Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Mengapa Orang Harus Bekerja? Ini Jawaban Logisnya

mengapa orang harus bekerja

Untuk meningkatkan taraf hidup, manusia harus terus mengembangkan kemampuan diri. Salah satunya adalah dengan mempelajari bahasa asing. Untuk itu, kamu bisa mengikuti kursus bahasa asing di Lister for Company.

Agar hidupnya bermakna, manusia harus bekerja. Namun pernahkah kamu terpikir alasan mengapa orang harus bekerja? Tentunya tidak hanya sekadar untuk mencari nafkah.

Apa itu Bekerja?

Bekerja atau pekerjaan adalah kesepakatan antara dua pihak yang biasanya didasarkan pada kontrak, yakni di mana satu pihak menjadi pekerja dan pihak lainnya menjadi pemberi kerja,

Pekerja mendapat upah atas hasil kerjanya, yang dihitung dari jam kerja, hasil kerja, atau upah bulanan. Hal ini tergantung kesepakatan di awal masa kerja.

Dalam praktiknya, kontrak kerja dipayungi hukum yang melindungi kedua belah pihak.

Mengapa Orang Harus Bekerja?

Walaupun sudah memiliki sumber daya untuk mencukupi kebutuhan hidup, manusia tetap harus bekerja. Apa saja alasannya?

1. Memenuhi Kebutuhan Hidup

Alasan ini merupakan yang paling mendasar. Manusia harus bekerja untuk mendapatkan penghasilan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan primer sandang, pangan, dan papan.

2. Meningkatkan Kesejahteraan

Setelah kebutuhan primer terpenuhi, orang memikirkan bagaimana meningkatkan kesejahteraannya. Caranya adalah dengan meraih pekerjaan yang lebih baik.

3. Memberi Identitas pada Diri

Kamu mungkin pernah ditanya orang lain, “Apa pekerjaanmu?” Lalu kamu akan menjawab dengan menyebutkan pekerjaanmu. Dengan kata lain, pekerjaan menjadi bagian dari identitas seseorang.

4. Menambah Relasi

Saat bekerja, seseorang akan bertemu dan bekerja sama dengan orang lain. Orang yang terbiasa bekerja sama dengan orang lain akan mempunyai kemampuan sosial yang baik.

5. Meningkatkan Produktivitas

Saat bekerja, seseorang menjadi produktif. Ia akan terdorong untuk menghasilkan karya yang baik.

6. Belajar Menyelesaikan Masalah

Saat bekerja, seseorang akan menghadapi berbagai masalah untuk diselesaikan. Ia akan belajar cara terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

7. Dihormati Orang Lain

Seseorang yang bekerja akan lebih dihargai orang lain daripada tidak bekerja.

8. Membangun Karakter

Saat bekerja, karaktermu akan terbangun. Contohnya menghargai orang lain, menerima pendapat orang lain, mengatur pengeluaran dan pemasukan, serta menghargai waktu.

9. Membawa Kepuasan Diri

Saat melihat apa yang bisa kamu capai dalam pekerjaan, hal itu akan membuat kamu puas dengan diri sendiri.

10. Mengurangi Angka Pengangguran

Dengan bekerja, kamu berkontribusi menekan angka pengangguran di negara.