Cek Materi Bahasa Inggris Kelas 1 SD, Dilengkapi Penjelasan!

materi bahasa inggris kelas 1 SD

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Mengapa penting bagi siswa memahami materi bahasa Inggris kelas 1 SD dengan baik? Jawabannya sederhana: untuk membangun dasar yang kuat dalam penguasaan bahasa asing!

Dalam artikel ini, akan dibahas seputar materi bahasa Inggris kelas 1 SD secara umum. Dengan memahami materi ini, para siswa-siswi akan memiliki dasar yang kuat untuk belajar bahasa Inggris di tingkat yang lebih tinggi.

Materi Bahasa Inggris Kelas 1 SD Semester I

1. Alphabet atau Letter (abjad dalam Bahasa Inggris)

Materi bahasa Inggris kelas 1 SD pertama yaitu mengenal huruf abjad. Alphabet dalam bahasa Inggris terdiri dari 26 huruf, mulai dari A hingga Z. Setiap huruf memiliki cara pengucapan tersendiri. Mengenal abjad adalah fondasi awal dalam belajar bahasa Inggris karena hampir semua kata dalam bahasa Inggris terbentuk dari kombinasi huruf-huruf ini. Contohnya, huruf “A” diucapkan sebagai “ei”, sedangkan “B” diucapkan sebagai “bi”.

2. Numbers (angka dalam Bahasa Inggris)

Angka adalah bagian penting dari komunikasi sehari-hari. Dalam bahasa Inggris, angka dimulai dari one (1), two (2), three (3), dan seterusnya. Mengenal angka tidak hanya penting untuk berhitung, tetapi juga untuk kegiatan sehari-hari seperti menyebutkan harga atau waktu. Ini merupakan materi bahasa Inggris kelas 1 SD yang cukup krusial.

3. Animals (hewan)

Bahasa Inggris memiliki banyak kata yang merujuk pada hewan. Beberapa contoh termasuk cat (kucing), dog (anjing), dan elephant (gajah). Mengenal nama hewan dalam bahasa Inggris dapat memperkaya kosakata dan memudahkan komunikasi, terutama saat berbicara tentang fauna atau kehidupan liar.

Baca Juga: Materi Bahasa Inggris Kelas 12 K13, Wajib hingga Peminatan

4. Colors (warna)

Warna digunakan untuk mendeskripsikan objek, suasana hati, atau perasaan. Beberapa warna dasar dalam bahasa Inggris antara lain: red (merah), blue (biru), yellow (kuning), dan green (hijau). Mengenal warna dalam bahasa Inggris membantu dalam kegiatan sehari-hari seperti berbelanja atau mendeskripsikan sesuatu.

5. Part of body (bagian anggota tubuh)
Tubuh manusia memiliki banyak bagian yang masing-masing memiliki nama tersendiri dalam bahasa Inggris. Beberapa contoh meliputi head (kepala), arm (lengan), leg (kaki), dan eye (mata). Mengenal bagian tubuh sangat penting, terutama saat berbicara tentang kesehatan atau olahraga.

6. Family (keluarga)

Keluarga adalah bagian inti dari masyarakat. Dalam bahasa Inggris, ada berbagai kata yang merujuk pada anggota keluarga, seperti father (ayah), mother (ibu), brother (kakak/adek laki-laki), dan sister (kakak/adek perempuan). Mengenal kata-kata ini memudahkan komunikasi saat berbicara tentang hubungan keluarga atau kegiatan bersama keluarga.

Materi Bahasa Inggris Kelas 1 SD Semester II

1. Kitchen (dapur)

Dapur adalah salah satu ruangan penting dalam sebuah rumah, tempat di mana makanan disiapkan dan dimasak. Dalam bahasa Inggris, banyak kata yang berkaitan dengan dapur, seperti stove (kompor), refrigerator (kulkas), sink (bak cuci), dan oven (oven). Mengenal kata-kata ini memudahkan saat berbicara tentang aktivitas memasak atau alat-alat dapur.

2. Living Room (ruang tamu)

Ruang tamu adalah area di mana anggota keluarga dan tamu berkumpul untuk bersosialisasi atau bersantai. Beberapa kata yang berkaitan dengan ruang tamu antara lain: sofa (sofa), television (televisi), coffee table (meja kopi), dan curtains (gorden). Ruang tamu biasanya dihiasi dengan berbagai perabotan dan dekorasi untuk menciptakan suasana yang nyaman.

3. Clothes (pakaian)

Pakaian adalah hal esensial dalam kehidupan sehari-hari. Dalam bahasa Inggris, ada berbagai kata yang merujuk pada jenis pakaian, seperti shirt (kemeja), pants (celana), dress (gaun), dan hat (topi). Mengenal kata-kata ini penting, terutama saat berbelanja atau mendeskripsikan gaya berpakaian seseorang.

4. Bedroom and Bathroom

Kamar tidur adalah ruangan pribadi di mana seseorang beristirahat atau tidur. Beberapa kata yang berkaitan dengan kamar tidur antara lain: bed (tempat tidur), wardrobe (lemari pakaian), dan nightstand (meja samping tempat tidur).

Sementara itu, kamar mandi adalah ruangan di mana seseorang mandi dan melakukan kegiatan kebersihan lainnya. Kata-kata yang berkaitan dengan kamar mandi meliputi bathtub (bak mandi), shower (shower), toilet (toilet), dan sink (wastafel).

5. Greeting and Partings

Terakhir, materi bahasa Inggris kelas 1 SD, Salam dan perpisahan adalah bagian penting dari komunikasi sehari-hari. Dalam bahasa Inggris, ada berbagai cara untuk memberi salam, seperti “Hello” (Halo) untuk menyapa dan “Goodbye” (Selamat tinggal) untuk berpisah.

Selain itu, ada juga “Good morning” (Selamat pagi), “Good afternoon” (Selamat siang), dan “Good night” (Selamat malam) yang digunakan sesuai dengan waktu sehari-hari. Jadi, itulah pembahasan seputar Materi bahasa Inggris kelas 1 SD.

Baca Juga: Materi Asking and Giving Opinion Kelas 11, Ada Contohnya

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.