5 Ide Kerja Paruh Waktu di Australia untuk Mahasiswa

kerja paruh waktu

Bimbingan Master Degree –  Banyak mahasiswa Indonesia yang kuliah di Australia mencari kerja paruh waktu.  Baik mahasiswa penerima Beasiswa maupun dana pribadi. 

Hal ini karena kebutuhan hidup di luar negeri  cukup tinggi dan juga penghasilan dari part time sangat membantu menjalani kehidupan di Australia. 

Kerja paruh waktu untuk mahasiswa abroad 

Mengambil pekerjaan paruh waktu adalah hal yang biasa untuk mahasiswa abroad atau mahasiswa yang kuliah di luar negeri. 

Hal ini bisa menjadi kesempatan untuk berinteraksi dengan penduduk asli, bersosial, menambah ilmu dan skill juga cara untuk menambah uang saku. 

Kerja paruh waktu banyak dipilih karena tidak takut mengganggu waktu perkuliahan maupun belajar dan juga gaji part time yang dibayarkan per jam nya secara umum. 

Beberapa negara memberikan batasan pada mahasiswa untuk bekerja di Australia pada waktu tertentu dan juga bidang tertentu. Sehingga untuk mengambil kerja paruh waktu memang harus disesuaikan aturan negara dengan keinginan kerja mahasiswa. 

baca juga : 5 Universitas di Australia Tahun 2023 Versi Times Higher Education, Apa Sajakah?

Kerja paruh waktu di Australia untuk mahasiswa

Kerja paruh waktu di Australia adalah ide yang bagus untuk mahasiswa abroad. Negara ini memberikan kesempatan untuk mahasiswa jika ingin bekerja di tengah kesibukan mendalami pendidikan. 

Ada beberapa insight tentang bekerja paruh waktu di Australia, diantaranya adalah 

1. Batasan waktu kerja 

Bekerja paruh waktu di Australia memberikan batasan waktu kerja untuk para mahasiswa yang ingin mengambil part time. Mahasiswa memiliki jam kerja maksimal 20 jam/minggu atau juga 40 jam/2 minggunya. 

Berarti jika mahasiswa ingin menjalani part time bisa mengambil 4 jam/hari selama 5 hari kerja. 

Namun untuk mahasiswa yang sedang menjalani masa liburan maka bisa mengambil kerja lebih dari 40 jam /minggu nya. 

Jam kerja nantinya akan diatur oleh manajer di perusahaan kamu bekerja. Sehingga pastinya aturan jam kerja ini akan lebih ketat.

2. Izin dari universitas 

Untuk bisa bekerja part time, mahasiswa wajib untuk mengkonfirmasi atau melihat aturan dari universitas. Sebab ada beberapa universitas yang memberikan ketentuan aturan tertentu terkait kerja paruh waktu yang diambil oleh mahasiswa.  

3. Visa menjadi hal penting

Salah satu syarat agar bisa bekerja di Australia adalah memiliki visa belajar yang aktif dan tentu saja masih aktif dalam studi. Karena dengan masih aktif pendidikan dan visa akan memudahkan proses melamar pekerjaan jadi lebih mudah. Visa pasti akan selalu di cek ya! 

Jadi itulah beberapa ketentuan yang dibutuhkan jika ingin bekerja sebagai part time di Australia. 

Ide kerja paruh waktu di Australia untuk mahasiswa 

Berikut adalah beberapa ide kerja paruh waktu di Australia. Diantaranya adalah 

1. Penjaga toko / swalayan 

Penjaga toko adalah salah satu pekerjaan freelance yang bisa dicoba untuk mahasiswa yang kuliah di Australia. 

Untuk bisa mengikuti pekerjaan menjadi penjaga toko atau Swalayan diperlukan kemampuan perhitungan yang baik, pengetahuan tentang produk,  kemampuan Komunikasi untuk melayani pelanggan  dan juga  kemampuan berhitung. 

 Tidak sulit untuk menjalankan pekerjaan ini hanya saja  pastikan kamu memiliki kemampuan bahasa Inggris yang benar-benar fasih dan juga kemampuan komunikasi yang baik. 

2. Pelayan restoran 

Ada beberapa posisi yang cocok diisi oleh partai untuk menjadi pelayan restoran atau Cafe.  umumnya untuk pekerja paten ditempatkan untuk   karyawan pencuci piring,  atau juga pengantar makanan. Untuk pekerjaan ini di Australia dibayar lumayan tinggi per jamnya. 

Untuk kasir maupun memasak di dapur umumnya dipegang oleh seseorang yang sudah ahli.  Kamu bisa mencoba pekerjaan ini  untuk menambah uang saku. 

