Merchandise adalah: Contoh dan Fungsi di Dunia Pemasaran

Merchandise adalah

Kursus Business English – Jika kamu berkecimpung di dunia pemasaran, mendengar kata merchandise pasti sudah tidak asing lagi.

Namun, jika kamu masih belum tahu secara detail mengenai merchandise adalah dan pentingnya di dunia bisnis. Ulasan di bawah ini akan membahas lengkap mengenai hal tersebut. 

Merchandise adalah

Tahukah kamu, merchandise adalah salah satu alat promosi yang populer digunakan hingga saat ini. Merchandise memiliki sejuta manfaat seperti, meningkatkan brand awareness, bahkan menjadi sumber pendapatan tersendiri jika dijual.

Potensi penjualan merchandise untuk menunjang keberlangsungan bisnis sangat tinggi.

Jenis merchandise juga mudah ditemukan di pasaran. Umumnya, merchandise menghiasi berbagai lokasi jual beli yang ramai pengunjung, seperti pasar, supermarket, mal, dan sebagainya.

Dilansir dari laman Cambridge Dictionary, merchandise adalah barang yang dijual dan beli. Secara menyeluruh, merchandise mengacu pada semua jenis aktivitas yang membantu meningkatkan penjualan produk kepada konsumen, dalam laman Market Business News

Dalam dunia ritel, merchandise adalah penjualan menggunakan desain produk, harga, tampilan, kualitas, dan pengemasan yang menarik untuk mendorong calon konsumen dalam mengeluarkan banyak uang. 

Marchandise tidak hanya terkait dengan produk tapi juga perilaku konsumen tentang kapan dan dimana produk diperkenalkan kepada masyarakat luas. 

Biasanya, merchandise ditunjukkan atau dibuat khusus yang identik dengan suatu acara, brand, atau sosok. 

Dengan menggunakan merchandise, sebuah brand bisa memanfaatkan daya tarik visual dan emosional konsumen. Terutama dalam hal memperkuat identitas mereknya.

Selain itu, merchandise adalah juga tidak hanya seputar produk dan brand tapi juga menjadi sumber pendapatan tambahan dan alat yang efektif untuk membangun komunitas.

Baca juga: Mau Bisnis Ekspor? Ini 7 Ciri-ciri Perdagangan Internasional

Contoh Merchandise

Setelah mengetahui pengertian merchandise adalah, saatnya mengenal apa saja contoh merchandise yang bisa digunakan perusahaan? Kamu bisa menggunakan salah satu dari referensi di bawah ini.

Produk Pokok Sehari-hari 

Produk pokok atau daily product adalah contoh merchandise yang populer. Contohnya adalah makanan, peralatan rumah tangga seperti gelas, mug, atau perlengkapan sekolah seperti pulpen, notebook, gantungan kunci, tote bag, pensil, jam dinding, dan lain sebagainya.

Produk Fashion 

Jenis merchandise selanjutnya adalah produk fashion. Contohnya adalah kaus, jaket, topi, masker, celemek, dan lain-lain. 

Produk fashion memang bisa berfungsi sebagai sarana untuk menonjolkan identitas merek atau tema acara. Seperti kaos dan jaket sering kali menjadi pilihan utama, karena kenyamanan dan kepraktisan dalam penggunaan sehari-hari.

Produk Unik  

Produk unik ini biasanya dipilih oleh tim marketing dari film, girlband, atau boyband yang akan melakukan promosi kepada para fans. Contoh merchandise-nya adalah lightstick, stiker, album, dan lain-lain. 

Lightstick adalah contoh macam macam marchandise yang populer, memberikan pengalaman interaktif dalam konser dan menjadi simbol pengenalan yang kuat.

Stiker dan album adalah pilihan lain yang memungkinkan penggemar untuk mengumpulkan dan mengekspresikan dukungan mereka terhadap artis atau proyek tertentu.

Produk Travel 

Mengenal marchandise adalah lebih jauh, lewat macam-macanya, seperti produk travel adalah jenis merchandise yang umumnya dipilih sebuah biro perjalanan. Contohnya merchandise eksklusif berupa koper dan travel bag

Koper dan travel bag ini tidak hanya berfungsi sebagai alat praktis untuk membawa barang-barang pribadi selama perjalanan, tetapi juga sebagai lambang status dan gaya.

Dengan menyematkan merek atau logo mereka pada produk ini, biro perjalanan dapat menciptakan identitas merek dengan meningkatkan visibilitas merek di tempat umum.

Produk Musiman

Produk musiman adalah merchandise yang diminati pada musim tertentu. Berdasarkan cuacanya, terdapat musim-musim tertentu yang membutuhkan merchandise musiman seperti payung, sweater, cool goggles, minuman ringan, es krim atau yang lainnya.

Demikian pula pada musim festival atau pernikahan, dapat menggunakan merchandise permen, perhiasan, skincare, pakaian, dan lainnya.

Baca juga: Administrasi Bisnis Kerjanya Apa? 7 Prospek Karier Jurusan Ini Menjanjikan Loh!

Fungsi Merchandise bagi Perusahaan

Dalam dunia pemasaran, merchandise digunakan sebagai alat untuk mengkomunikasikan brand image kepada khalayak umum. Merchandise dapat diterapkan dalam berbagai media. Berikut beberapa fungsinya. 

  • Memperkenalkan produk 
  • Mempromosikan brand image
  • Memperluas jaringan bisnis 
  • Meningkatkan penjualan dan menaikkan omset
  • Menarik minat pengunjung dalam suatu event
  • Cenderamata
  • Memuaskan pelanggan dengan meninggalkan kesan baik

Setelah mengenal marchandise adalah, macam-macanya, hingga fungsi dari marchandise, sekarang kamu sudah tau betapa pentingnya membuat produk yang sejalan dengan brand atau tema acara.

Kursus Business English, Raih Peluang Karier Global 

Kosakata yang digunakan dalam dunia bisnis dan pekerjaan tentu berbeda dengan percakapan sehari-hari. Agar kamu semakin percaya diri, ikuti Kursus Business English di Lister.

Sejumlah alumni Lister merasakan manfaat setelah mengikuti Kursus Business English di Lister. Cari tahu kisah dan pengalaman yang didapatkan oleh alumni Lister yang menginspirasi.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.