7 Strategi Raih Beasiswa Luar Negeri Tanpa Stres, Ampuh!

strategi beasiswa luar negeri

Mentoring Beasiswa – Proses seleksi beasiswa memang sangat kompetitif, tetapi bukan tak mungkin. Agar proses pendaftaran berjalan mulus dan kamu lolos sebagai awardee, terapkan strategi raih beasiswa luar negeri berikut ini.

7 strategi raih beasiswa luar negeri

Ada beberapa strategi dari Lister yang sudah dirangkum untuk kamu yang sedang fokus menggapai beasiswa luar negeri.

1. Riset

Setelah memutuskan akan melanjutkan pendidikan dan melamar beasiswa, strategi raih beasiswa luar negeri yang pertama yang wajib kamu lakukan adalah riset. Kamu harus mencari tahu berbagai lembaga beasiswa yang bisa menawarkan pendanaan sesuai kebutuhanmu.

Masing-masing beasiswa menawarkan skema pembiayaan dengan syarat yang berbeda. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat riset adalah:

  • Negara tujuan, ada beasiswa yang menargetkan tempat kuliah awardee di negara atau universitas tertentu.
  • Program studi, beberapa beasiswa menargetkan awardee yang akan menjalani studi di bidang tertentu, biasanya sesuai dengan visi misi lembaga penyedia beasiswa tersebut.
  • Jenjang pendidikan, terdapat beasiswa yang fokus pada pendidikan di jenjang tertentu, misalnya sarjana atau pascasarjana.
  • Universitas, terkadang universitas menyediakan beasiswa untuk mahasiswa asing agar dapat menyajikan pengalaman belajar yang inklusif dan multikultural di lingkungannya.
  • Skema pembiayaan, tidak semua beasiswa menyediakan pembiayaan penuh (fully funded), tetapi ada pula yang hanya menawarkan pembiayaan sebagian (partially funded). Selain itu, perhatikan pendanaan lain yang ditawarkan bersama dengan biaya pendidikan, misalnya biaya hidup, biaya akomodasi, biaya penelitian dan laboratorium, asuransi kesehatan, dan lain-lain.

Tips penting yang perlu kamu ketahui adalah hubungi pihak penyedia beasiswa secara langsung. Kamu dapat menghubungi melalui telepon, e-mail, media sosial, atau cara lain yang mereka sediakan.

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan informasi secara akurat. Tak hanya itu, kamu menunjukkan diri sebagai pelamar yang memiliki inisiatif dan memiliki niat yang kuat.

Nah, jika kamu belum yakin beasiswa mana yang akan dituju, artikel berikut dapat menjadi referensi buatmu 25 Beasiswa Fully Funded Paling Diincar, Mana Pilihanmu?

2. Profil penyedia beasiswa

Masing-masing lembaga yang menyediakan beasiswa memiliki fokus tertentu yang menjadi visi misi mereka. Kamu dapat mencari tahu hal ini melalui situs atau media sosial resmi mereka.

Sebagai contoh, ada lembaga beasiswa yang fokus di bidang pengembangan teknologi kesehatan, perubahan iklim, atau permasalahan sosial di negara berkembang.

Strategi raih beasiswa luar negeri adalah jika kamu menempuh studi sesuai di bidang yang menjadi perhatian mereka, akan lebih baik lagi. Kamu juga akan memperoleh pengalaman networking di bidang tersebut.

strategi raih beasiswa luar negeri
Strategi raih beasiswa luar negeri | Sumber : Freepict

3. Esai

Seringkali proses seleksi beasiswa mensyaratkan pelamar menyertakan esai. Beberapa contoh esai yang umum adalah motivation letter, personal statement, future plan, study plan, dan lain-lain.

Dalam mempersiapkan esai, kamu tidak boleh sembarangan. Seperti yang disebutkan di atas, setiap penyedia beasiswa memiliki visi misi khusus yang dijalankan melalui program mereka.

Strategi raih beasiswa luar negeri untuk menulis esai yang baik dan menarik perhatian, pastikan kamu menyesuaikan tujuan studi dan rencana masa depan selaras dengan visi misi lembaga penyedia beasiswa.

