Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Mengulik Urgensi Pelatihan Bahasa Asing Bagi Teknisi

Pelatihan bahasa asing untuk teknisi

Lister for company – Di tengah derasnya arus globalisasi, memiliki kemampuan bahasa asing adalah salah satu hal penting dalam berkomunikasi dengan pihak luar tak terkecuali para pekerja teknisi. Saat ini, kemampuan berbahasa asing dapat menjadi nilai tambah karyawan, sehingga peluang karir pun semakin terbuka.

pelatihan bahasa asing untuk teknisi, Lister

Kenapa perlu pelatihan bahasa asing untuk insinyur/teknisi?

Bahasa Inggris adalah bahasa global yang saat ini sudah dimanfaatkan dengan baik bagi orang-orang asal India, Cina, atau Turki. Mereka sudah memanfaatkan kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris misalnya untuk memperluas jaringan bisnis. Lalu, bagaimana dengan pekerja teknik? Apakah mereka perlu mempelajari bahasa asing?

Menguasai kemampuan bahasa Inggris sangat penting dan sudah menjadi sebuah keharusan saat ini. Sangat disayangkan jika pekerja teknik tidak mempunyai ketrampilan berbahasa Inggris yang baik karena akan begitu banyak kesempatan terlewat seperti belajar teknologi yang lebih maju dan cara menguasainya atau kesempatan untuk bekerja di perusahaan level Internasional. Tidak ada kata terlambat untuk belajar bahasa Inggris, semua pekerja teknik usia berapapun mempunyai kesempatan yang sama untuk mengembangkan kemampuan diri dengan menambahkan bahasa Inggris di kualifikasinya.

Tujuan pelatihan bahasa asing untuk insinyur/teknisi

pelatihan bahasa asing untuk teknisi, lister

Diantara tujuan adanya pelatihan bahasa asing untuk para teknisi adalah untuk menciptakan SDM yang berkualitas, menambah kepercayaan klien atau investor asing, dan menambah value bagi teknisi ataupun perusahaan tersebut.

Seorang pakar SDM, Danny Pradana mengatakan, pekerja yang menguasai bahasa asing cenderung memiliki nilai jual tinggi. Terlebih bagi mereka yang bekerja di perusahaan multinasional yang kebanyakan dipimpin para ekspatriat. Bukan hanya untuk kepentingan berkomunikasi dengan Boss saja, mereka yang menguasai bahasa asing juga lebih dilirik bahkan diprioritaskan untuk mengikuti training dan pelatihan di luar negeri. Tak jarang pula ditempatkan sebagai kepala cabang di luar negeri.

Saat ini selain bahasa Inggris, bahasa Jepang, Cina dan Korea pun layak dipelajari.

Terutama bagi mereka yang bekerja di industri elektronik, manufaktur atau otomotif. Bahkan, di sejumlah negara Asia, bahasa China atau Mandarin juga harus dikuasai oleh mereka yang mengaku ingin maju. Bahkan mereka yang menguasai bahasa mandarin bisa dibilang sangat dibutuhkan di pasar kerja.

Manfaat pelatihan bahasa asing untuk insinyur/teknisi

Beberapa manfaat yang akan diperoleh ketika mengadakan pelatihan bahasa asing untuk teknisi

Aspek Komunikasi

1. Sebagian besar teori diajarkan dalam bahasa Inggris. Untuk alasan ini, tingkat kemahiran bahasa Inggris yang diharapkan menjadi sangat penting.

2. Pekerja teknik saat ini harus berkomunikasi dengan rekan yang tersebar di seluruh dunia. Di antara sebagian besar profesional seperti ilmuwan, ahli teknologi, dan pakar bisnis yang memiliki latar belakang budaya dan bahasa yang berbeda, bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa komunikasi yang bisa menghubungkan berbagai orang dari latar belakang yang berbeda.

Aspek Profesional

1. Di dunia saat ini para pemberi kerja mencari lulusan dengan keterampilan komunikasi yang baik disertai dengan pengetahuan teknik. 2. Memiliki keterampilan komunikasi yang baik merupakan aset berharga bagi pekerja teknik. Para profesional dengan pemahaman yang baik akan bahasa Inggris akan dimasukkan ke dalam standar tingkat yang lebih tinggi dalam sebuah perusahaan. Pekerja ini akan mempunyai peluang lebih besar untuk dapat dikirim ke luar negeri untuk bertugas ataupun untuk mengikuti pelatihan.

Bahasa Inggris adalah bahasa universal yang digunakan di banyak bidang pekerjaan termasuk di bidang teknik. Saat ini, sebagian besar buku yang berhubungan dengan teknologi terbaru, makalah akademik, catatan atau webinar, dan komunikasi teknis lainnya banyak yang berbahasa Inggris — meskipun banyak hasil terjemahan yang menyediakan materi teknik dalam beberapa bahasa.

Kemahiran bahasa Inggris dapat memastikan akses ke pengetahuan baru, memungkinkan para pekerja teknik untuk mempelajari lebih lanjut tentang keahlian yang digeluti, berbagi ide dengan orang lain di berbagai belahan dunia melalui media sosial, dan menemukan solusi yang lebih baik untuk masalah yang mereka tangani.