Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

7 Tips Belajar TOEFL Online, Anti-Stres Sebelum Tes!

belajar toefl online

Punya cita-cita kuliah atau belajar di luar negeri? Kini banyak negara yang mensyaratkan skor TOEFL, lho. Kamu disarankan mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus TOEFL.

Apakah kamu sedang mempersiapkan diri menghadapi TOEFL? Jika ya, maka kamu akan membutuhkan sejumlah tips belajar TOEFL berikut ini. Simak selengkapnya, ya.

blogpost inggris beasiswa

Apa itu TOEFL?

TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Tes terstandarisasi ini bertujuan mengukur kemampuan berbahasa Inggris bagi pembicara non-native yang hendak melamar di perguruan tinggi berbahasa pengantar Inggris.

Tes ini diterima lebih dari 11.000 universitas dan institusi di lebih dari 190 negara dan teritori. TOEFL adalah satu dari dua tes bahasa Inggris di dunia, selain IELTS.

TOEFL dikembangkan Educational Testing Service (ETS), sebuah organisasi swasta nonprofit. ETS menerbitkan laporan skor resmi yang nantinya dikirim secara mandiri ke institusi dan berlaku dua tahun setelah tes.

Tips Belajar TOEFL Online

Kini belajar TOEFL tidak hanya dapat dilakukan melalui kelas formal. Kamu juga bisa belajar mandiri secara online. Bagaimana tipsnya?

1. Pelajari setiap seksi TOEFL

TOEFL terdiri dari empat seksi yang masing-masing mewakili kemampuan yang diujikan. Mulai dari Reading, Listening, Speaking, hingga Writing.

Pelajari struktur seksi ujian agar dapat mempersiapkan diri dengan baik. Informasi ini bisa kamu peroleh secara online.

2. Uji diri sendiri dengan latihan soal

Kamu bisa mencari simulasi tes di berbagai website belajar TOEFL. Uji kemampuanmu mengerjakan latihan soal dengan dibatasi waktu.

3. Rekam diri sendiri untuk melatih kemampuan berbicara

Cara terbaik melatih kemampuan berbicara adalah dengan merekam diri sendiri. Putar kembali rekaman dan evaluasi kemampuanmu. Catat bagian di mana kamu kurang mahir.

Kamu juga bisa mencari tips belajar berbicara di berbagai website belajar TOEFL.

4. Ikuti forum belajar online

Kamu bisa mengikuti berbagai komunitas atau forum belajar TOEFL online. Kamu akan mendapat banyak masukan, komentar, dan tips dari sesama peserta TOEFL.

5. Ikuti kelas TOEFL online

Jika masih dirasa kurang, kamu bisa mengikuti kelas TOEFL online. Salah satunya adalah di Lister Preparation Course for TOEFL. Di sini kamu juga akan mendapat Panduan Test TOEFL.

Kamu akan belajar strategi dan trik khusus untuk mengerjakan soal hingga manajemen waktu agar dapat meraih target skor TOEFL sesuai harapan.