Apa itu Konjungsi Temporal? Ini Pengertian, Jenis, hingga Cirinya

konjungsi temporal

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak SMAKonjungsi temporal adalah salah satu jenis konjungsi atau kata penghubung. Konjungsi berfungsi menghubungkan dua satuan bahasa, baik yang sederajat maupun tidak.

Sebetulnya ada berbagai jenis konjungsi dalam bahasa Inggris. Namun pada artikel kali ini secara khusus akan dibahas konjugsi temporal.

Pengertian Konjungsi Temporal

Konjungsi temporal adalah kata atau frasa yang berfungsi memberitahu pembaca kapan suatu peristiwa terjadi. Dalam bahasa Inggris, hal ini disebut time connectives atau temporal conjunction.

Kata-kata yang termasuk dalam konjungsi temporal adalah when, after, before, until, since, while, once, as, dan as soon as. Konjungsi temporal termasuk dalam konjungsi subordinat. Fungsinya adalah menghubungkan peristiwa atau tindakan dalam satu satuan waktu.

Dengan menggunakan konjungsi temporal, penutur atau penulis dapat mengatur urutan peristiwa dengan jelas dalam kalimat-kalimatnya, sehingga memberikan informasi yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti oleh penerima pesan.

Jenis-Jenis Konjungsi Temporal

Konjungsi temporal dibagi menjadi dua macam yaitu konjungsi temporal sederajat dan konjungsi temporal tidak sederajat. 

Sama seperti namanya, istilah dari konjungsi temporal sederajat memiliki sifat yang majemuk atau sebanding. Konjungsi temporal sederajat, umumnya digunakan untuk membantu dalam menggambarkan hubungan antara peristiwa atau kejadian dalam urutan waktu tertentu.

Contoh dari kalimat tersebut adalah, She finished her work, then she went to the gym artinya Dia menyelesaikan pekerjaannya, lalu pergi ke gym.

Sementara kalimat konjungsi temporal tidak sederajat memiliki aturannya sendiri. Kalimat ini lebih menghubungkan satu informasi dalam satu kali kalimat. 

Konjungsi temporal tidak sederajat adalah elemen penting dalam bahasa yang membantu menghubungkan dua peristiwa atau tindakan yang terjadi pada waktu yang berbeda.

Penggunaan konjungsi temporal tidak sederajat dapat memberikan struktur yang lebih teratur pada kalimat dan mempermudah pembaca atau pendengar untuk mengikuti alur cerita. 

Contoh dari kalimat tersebut adalah, He studied while listening to music artinya Dia belajar sambil mendengarkan musik.

Baca juga: Konjungsi Antarkalimat dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

When, Once, As Soon As

Ketiga konjungsi ini secara spesifik membicarakan waktu tertentu saat suatu peristiwa akan terjadi. Berikut contoh konjungsi temporal yang pertama.

When we were in Rome, we went to many sites as possible. Artinya, Ketika kami berada di Roma, kami mengunjungi sebanyak mungkin tempat.

They always close their curtains once the get home in the evening. Artinya, Mereka selalu menutup gorden mereka begitu pulang ke rumah di malam hari.

As soon as we get there, we’ll call you. Artinya, Segera setelah kami tiba di sana, kami akan menghubungi Anda.

Before, After, and Until

Kata before dan after digunakan untuk mendeskripsikan suatu peristiwa di masa lalu atau di masa depan. Saat menggunakan before atau after, klausa utama atau klausa subordinat dapat muncul di awal kalimat.

Berikut contohnya.

She’ll pick you up before she comes here. Artinya, Dia akan menjemput Anda sebelum dia datang ke sini.

After she comes here, she’ll pick you up. Artinya, Setelah dia datang ke sini, dia akan menjemput Anda.

Sementara itu until merupakan konjungsi temporal yang dapat digunakan baik di masa lalu maupun masa mendatang. Dalam hal ini, biasanya klausa utama muncul terlebih dahulu.

I’m going to wait until May sales start to buy a new car. Artinya, Saya akan menunggu hingga penjualan bulan Mei untuk membeli mobil baru.

Baca juga: Apa Itu Frasa? Simak Definisi, 14 Jenis Frasa dan Contohnya

While

Sementara itu kata while digunakan untuk mendeskripsikan tindakan atau peristiwa yang terjadi bersamaan di masa lalu, masa sekarang, dan di masa depan.

Berikut contoh konjungsi temporal yang ketiga.

Can you wait in the car while I run into the shop? Artinya, Bisakah Anda menunggu di dalam mobil sementara saya pergi ke toko?.

They were talking while the teacher was explaining. Artinya, Mereka berbicara ketika guru sedang menjelaskan.

Ciri-Ciri Konjungsi

Konjungsi merupakan bagian penting dalam bahasa yang berfungsi sebagai penghubung antara kata, frasa, atau klausa dalam sebuah kalimat. Ciri khas dari konjungsi adalah kemampuannya dalam mengatur hubungan antara berbagai elemen dalam kalimat.

Konjungsi dapat memberikan petunjuk tentang bagaimana hubungan makna antara kata-kata atau kalimat-kalimat tersebut saling terkait.

1. Membantu munculnya kata kerja tambahan di kalimat

Ciri khas dari konjungsi adalah bahwa mereka berfungsi sebagai penghubung antara elemen-elemen dalam kalimat, terutama dalam hal kata kerja atau verb.

Dalam konteks ini, konjungsi membantu mengatur hubungan makna antara kalimat atau frasa yang terhubung.

Salah satu peran penting konjungsi adalah untuk menghindari pengulangan kata kerja yang sama dalam kalimat yang terkait.

2. Mengekspresikan makna antarverba

Setelah ditempatan bersama, konjungsi menunjukkan bagaimana makna antara kedua kalimat saling berhubungan.

Ciri khusus dari konjungsi, terutama setelah ditempatkan bersama, adalah kemampuannya untuk menunjukkan bagaimana hubungan makna antara dua kalimat yang dihubungkan.

Konjungsi adalah kata atau frasa yang berfungsi sebagai penghubung antara dua kalimat atau frasa dalam satu konteks.

Misalnya, konjungsi “because” akan mengindikasikan bahwa satu peristiwa adalah sebab dari peristiwa lainnya, sementara konjungsi “although” akan menunjukkan kontras atau perbedaan antara dua pernyataan.

3. Menjadi variasi tata bahasa

Konjungsi dapat memperkaya variasi tata bahasa. Sebabnya konjungsi tidak selalu mengikuti tata bahasa yang berlaku. Maka dari itu, konjungsi sering disebut subordinat.

Dalam penggunaannya, konjungsi dapat mengubah struktur kalimat atau klausa secara signifikan, memberikan nuansa hubungan yang lebih spesifik antara berbagai elemen dalam kalimat.

Pasalnya, kalimat tersebut memiliki peran yang lebih kompleks dan bervariasi, konjungsi subordinat sering memungkinkan penutur atau penulis untuk mengekspresikan hubungan sebab-akibat, waktu, tujuan, syarat, dan sebagainya dengan lebih tepat dan efektif.

Dengan kata lain, konjungsi subordinat mampu menciptakan nuansa dan makna yang lebih dalam dalam kalimat, menghasilkan variasi tata bahasa yang kaya dan menghindari kesan monoton dalam komunikasi.

Oleh karena itu, pemahaman tentang penggunaan berbagai jenis konjungsi subordinat menjadi penting dalam membangun struktur kalimat yang bervariasi dan memahami konteks kalimat secara lebih komprehensif.

Baca juga: Correlative Conjunctions: Pengertian, Jenis, dan 3 Aturannya

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak SMA di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.