3 Karya Ibnu Sina yang Terkenal Di Dunia

karya ibnu sina

Kursus Bahasa Arab – Ibnu Sina adalah tokoh muslim yang cukup populer di dunia. Hal ini tidak lepas dari karya Ibnu Sina yang membuat bidang kedokteran hidup dan berkembang pesat di dunia.

Sekilas tentang Ibnu Sina

karya ibnu sina
Ibnu Sina | Karya Ibnu Sina | Sumber : Wikipedia

Ibnu Sina adalah bapak kedokteran dunia yang dari pemikirannya menghasilkan karya yang tidak hanya bermanfaat untuk dirinya, lingkungannya melainkan untuk dunia. 

Ibnu Sina lahir di Uzbekistan  dengan nama Abū ‘Alī al-Husain bin ‘Abdullāh bin Sīnā ( أبو علي الحسين بن عبد الله بن سينا). Di dunia barat, Ibnu Sina terkenal dengan nama Avicenna. 

Di dunia, Ibnu Sina tidak hanya terkenal karena ilmu kedokterannya yang populer, namun juga filsuf besar untuk pemikiran filosofinya. 

Ibnu Sina lahir dari ayah yang menjabat sebagai Gubernur Harmaystan. Di masa kecil Ibnu Sina, ia sudah mendapatkan pendidikan yang cukup layak. 

Dimana ayahnya mendatangkan guru yang mengajarkan tentang sastra arab, pendidikan agama Islam juga matematika. 

Kemampuan filsafat yang dimiliki Ibnu Sina hadir ketika ayahnya banyak berdiskusi dengan penduduk mesir yang pengikut ismailiyah. 

Setelah menguasai berbagai ilmu agama, matematika, juga sastra, sang ayah baru memberikan pendidikan filsafat kepada Ibnu Sina melalui Ismail bin Zahid, seorang sufi dan ulama di Bukhara. 

Sedangkan untuk karir sebagai Tabib (penyembuh), dimulai dari Ibnu Sina yang mengobati Nur Bin Manshur (Amir Bukhara). 

Dari sini Ibnu Sina mendapat akses perpustakaan perusahaan yang lengkap. 

Pada akhirnya, Ibnu Sina melakukan pengembaraan dan juga pengasingan diri. Di dalam masa ini, 

Ibnu Sina mengalami banyak peristiwa dan juga berhasil menuliskan banyak buku yang akhirnya bisa diwariskan untuk dunia. 

biografi lainya : Biografi Albert Einstein, Tokoh Jerman yang Mendunia

3 Karya Ibnu Sina yang terkenal di dunia 

Berikut adalah 3 karya Ibnu Sina yang populer dan membawa banyak pengembangan untuk berbagai ilmu di dunia. 

1. Al-Qānūn fī al-Thibb (Kanon Kedokteran)

Salah satu karya Ibnu Sina yang paling terkenal dan digunakan sebagai rujukan bidang kedokteran dunia adalah Al Qanun fi Al-Thibb atau kaidah kedokteran. 

Buku Al Qanun fi Al-Thibb ini menjadi ensiklopedia dunia yang terdiri dari 5 jilid. Dimana menjadi rujukan utama kedokteran selama berabad-abad. Terutama di Eropa. 

Buku ini juga sudah berhasil diterjemahkan ke berbagai bahasa di dunia, termasuk juga ke bahasa Ibrani, bahasa latin dan juga bahasa Inggris. 

Apa isi dari karya Ibnu Sina Al Qanun fi al – thibb ini? 

Seperti yang kita tuliskan di atas, buku Al Qanun fi Al-Thibb dibagi menjadi 5 jilid atau 5 buku. Penjelasan dapat dipahami sebagai berikut

  • Buku 1 

Penjelasan kedokteran secara umum berupa penjelasan unsur kosmik, unsur penyusun manusia, anatomi tubuh manusia dan juga penyebab penyakit manusia. 

Buku pertama ini mengandung dari beberapa  tesis, penjelasan pertesis akan Lister bagikan melalui tabel di bawah ini ya! 