Sebagai contoh, sampaikan bagaimana studi manajemen bisnis yang kamu pilih akan membantu kamu dalam rencana pemberdayaan UMKM di area tempat tinggalmu.

Menulis esai semacam ini cukup sulit dan membutuhkan persiapan yang matang. Pastikan kamu sudah mengerjakannya dari jauh-jauh hari agar hasilnya lebih maksimal.

Lantas, seperti apa contoh esai beasiswa yang baik sebagai strategi raih beasiswa luar negeri? Simak penjelasan dan contohnya dalam artikel 5 Tips Menulis Essay Beasiswa yang Buat Kamu Dilirik!

4. Tonjolkan keunikan pribadi

Panitia seleksi beasiswa harus melakukan screening ratusan bahkan ribuan esai dan latar belakang pelamar. Agar esai yang kamu tulis menarik perhatian, pastikan kamu menegaskan hal yang membuatmu unik. Ini menjadi strategi raih beasiswa luar negeri yang tidak semua orang bisa.

Hindari menyebutkan alasan yang terlalu umum, seperti “Saya ingin mempelajari kebudayaan baru,” atau, “Saya tertarik dengan bahasa Prancis.” Sebagai gantinya, kamu dapat menyebutkan alasan yang bersifat personal atau merupakan persoalan nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, kamu ingin mengatasi kasus bullying yang terjadi di sekolah dasar keponakanmu, kamu tertarik dengan tradisi yang hampir punah di kampung halaman, atau kamu ingin menemukan solusi untuk pengelolaan limbah UMKM setempat.

5. Lengkapi CV akademik

Dalam proses pendaftaran, kamu akan diminta mengunggah CV akademik atau formulir identitas diri dalam bentuk lainnya. Di sini kamu perlu mencantumkan segala bentuk prestasi akademik dan non-akademik yang menonjol.

Umumnya, beasiswa untuk pendidikan di luar negeri mewajibkan pelamar mengirim ijazah atau transkrip nilai yang sudah diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah. Pastikan kamu memperhatikan syarat ini dengan baik.

Agar CV akademik mudah dipahami, kamu dapat menggunakan contoh format yang ada dalam artikel 8 Tips Membuat CV Beasiswa dan Contoh Template Format.

6. Profil awardee beasiswa

Strategi raih beasiswa luar negeri lainya untuk mengetahui potensi kamu diterima adalah dengan mencari tahu profil para awardee beasiswa di lembaga yang kamu tuju. Hal ini dapat kamu ketahui melalui mesin pencari seperti Google, website resmi penyedia beasiswa, maupun media sosial profesional seperti LinkedIn.

Telusuri latar belakang para awardee tersebut. Cari tahu faktor-faktor yang membuat mereka menonjol. Bahkan jika memungkinkan, kamu dapat menghubungi mereka untuk menanyakan tips dan trik lolos beasiswa.

7. Nilai yang bagus

Tak bisa dimungkiri, memiliki nilai bagus adalah syarat utama memperoleh beasiswa. Meskipun kamu memenuhi syarat lainnya yang bersifat tambahan, tujuan beasiswa adalah menyediakan pendidikan terbaik agar dapat diakses siswa berprestasi. Maka dari itu, bekal yang kamu perlukan adalah memastikan nilai di tingkat pendidikan sebelumnya di atas syarat minimum dari penyedia beasiswa.

Di luar benefit lainnya seperti kesempatan travelling dan mempelajari budaya baru, tujuan utama beasiswa adalah memperluas wawasan akademik.

Pusing Daftar Beasiswa? Ikut Mentoring Aja!

Proses pendaftaran beasiswa membutuhkan keseriusan dan ketelitian. Saatnya kamu mempersiapkan strategi raih beasiswa luar negeri dan segala sesuatu yang diperlukan dengan mengikuti Mentoring Beasiswa di Lister.

Follow Instagram Lister di Lister.id untuk mengetahui promo menarik dan informasi belajar bahasa asing lainnya.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang melalui Whatsapp Lister!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.