Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

5 Tips Belajar TOEFL Mudah, Bisa Kamu Lakukan di Rumah

tips belajar toefl

Mempersiapkan diri menghadapi TOEFL bisa jadi pengalaman yang melelahkan. Agar kamu merasa percaya diri, kamu bisa mengikuti Kursus TOEFL di Lister.

Cara belajar TOEFL kini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, bahkan di rumah sekalipun. Apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi TOEFL? Simak tips belajar TOEFL berikut ini.

blogpost inggris beasiswa

Membaca Setiap Hari

Setiap pembicara bahasa Inggris native menambah kosakata mereka dengan membaca. Semakin luas bahan bacaan kamu, semakin banyak kosakata dan topik yang kamu dapatkan.

Carilah bahan bacaan dengan tema yang beragam untuk membuat kamu semakin menguasai banyak topik dalam bahasa Inggris. Siapa tahu salah satu topik tersebut akan muncul saat tes.

Mendengarkan Podcast

Ada banyak podcast berbahasa Inggris yang bisa kamu akses secara daring. Contohnya BBC dan NPR.

Mendengarkan pembicara bahasa Inggris native dengan kecepatan berbicara mereka akan membantu pendengaranmu.

Kamu juga bisa meningkatkan kemampuan berbicara dengan menirukan pelafalan si pembicara. Memahami rekaman lebih sulit daripada memahami video, karena lebih minim konteks. Maka dari itu, menggunakan podcast untuk melatih pendengaran lebih baik daripada menonton film atau siaran televisi.

Belajar Mengetik

Tips yang satu ini mungkin tidak kamu duga. Namun tips ini akan sangat berguna saat kamu mengerjakan seksi Writing.

Bagi kamu yang tidak terbiasa mengetik dengan cepat di keyboard, mungkin nantinya akan kesulitan. Belum lagi kamu harus memikirkan apa yang akan kamu tulis sebagai jawaban.

Skill ini terdengar sepele, tetapi akan sangat bermanfaat untuk kamu pelajari sebelum tes berlangsung.

Mencatat dengan Baik

Selama tes TOEFL, rekaman audio hanya diputar sekali. Kemudian kamu harus menjawab pertanyaan, berbicara, atau menulis berdasarkan subjek yang kamu dengar.

Kamu tidak bisa mengulang rekaman audio. Maka dari itu, kamu harus mencatat dengan baik.

Kamu bisa berlatih sebelumnya dengan mencatat rekaman audio apapun. Lalu cocokkan kembali hasil catatanmu dengan rekaman audio yang kamu gunakan untuk latihan tersebut.

Perhatikan detail kecil yang mungkin kamu lewatkan. Kemampuan mencatat tidak hanya akan berguna untuk TOEFL, tetapi juga studi atau pekerjaan di masa depan.

Ikuti Simulasi Tes

Saat kamu mengikuti TOEFL, kamu akan menargetkan skor tertentu. Kamu hanya bisa memprediksi skor TOEFL kamu dengan mengikuti simulasi tes.

Kamu juga bisa merasakan suasana tes, jenis pertanyaan, dan hambatan yang mungkin kamu alami.

Untuk mempersiapkan diri, kamu bisa mengikuti LISTER Preparation Course for TOEFL iBT. Di sini kamu akan mendapatkan strategi dan tips khusus untuk mengerjakan soal, membahas, dan manajemen waktu agar dapat meraih target skor sesuai harapan.