Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Ketahui TOEFL Test Structure, Biar Persiapan Lebih Maksimal

toefl test structure

Ingin melamar di universitas luar negeri? Kamu wajib mempersiapkan diri dengan skor TOEFL sesuai yang diminta. Untuk itu, kamu bisa mengikuti Les TOEFL sebagai persiapan.

Dalam Panduan Tes TOEFL, salah satu saran yang dicantumkan adalah mempelajari struktur tes terlebih dahulu. Kamu perlu mengetahui jumlah soal, skor, dan waktu yang disediakan dalam setiap seksi.

Dengan mengetahui TOEFL test structure, kamu bisa mengalokasikan waktu dalam setiap seksi dengan baik. Dengan begitu, kamu akan bisa mengerjakan tes secara maksimal.

TOEFL Test Structure

TOEFL mengukur empat kemampuan akademik berbahasa, yakni Reading, Listening, Speaking, dan Writing.

Berikut penjelasan lebih rinci tentang bagaimana tes, termasuk Home Edition dan Paper Edition, disusun, dikelola, dan dinilai.

Total Waktu

Total waktu pengerjaan tes adalah 3 jam.

Reading Section

Reading Section terdiri dari 3-4 bagian, masing-masing terdiri dari 700 kata.

Setiap bagian fokus pada pokok pembicaraan tertentu (compare/contrast, cause/effect). Setiap bagian memiliki 10 pertanyaan.

Waktu seksi 54-72 menit. Skor untuk seksi ini 0-30.

Listening Section

Listening Section terdiri dari 2 bagian, yakni mendengarkan pembacaan materi dan percakapan.

Pembacaan terdiri dari 3-4 materi, beberapa di antaranya disertai diskusi kelas. Pembacaan masing-masing materi selama 3-5 menit. Peserta diberi 6 pertanyaan dari bagian ini.

Bagian selanjutnya terdiri dari 2-3 percakapan selama 3 menit. Peserta diberi 5 pertanyaan dari bagian ini.

Waktu seksi 41-57 menit. Skor untuk seksi ini 0-30.

Speaking Section

Speaking Section terdiri dari 4 tugas, yakni 1 tugas mandiri untuk mengekspresikan pendapat atas suatu topik yang familiar serta 3 tugas terintegrasi berdasarkan apa yang dibaca dan didengar.

Siswa diberikan 30 detik untuk persiapan dan 1 menit untuk merespons.

Waktu seksi 17 menit. Skor untuk seksi ini 0-30.

Writing Section

Writing Section terdiri dari 2 tugas. Tugas 1 adalah tugas terintegrasi berdasarkan apa yang dibaca dan didengar, berlangsung selama 20 menit. Tugas 2 adalah tugas mandiri untuk mendukung suatu pendapat atas topik tertentu, berlangsung selama 30 menit.

Waktu seksi 50 menit. Skor untuk seksi ini 0-30.

Scoring

Total skor yang maksimal dapat diraih adalah 0-120. Seksi Speaking dan Writing dinilai oleh gabungan AI dan penguji tersertifikasi.