Diperlukan kemampuan bekerja cepat dan juga  kemampuan Komunikasi untuk melayani pelanggan. 

3. Mentor bahasa 

Jika ada  native speaker   yang ingin belajar bahasa Indonesia,  kamu bisa mengajarinya melalui program mentoring bahasa.  Yang tentunya bisa  menjadi bisnis sampingan. 

Kamu bisa mengikuti atau bergabung dengan Lembaga Kursus untuk menjadi mentor atau juga membangun brand sendiri untuk les privat bahasa Indonesia.  Kamu bisa membuka  kerja part time online untuk mengajar bahasa ini. Ada beberapa hal yang membuat orang tertarik belajar bahasa Indonesia. 

 Misalnya untuk keperluan karir,  ketertarikan budaya,  kebutuhan studi dan lainnya. 

4. Housekeeping 

Pekerjaan paruh waktu lainnya yang terbuka di Australia adalah housekeeping. Adalah pekerjaan perawatan rumah seperti menjaga kebersihan rumah. 

Dengan cara mengerjakan tugas-tugas kebersihan merawat tanaman merapikan furniture dan peralatan rumah dan juga memperbaiki barang yang rusak.  Pekerjaan ini lumayan memiliki gaji tinggi di Australia untuk  kerja paruh waktu. 

Waktu untuk kerja ini menyesuaikan dengan aturan dari pemilik rumah.  Bisa beberapa kali dalam seminggu atau jadwal fleksibel lainnya. 

5. Tour guide 

Banyak mahasiswa Indonesia di Australia yang mengambil freelance atau kerjasama menjadi tour guide. 

Umumnya mereka memandu wisata untuk para  wisatawan asing  maupun wisatawan dari Indonesia.  Ada banyak  orang dari Indonesia yang pergi ke Australia untuk pekerjaan  dinas dari kantor swasta maupun dari pemerintahan. 

Hal ini disambut baik untuk para mahasiswa Indonesia sebagai kerja sampingan yang menghasilkan. 

Namun untuk menjadi terkait kamu perlu menguasai  tempat dan juga rute perjalanan maupun objek wisata agar bisa memberikan rekomendasi wisata yang tepat atau juga pemandu lokasi yang tepat kepada wisatawan. 

Mungkin anda suka : Kota Tertua di Australia Adalah Sydney, Simak 5 Fakta Menariknya

Kenapa gaji  kerja paruh waktu di Australia? 

Penggajian karyawan paruh waktu tergantung dengan jenis pekerjaan yang sudah diselesaikan,  lokasi tempat dia bekerja,  ukuran perusahaan, pengalaman dan lain sebagainya.

 Namun jika kita melihat rentang gaji untuk part time,  maka ada di angka  20 AUD  sampai dengan 30 AUD. 

Jika dirupiahkan angka ini berkisar Rp200.000 sampai dengan 300.000 per jamnya. Jika kamu mengambil 20 jam (4 jam/hari) dalam seminggu maka bisa sampai 4 juta/minggu nya untuk penghasilan kerja tersebut. 

Namun hal ini kembali lagi dengan banyak faktor yang mempengaruhi penggajian karyawan.  Selain itu sebagai mahasiswa kamu juga  mengorbankan waktu belajar atau istirahat untuk bekerja.  Sehingga  manajemen waktu sangat diperlukan Jika kamu ingin mengambil part time di Australia. 

Dapatkan beasiswa,  bisa kuliah dan bekerja di negara  Kangguru! 

Ingin bekerja dan juga kuliah di luar negeri?  kamu bisa mengikuti program pendanaan atau beasiswa di berbagai universitas di Australia. 

Mencari beasiswa  bisa mengikuti mentoring beasiswa dari Lister.  Melalui kelas bimbingan S2 di luar negeri, Lister akan membantu kamu Mencari informasi  beasiswa Lengkap dengan  step mempersiapkan kebutuhan dokumen beasiswa. 

Mentor di Lister sudah berpengalaman menjadi awardee  sehingga bisa membantu kamu  memberikan tips,  strategi,  dan langkah yang tepat  agar bisa mendapatkan beasiswa ke Universitas atau negara yang kamu inginkan. 

Ikuti Instagram Lister  untuk mendapatkan  informasi  terbaru terkait program Lister.  Daftar program bimbingan S2 Luar Negeri sekarang dengan potongan harga 10%.  potongan ini berlaku untuk kamu yang membeli kelas senilai 1 jutaan. 

Manfaatkan promo  dengan  mendaftar kelas sister  dan klaim kode promo BLOGLISTER10  saat pendaftaran  melalui WhatsApp Lister

Sumber gambar : drazenzigic di Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.