bagaimana dengan ensambel?

Ditinjau dari asal katanya menurut kamus, ensambel berasal dari kata ensemble (Perancis); dan ansamble (Inggris), yang bermakna “bersama-sama”.

Berbicara mengenai sejarahnya, musik sudah ada sejak manusia masih berada di peradaban kuno seperti zaman batu, logam, masa bercocok tanam, hingga berlanjut pada zaman abad pertengahan, dan modern seperti saat ini. Sejalan dengan berbagai tulisan yang ada di dalam sejarah musik dunia, manusia bernyanyi dan bermain alat musik dalam berbagai kegiatan ritual atau upacara tertentu secara bersama-sama.

Sehingga bisa dikatakan cikal bakal perkembangan “musik resital” (permainan musik individual), pada kebudayaan kuno dan primitif, berawal dari permainan musik bersama-sama. Terkait hal ini, permainan musik secara ensembel (bersama-sama) justru lebih dulu muncul dibandingkan dengan permainan musik individu. Hal ini sesuai dengan tatanan masyarakat zaman kuno yang terpola dalam kelompok dan kerjasama. Sehingga berpengaruh dalam kehidupan kesenian mereka, tak terkecuali bidang musik.

Karakteristik Musik Esembel

  • Menggunakan alat musik yang sejenis, misalnya ensemble recorder (ensembel rekorder), ensemble melodion (ensembel pianika), ensemble guitar (ensembel gitar), ensemble flute (ensambel flut).
  • Ensembel musik dalam arti klasifikasi alat musik, menggunakan kelompok alat musik dalam klasifikasi campuran (mixing of musical instruments clasification), seperti string-instrumets ensemble (ensembel musik gesek), yang di dalamnya tergambung permainan musik violin, viola, cello, kontrabas, dan sebagainya.
  • Permainan ensambel musik gesek, tiup kayu, tiup logam, perkusi, combo-band dan chamber music.
  • Ensembel musik bisa dilakukan dalam jumlah pemain musik dan alat yang sedikit maupun banyak.

Hubungan Ensembel dan Ansambel

Musik ansambel pada dasarnya dapat diartikan sebagai permainan berbagai jenis alat musik untuk menciptakan suatu harmoni lagu atau irama dalam waktu bersamaan. Memiliki suara dan fungsi berbeda, setiap instrumen musik ternyata dapat dipadukan sehingga mampu menciptakan irama atau lagu yang indah dan harmonis. 

Selain itu, musik ansambel juga mempunyai kemasan unik sebab setiap pemain perlu bekerja sama guna menciptakan irama yang harmonis dan terdengar indah di telinga. Sehingga, tak aneh jika musik ansambel ini juga menjadi bukti dari perkembangan musik di dunia.

Semoga bermanfaat!

Ref:

www.kompas.com

www.cermati.com