Kapan Hari Valentine? Ini Tradisi Perayaannya di 8 Negara

kapan hari valentine

Program Lister – Bulan Februari adalah bulan yang sering dikaitkan dengan momen Valentine. Kapan hari Valentine dirayakan dan apa saja tradisinya di setiap negara? Simak dalam artikel berikut ini, yuk!

Mengenal Kapan Hari Valentine dan Sejarahnya

Hari Valentine dimaknai sebagai hari kasih sayang yang dirayakan pada 14 Februari. Perayaan Valentine biasanya dilakukan dengan pemberian hadiah hingga ucapan kasih sayang untuk orang terdekat, keluarga, atau diri sendiri.

Sejarah Hari Valentine

Ada beberapa peristiwa sejarah yang melatarbelakangi munculnya perayaan Valentine. Berdasarkan Kids Konnect, salah satu kisah yang populer adalah tentang Saint Valentine yang menentang peraturan Kaisar Claudius II tentang larangan pernikahan bagi prajurit Kekaisaran Romawi. Menurut sang Kaisar, pernikahan akan menghambat fokus prajurit dalam tugasnya melindungi negara.

Saint Valentine menentang aturan tersebut dengan tetap menikahkan banyak prajurit dan pasangan mereka secara diam-diam. Oleh karena hal tersebut, Saint Valentine dijebloskan ke penjara dan ditetapkan akan dieksekusi.

Tepat sebelum eksekusi, ia menulis surat untuk Julia, seorang putri sipir di penjara tempat ia menjalani hukuman. Pada akhir surat, ia menulis, “Dari Valentine-mu”.

Menurut cerita, Saint Valentine dimakamkan pada 14 Februari. Julia kemudian meletakkan bunga merah muda di samping makamnya. Bunga tersebut melambangkan persahabatan dan cinta abadi.

Selain kisah ini, ada pula peristiwa sejarah mengenai Raja Henry VIII dari Inggris yang menyatakan 14 Februari sebagai hari libur pada tahun 1537. Raja Henry VIII dikenal sebagai raja Tudor terakhir yang memiliki enam istri selama hidupnya.

Ada pula pada tahun 1300-an, hari Valentine sering dikaitkan dengan cinta karena musim kawin burung yang bertepatan pada bulan Februari. Berangkat dari fakta ilmiah ini, burung merpati sering dikaitkan dengan asmara.

Tradisi Unik Perayaan Valentine

kapan hari valentine

Hari Valentine telah dikenal hampir di seluruh dunia. Tradisi dalam merayakan hari Valentine pun bervariasi dan unik. Bagaimana tradisi setiap negara dalam merayakan hari kasih sayang tersebut?

1. Inggris: bertukar hadiah dan mengirim kartu

Pada abad ke-18, hari Valentine dirayakan dengan saling memberikan hadiah, kartu, atau permen sebagai ungkapan cinta. Kemudian pada abad ke-19, Richard Cadbury merilis kotak permen hari Valentine yang pertama.

Mulai tahun 1700-an, muncul tradisi mengirim kartu ucapan. Berbagai jenis kartu ucapan kemudian diproduksi secara massal pada tahun 1840-an. Sejak saat itu, hari Valentine di Inggris identik dengan bertukar kartu atau surat.

2. Amerika Serikat: memberi kartu, bunga, coklat, atau perhiasan

Budaya perayaan Valentine di Amerika Serikat yakni memberikan kartu ucapan dan hadiah berupa bunga, coklat, atau perhiasan. Jumlah kartu Valentine yang beredar di Amerika Serikat mencapai angka miliaran setiap tahunnya.

Selain itu, 14 Februari sering menjadi hari paling populer untuk melamar pasangan pernikahan.

3.  Italia: mengirim surat cinta kepada Juliet

Verona, Italia menerima sekitar 1.000 surat yang ditujukan kepada Juliet pada hari Valentine. Tradisi ini berawal dari kisah cinta Romeo dan Juliet, dua tokoh dalam drama William Shakespeare.

4. Denmark: memberi bunga putih atau snowdrops

Di Denmark, perayaan Valentine baru umum dilakukan pada tahun 1990-an, yakni dengan memberikan bunga putih yang dikenal sebagai snowdrops. Tak hanya itu, laki-laki Denmark akan memberi kekasihnya gaekkebrev atau surat lelucon yang berisi puisi lucu.

