2 Cara Menulis Tanggal Dalam Bahasa Inggris Sesuai Format

tanggal dalam bahasa inggris

Kursus Speaking English Menulis tanggal bahasa Indonesia menjadi hal biasa dan tidak rumit. Namun bagaimana jika Anda harus menulis tanggal pada jurnal atau laporan menggunakan bahasa Inggris?

Kamu perlu mengetahui cara menulis tanggal dalam bahasa Inggris agar tidak salah menggunakan.

Seperti penulisan dalam data riwayat hidup yang menggunakan bahasa Inggrisnya tanggal, kamu harus mengetahui formatnya terlebih dahulu, karena di setiap negara memiliki format yang berbeda.

Format tersebut menjadi salah satu hal dasar yang perlu diketahui dengan baik ketika kamu mempelajari bahasa Inggris. Selengkapnya, kamu bisa lihat penjelasannya di bawah ini. 

Cara Menulis Tanggal Dalam Bahasa Inggris yang Benar

Meskipun terdengar hal yang biasa dan dasar, tetapi masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam penulisannya. Hal ini menjadi salah satu bagian penting yang harus kamu perhatikan dengan baik. 

Format penulisan tanggal dalam bahasa Inggris berbeda dengan format bahasa Indonesia. Maka, dengan kamu mengetahui format yang benar akan membantu kamu dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan yang menggunakan bahasa Inggris dengan baik. 

Baca juga: Variasi Kata Selamat Malam Bahasa Inggris Gaul Hingga yang Romantis

Untuk mengetahui penulisan tanggal dalam bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan gaya Amerikan dan British. Sebelumnya, kamu harus ketahui jika ada format untuk penulisan tanggal bahasa inggris dan bulan, serta tahun. 

Secara umum, saat menulis tanggal dalam bahasa Inggris, akan diawali dengan menuliskan bulan, kemudian tanggal, dan tahun.

Seperti penulisan bulan ditulis dengan lengkap, lalu tanggal dan koma, serta tahun yang ditulis lengkap empat angka, tetapi ada juga format yang lain ditulis dengan dua angka saja, seperti 11/12/22. 

penulisan tanggal bahasa inggris

Ilustrasi kalender dengan penulisan tanggal dalam b inggris (DOK.PIXABAY)

Penulisan Tanggal Bahasa Inggris

Sebelum masuk dalam materi untuk penulisan tanggal dalam bahasa Inggris, kamu perlu mengetahui  penyebutan dan cara menulis tanggal dalam bahasa inggris dengan angka atau disebut ordinal number pada bahasa Inggris tanggal 1-31. Berikut daftar angka untuk penulisan bahasa Inggris. 

  • 1st (first)
  • 2nd (second)
  • 3rd (third)
  • 4th (fourth)
  • 5th (fifth)
  • 6th (sixth)
  • 7th (seventh)
  • 8th (eighth)
  • 9th (ninth)
  • 10th (tenth)
  • 11th (eleventh)
  • 12th (twelfth)
  • 13th (thirteenth)
  • 14th (fourteenth)
  • 15th (fifteenth)
  • 16th (sixteenth)
  • 17th (seventeenth)
  • 18th (eighteenth)
  • 19th (nineteenth)
  • 20th (twentieth)
  • 21th (twenty first)
  • 22nd (twenty second)
  • 23rd (twenty third)
  • 24th (twenty fourth)
  • 25th (twenty fifth)
  • 26th (twenty sixth)
  • 27th (twenty seventh)
  • 28th (twenty eighth)
  • 29th (twenty ninth)
  • 30th (thirtieth)
  • 31st (thirty first)
tanggal dalam bahasa inggris

Ilustrasi seseorang mengisi tanggal dalam bahasa inggris dengan schedule yang dimiliki (DOK.PEXELS/
RDNE Stock project)

Penulisan Hari dan Tanggal Dalam Bahasa Inggris

Untuk penulisan tanggal yang biasanya adalah 16th dibaca sixteenth. Sedangkan penulisan hari dalam bahasa Inggrisnya tanggal, jika kamu menggunakan pada hari minggu (sunday).

Jika digabungkan dalam satu format menjadi Sunday, 16th. Namun, jika menggunakan format yang benar seperti penulisan dengan gaya Amerika dan gaya British adalah sebagai berikut,

Baca juga: 7 Ucapan Terimakasih dalam bahasa Inggris Selain Thank You! 

