Kursus Product Management, Raih Peluang Karir Menjanjikan

Kursus Product Management

Kursus Product Management – Di sebuah perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, sangatlah penting untuk menempatkan seseorang dengan kemampuan manajemen produk yang mumpuni. 

Seorang product manager tidak hanya dikenal sebagai seseorang yang merancang produk inovatif tetapi juga memainkan peran penting dalam memahami pasar hingga peluang. 

Oleh karena itu, melalui kursus product management, Lister ingin membuka peluang bekerja bagi para karyawan yang ingin switch career atau sekedar meningkatkan kemampuan soft skill. 

Apa itu product management?

Dilansir dari laman Product Plan, product management merupakan strategi dalam mengembangkan suatu produk dan jasa di sebuah perusahaan. 

Tak hanya itu saja, analisa yang mendalam serta menciptakan produk secara strategis juga harus ada dalam kemampuan manajemen produk. 

Mulai dari perencanaan, peluncuran, hingga peningkatan penjualan hingga perusahaan mencapai tujuannya. 

Seseorang yang mengemban posisi product management disebut juga dengan product manager, memiliki berbagai macam tugas dan fungsi dalam sebuah perusahaan. 

Dengan begitu seorang PM wajib menjalin kerjasama yang baik untuk bisa berkomunikasi secara efektif dengan tim atau departemen lain di sebuah perusahaan. 

Kemampuan untuk mengintegrasikan perspektif pelanggan dengan strategi bisnis merupakan keahlian krusial yang dimiliki oleh seorang product manager. 

Menjabat dengan posisi product management bukan sekadar posisi di dalam tim, melainkan merupakan pilar utama yang menghubungkan visi strategis perusahaan dengan kebutuhan konsumen untuk perusahaan. 

Melihat banyaknya perusahaan yang sedang highly hiring product manager, Lister ingin membuka peluang setiap individu dengan menghadirkan kursus product management bagi kamu yang ingin swicth career. 

Ilustrasi alur pekerjaan seorang product manager (DOK RAWPIXEL/FREEPIK)

Kemampuan yang diajarkan dalam kursus product management

Sebelum mengikuti kursus product management ketahui lebih banyak seputar kemampuan atau skill apa saja yang harus dimiliki oleh seorang product manager. 

Salah satu kemampuan yang penting ada dalam diri adalah mengintegrasikan perspektif pelanggan dengan strategi bisnis. 

Dalam kursus product management, peserta akan diajarkan bagaimana caranya untuk mampu membimbing perusahaan dan karyawan melalui perubahan dinamis dalam lingkungan bisnis yang sehat. 

Adanya pengembangan dan cara untuk terus mengasah keterampilan product management menjadi suatu keharusan untuk siapa pun yang ingin memainkan peran sentral dalam kesuksesan dan pertumbuhan perusahaan modern.

Berikut, ada sedikit penjelasan seputar kemampuan dasar apa saja yang akan kamu dapatkan dalam kursus product management. 

Terus melakukan penelitian: Product managers harus mampu memiliki pengetahuan seputar pasar yang menjadi target perusahaa, pengguna dan kompetitor. 

Adanya pengembangan strategi: Pengembangan pengetahuan tentang sebuah industri sehingga bisa dengan mudah menarik kesimpulan tentang rencana bisnis dan stategi terbaik. Seperti dengan melakukan riset produk, tujuan dan sasaran, hingga gambaran umum sebuah produk. 

Melakukan komunikasi yang terencana: Seorang product managers juga harus bisa melakukan komunikasi yang baik untuk bisa mempresentasikan produk hingga strategi pemasaran yang akan dijalani kepada eksekutif, investor, dan tim developers.

Menganalisa feedback: Dalam kursus product management, para peserta juga akan diajarkan caranya menganalisa feedback sehingag bisa menjadi nilai tambaha atau masukan pada produk atau cara kerja pemasaran yang baik.

Prospek karier seorang product manager

Sebelum memantapkan hati lebih jauh untuk mengikuti kursus product management, ada baiknya kamu mengetahui karier dari seorang product manager di industri kerja. 

DI beberapa perusahaan, ada yang menawarkan jenjang karier sebagai berikut, 

  • Junior product manager
  • Senior product manager
  • Director of product
  • VP of product 

Seiring berjalannya waktu, seorang product manager sering kali berkembang menjadi pemimpin tim yang efektif. 

Kemampuan untuk mengelola dan memotivasi tim produktif sangat dihargai dan membuka pintu untuk peran kepemimpinan yang lebih besar.

Bedanya product management dan business development

Setelah mengetahui seputar product management, saatnya mengenal bedanya dengan business development. 

Product management bertumpu pada pengembangan dan pengelolaan produk, memastikan bahwa produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan visi strategis perusahaan. 

Sebaliknya, business development mengejar pertumbuhan perusahaan melalui pengembangan pasar, kemitraan strategis, dan identifikasi peluang bisnis baru. 

Singkatnya, product manager lebih pada mengembangkan dan mengelola suatu produk sementara business development fokus pada identifikasi dan pencarian sebuah peluang baru untuk tumbuhnya bisnis di suatu perusahaan. 

Kursus product management langsung dengan ahlinya

Lister merupakan tempat terbaik untuk memperdalam pemahaman siapapun yang berkeinginan dan memiliki ketertarikan tentang manajemen produk. 

Melalui kursus product management yang ada di Lister, kamu bisa memperdalam pengetahuan berupa teori dalam text book atau power point hingga praktek dalam case studi yang diberikan. 

Tak perlu bingung dengan setiap kelas dan latihan yang diberikan, karena setiap peserta akan didampingi oleh tim akademik dan tutor untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. 

Dapatkan pengetahuan mendalam tentang product management, pahami aplikasi praktisnya, dan peroleh sertifikasi yang diakui oleh berbagai instansi.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh rawpixel.com di freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.