5. Korea Selatan: pasangan bergantian mengirimkan hadiah atau makan jajangmyeon

Perayaan Valentine di Korea Selatan dimulai pada 14 Februari dan berlangsung hingga 14 April. Tanggal 14 Februari disebut dengan Red Day, di mana wanita akan memberikan hadiah pada kekasihnya.

Sebaliknya pada 14 Mei dikenal sebagai White Day, di mana giliran pria memberikan hadiah. Tradisi perayaan White Day di Korea Selatan tak kalah meriah. Cari tahu perayaannya dalam artikel White Day Korea, Perayaan Romantis selain Valentine.

Bagi yang masih lajang, biasanya pada 14 April dirayakan dengan bersama-sama makan jajangmyeon atau mie pasta kacang hitam. Oleh sebab itu, tanggal 14 April identik dengan Black Day.

6. China: memberi persembahan untuk Zhinu, putri raja surga

Di China, hari Valentine identik dengan Qixi, atau Festival Malam Ketujuh. Para wanita akan mempersiapkan persembahan buah untuk Zhinu, putri raja surga, sebagai harapan akan mendapatkan suami yang baik.

7. Brasil: penghormatan pada Santo Antonius

Di Brasil, hari Valentine dirayakan pada tanggal 12 Juni yang bersamaan dengan hari Santo Antonius, untuk menghormati santo pelindung pernikahan.

8. Filipina: pernikahan massal

Di Filipina, 14 Februari adalah tanggal resmi untuk pernikahan massal.

Tips Merayakan Hari Valentine

Makna hari Valentine berkaitan erat dengan cinta dan kasih sayang, sehingga tak hanya berlaku untuk pasangan atau kekasih, tetapi juga untuk keluarga hingga diri sendiri. Berikut tips merayakan hari Valentine.

1. Diri sendiri

Hari Valentine dapat dirayakan dengan melakukan me-time sebagai ungkapan cinta untuk diri sendiri. Beberapa cara me-time di hari Valentine antara lain:

  • Mendengarkan dan menikmati lagu dari playlist.
  • Menjauhkan diri dari gadget dan melakukan hobi yang sudah lama tidak dilakukan, misalnya membaca buku, menggambar, menulis, atau meditasi.
  • Menonton serial atau film bertema Valentine sambil menyantap popcorn atau makanan dan minuman favoritmu.
  • Membeli atau melakukan hal yang menyenangkan untuk diri sendiri, seperti belanja pakaian baru, makan di restoran favorit, dan lain-lain.

2. Teman dan keluarga

  • Memberikan kejutan hadiah atau makanan favorit untuk anggota keluarga atau teman. Misalnya mengirimkan kopi atau kue dessert.
  • Mengadakan acara temu kangen, misalnya makan siang atau makan malam bersama.
  • Mengucapkan “Selamat hari Valentine” pun akan terasa manis untuk menyampaikan perhatian dan cinta.
  • Mengadakan acara tukar kado untuk membuat suasana Valentine lebih hangat dan seru. Butuh ide acara tukar kado? Simak dalam artikel 10 Ide Acara Tukar Kado yang Memorable Bersama Keluarga!

3. Kekasih atau pasangan

  • Memberikan kejutan sarapan pagi menu makanan spesial.
  • Melakukan makan malam bersama di rumah dengan dekorasi lilin dan bunga khas Valentine atau makan malam di restoran favorit.
  • Melakukan quality time sederhana dengan saling bertukar pikiran hingga melakukan aktivitas bersama seperti menonton film, memasak, atau aktivitas lainnya.

Pelajari Berbagai Budaya di Dunia, Mulai dari Belajar Bahasa!

Ada banyak tradisi unik di dunia yang menarik untuk dipelajari. Kamu dapat mulai dari mempelajari bahasa asing sebagai bekal berkunjung ke berbagai negara di dunia.

Sudah tahu bahasa apa yang ingin kamu pelajari? Kamu akan menemukan kelas yang tepat sesuai kebutuhanmu di Program Lister.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Devi Marietta Siregar
Devi Marietta Siregar
aktif menulis tentang perjalanan tak biasa di Korea dan menulis untuk dampak positif

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.