Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Merchandise adalah: Contoh dan Fungsinya di Dunia Pemasaran

Kursus Business English – Jika kamu berkecimpung di dunia pemasaran, mendengar kata merchandise pasti sudah tidak asing lagi. Namun, jika kamu masih belum tahu secara detail mengenai merchandise adalah dan pentingnya di dunia bisnis, ulasan di bawah ini akan membahas lengkap mengenai hal tersebut. 

Merchandise adalah

Tahukah kamu, merchandise adalah salah satu alat promosi yang populer digunakan hingga saat ini. Merchandise memiliki sejuta manfaat seperti; meningkatkan brand awareness, bahkan menjadi sumber pendapatan tersendiri jika dijual. Potensi penjualan merchandise untuk menunjang keberlangsungan bisnis sangat tinggi.

Jenis merchandise juga mudah ditemukan di pasaran. Umumnya, merchandise menghiasi berbagai lokasi jual beli yang ramai pengunjung, seperti pasar, supermarket, mal, dan sebagainya.

Baca juga: Flyer adalah: Alat Pemasaran dengan Sejuta Manfaat

Contoh Merchandise

Apa saja contoh merchandise yang bisa digunakan perusahaan? Kamu bisa menggunakan salah satu dari referensi di bawah ini.

Produk Pokok Sehari-hari 

Produk pokok atau daily product adalah contoh merchandise yang populer. Contohnya adalah makanan, peralatan rumah tangga seperti gelas, mug, atau perlengkapan sekolah seperti pulpen, notebook, gantungan kunci, tote bag, pensil, jam dinding, dan lain sebagainya.

Produk Fashion 

Jenis merchandise selanjutnya adalah produk fashion. Contohnya adalah kaus, jaket, topi, masker, celemek, dan lain-lain. 

Produk Unik  

Produk unik ini biasanya dipilih oleh tim marketing dari film, girlband, atau boyband yang akan melakukan promosi kepada para fans. Contoh merchandise-nya adalah lightstick, stiker, album, dan lain-lain. 

Produk Travel 

Produk travel adalah jenis merchandise yang umumnya dipilih sebuah biro perjalanan. Contohnya merchandise eksklusif berupa koper dan travel bag

Produk Musiman

Produk musiman adalah merchandise yang diminati pada musim tertentu. Berdasarkan cuacanya, terdapat musim-musim tertentu yang membutuhkan merchandise musiman seperti payung, sweater, cool goggles, minuman ringan, es krim atau yang lainnya.

Demikian pula pada musim festival atau pernikahan, dapat menggunakan merchandise permen, perhiasan, skincare, pakaian, dan lainnya.

Fungsi Merchandise bagi Perusahaan

Dalam dunia pemasaran, merchandise digunakan sebagai alat untuk mengkomunikasikan brand image kepada khalayak umum. Merchandise dapat diterapkan dalam berbagai media. Berikut beberapa fungsinya. 

  • Memperkenalkan produk 
  • Mempromosikan brand image
  • Memperluas jaringan bisnis 
  • Meningkatkan penjualan dan menaikkan omset
  • Menarik minat pengunjung dalam suatu event
  • Cenderamata
  • Memuaskan pelanggan dengan meninggalkan kesan baik

Baca juga: Butuh Ide Peluang Usaha di Kota dan Desa? Ulik di Sini!

Kursus Business English, Raih Peluang Karier Global 

Kosakata yang digunakan dalam dunia bisnis dan pekerjaan tentu berbeda dengan percakapan sehari-hari. Agar kamu semakin percaya diri, ikuti Kursus Business English di Lister.

Sejumlah alumni Lister merasakan manfaat setelah mengikuti Kursus Business English di Lister. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!