Gaya American (Inggris Amerika)

Penulisan tanggal gaya Amerika menggunakan format bulan/hari/tahun, Month-Date-Year (MM-DD-YYYY). Sedangkan pada penulisan hari bisa kamu tulis sebelum bulan, kemudian koma baru bulan, tanggal, dan tahun. Contohnya  Friday, October 24, 2022 dan 10/7/23 atau 10/7/2023.

Gaya British

Penulisan hari dan tanggal dalam aturan bahasa Inggrisnya tanggal menggunakan dengan gaya British, format yang digunakan untuk tanggal adalah Date-Month-Year (DD-MM-YYYY).

Sedangkan untuk hari, kamu tinggal menambahkannya di depan tanggal. Pada penulisan tanggal British seringkali tidak menggunakan koma, meski penggunaan koma tersebut biasanya jarang terjadi, contohnya Tuesday, 14th March 2023 atau 14/10/2023.

Umumnya, yang membedakan penulisan tanggal dalam gaya Amerika dan gaya British terletak pada urutan tanggal dan bulan.

Namun, ada juga format penulisan tanggal bahasa Inggris yang spesifik, digunakan di kondisi tertentu. Lalu, pada penulisan 17 agustus 1945 dalam bahasa Inggris adalah August 17, 1945 atau 08/17/1945.

tanggal bahasa inggris

Ilustrasi tanggal bahasa inggris untuk bulan Oktober (DOK.PEXELS/Leeloo Thefirst)

Penulisan Tanggal Bahasa Inggris serta Bulan dan Tahun 

Dengan menggunakan dua cara penulisan tanggal bahasa Inggris yang sebelumnya sudah di singgung, untuk jelasnya dalam format tanggal-bulan-tahun biasanya di Inggris, tidak menggunakan koma dan bulan dieja.

Contohnya 5 July 1996 atau penulisan dalam gaya British adalah 11 February 2023 (eleventh of February Two Thousand Twenty-Three). 

Contoh lainnya 8th of August, 2003, pada contoh penulisan tanggal bahasa Inggris, bulan dan tahun dalam bahasa Inggris diatas menggunakan format awalan angka 8th, kemudian ditulis bulan menggunakan preposisi of, lalu dilanjutkan dengan tanda koma, dan tahun.

Selanjutnya untuk penulisan tanggal lahir dalam bahasa Inggris ternyata tidak berbeda dengan penulisan untuk keperluan lainnya.

Di mana pada rincian tanggal lahir dalam bahasa Inggris adalah date of birth, contohnya 19 August 1996 (nineteenth of August Nineteen Ninety-Six). 

Kemudian untuk kepenulisan tempat yang disertai dengan tanggal lahir atau bahasa Inggrisnya place and date of birth.

Jika pada penulisan tempat tanggal dengan bahasa Indonesia adalah Bandung, 11 Juli 1999, maka penulisan tempat tanggal lahir dalam bahasa Inggris Bandung, 11th July 1999 atau Bandung, eleventh of December, nineteen ninety-nine). 

Fri 17th of July 1999 (Friday, seventeenth of July Nineteen Ninety-Nine). Contoh lainnya Saturday, 27th of May 1996 (Saturday, twenty seventh of May Nineteen Ninety-Six).

Terakhir yang perlu buat kamu perhatikan lagi adalah ketika menuliskan tanggal bahasa Inggrisnya, di mana kamu harus memastikan jika sudah menggunakan angka yang ditulis dengan benar.

Baca juga: Menanyakan Kabar dalam Bahasa Inggris? Pakai Variasi Ini

Seperti penulisan 22 tahun dalam bahasa Inggris ada yang hanya menuliskan twenty second (22) dan juga 22 years old (umur 22 tahun).

Tujuan dari mengetahui konsep penulisan tanggal bahasa inggris bisa memudahkanmu dalam memahaminya dengan jelas dan tepat. 

Ada pun format menulis tanggal dalam bahasa Inggris yang umum digunakan adalah “bulan/tanggal/tahun” (month/day/year) untuk negara seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Filipina. 

Selain itu, “tanggal/bulan/tahun” (day/month/year) untuk negara-negara yang mengikuti format Inggris. 

Kamu bisa mengikuti aturan menulis tanggal bahasa Inggrisnya ini untuk menulis dokumen, surat, atau pesan dengan jelas. 

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Speaking English di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk dapatkan penawaran eksklusif setiap bulannya dengan potongan harga menguntungkan, hanya di Promo Lister

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.