Tesis Penjelasan 
Tesis IBerisi tentang 4 penyebab penyakit manusia, yaitu penyebab efisien, penyebab material, penyebab formal dan juga penyebab akhir. 
Tesis IIBerisi tentang unsur kosmologi dimana Ibnu Sina menjelaskan tentang dokter perlu memikul 4 unsur seperti halnya filsafat alam. Beberapa unsur alam dalam kosmologi adalah bumi, air, udara dan api
Tesis IIIBerisi penjelasan tentang tempramen
Tesis dalam buku pertama Al qanun fi al-thibb | 3 karya Ibnu Sina |

  • Buku II

Jika buku pertama menjelaskan tentang dasar kedokteran, maka penjelaskan buku ke II menjelaskan tentang obat-obatan. 

Di buku ini ada daftar 800 zat tumbuhan dan hewani yang bisa bermanfaat untuk penyembuhan penyakit. 

Selain itu juga penjelasan tentang aturan ketika akan bereksperimen dengan pembuatan obat baru. 

  • Buku III

Menjelaskan tentang patologi tubuh. Dimana ada penjelasan setiap bagian tubuh, fungsi dan juga penyakitnya dari tubuh bagian atas sampai dengan bagian bawah. 

  • Buku IV 

Selanjutnya untuk buku ke IV menjelaskan tentang penyakit khusus yang melibatkan lebih dari satu anggota tubuh. 

Selain itu juga ditekankan tentang menjaga kebersihan bagian tubuh secara pribadi, berupa kebersihan kuku, rambut, kulit dan juga berat badan. 

  • Buku V 

Karya Ibnu Sina ini menjelaskan tentang resep obat-obatan yang terdiri dari berbagai sumber misalnya resep dari India, Arab dan juga Yunani. 

Disini juga ada pendapat Ibnu Sina tentang efektifitas dan tidak efektif dari beberapa pengobatan. 

Jadi buku Al Qanun fi al-Thibb ini cukup lengkap penjelasan kedokterannya. Buku inilah yang digunakan sebagai rujukan bidang kedokteran di seluruh dunia. 

2. As-Syifa 

Buku ini menjelaskan tentang uraian filsafat yang terdiri dari 10 jilid. Disini Ibnu Sina menjelaskan pemikirannya tentang berbagai topik yaitu matematika, fisika, metafisika dan juga ketuhanan. 

3. Kitab Lisanu al-‘Arab

Selanjutnya adalah karya Ibnu Sina untuk bidang sastra Arab yang terdiri dari 10 jilid. Buku sastra arab dari Ibnu Sina ini adalah jawaban dari tantangan Manshur al- jubba’I kepada Ibnu Sina. 

Itulah beberapa karya Ibnu Sina yang sudah berhasil ditulisnya diberbagai bidang, termasuk sastra, kedokteran dan juga filsafat. 

Buku-bukunya tidak hanya berhenti di bahasa Arab saja melainkan juga diterjemahkan ke berbagai bahasa di dunia. 

baca juga : Biografi Abdurrahman Wahid & Penguasaan 6 Bahasa Asingnya

Kenapa Ibnu Sina terkenal? 

Selain karna karya-karya terbaiknya diberbagai bidang, Ibnu Sina sangat populer termasuk di negara Eropa karena sumbangsihnya di dunia kedokteran. 

Bukunya al qanun fi al-Thibb diterjemahkan ke bahasa Latin dan menjadi rujukan utama seluruh Universitas di Eropa pada abad ke 12. 

Pemikiran dan ilmu yang disebarkan oleh Ibnu Sina menjadi panduan penting terutama di bidang kedokteran. 

Tidak hanya menjelaskan tentang anatomi dan kedokteran dasar, karya Ibnu Sina juga ada tentang karantina penyebaran penyakit. 

Selain di bidang kedokteran, buku-buku Ibnu Sina yang terkenal lainya adalah buku nya tentang filosofi, psikiatri dan juga astronomi. 

Pelajari sastra Arab lainya, belajar bahasa Arab terlebih dahulu 

Selain dari Ibnu Sina, ada banyak sastra Arab yang menarik untuk dibaca dan dipahami untuk berbagai kebutuhan pendidikan sampai dengan hobi. Tertarik mempelajari bahasa Arab? Bisa mengikuti kursus bahasa Arab di Lister. 

Ada banyak kelebihan dari mengikut kelas di Lister, diantaranya kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan.

Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya. 

Untuk bahasa Arab keperluan pekerjaan atau profesional, di Lister ada kelas Pelatihan Bahasa Arab untuk Karyawan.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang melalui WhatsApp!

Sumber Gambar : NU Online dan Wikipedia

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.