Juseyo Artinya, Begini Mengucapkan Tolong di Korea

juseyo artinya

Kursus Bahasa Korea – Saat tinggal di Korea, ada banyak kosakata sederhana yang akan sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Salah satunya adalah juseyo yang harus kamu ketahui saat belajar bahasa Korea.

Pahami juseyo artinya dan cara penggunaannya berikut ini.

Juseyo Artinya Apa?

Juseyo artinya tolong, sama seperti please dalam bahasa Inggris. Kata ini tergolong tidak terlalu formal maupun informal.

Juseyo dapat digunakan dalam percakapan sehari-hari berbagai situasi. Misalnya saat kamu memesan makanan di restoran atau meminta diantar oleh sopir taksi.

Penulisan hangeul juseyo yaitu 주세요.

Contoh Kalimat Juseyo

Begini contoh menggunakan juseyo dalam kalimat, seperti yang dijelaskan 90 Day Korean.

  • 돼지갈비 2인분 주세요 (dwaejigalbi i inbun juseyo) – Dua porsi iga babi, tolong.
  • 서울역으로 가 주세요 (seoullyeogeuro ga juseyo) – Ke Stasiun Seoul, tolong.

Saat meminta tolong yang merepotkan orang lain, wajar jika seseorang menyampaikan permintaan maaf terlebih dahulu. Bagaimana cara menyatakan maaf dalam bahasa Korea? Berikut pembahasannya dalam artikel 5 Ungkapan Minta Maaf dalam Bahasa Korea.

Kata Lain Juseyo

Selain juseyo, kamu juga bisa menggunakan variasi kata lainnya. Perhatikan kata-kata yang khusus digunakan untuk situasi formal atau informal berikut ini. 

주십시오 (jusipsio)

Jusipsio adalah ungkapan tolong yang sangat formal. Biasanya kata ini digunakan di akhir kalimat dalam percakapan resmi atau tayangan berita.

  • 잠시만 기다려주십시오 (jamsiman gidaryeojusipsio) – Tolong tunggu sebentar.

주시기 바랍니다 (jusigi baramnida)

Ungkapan jusigi baramnida kurang lebih berarti tolong, walaupun artinya tidak sama persis. Ungkapan ini tergolong resmi, biasanya diucapkan dalam pengumuman atau imbauan.

  • 안전선 뒤로 물러나 주시기 바랍니다 (anjeonseon dwiro mulleona jusigi baramnida) – Tolong mundur ke belakang batas aman.

주시겠어요 (jusigesseoyo)

Jusigesseoyo mirip dengan juseyo, tetapi lebih sopan. Biasanya kata ini digunakan saat berbicara kepada orang yang lebih tua atau orang yang baru dikenal.

  • 좀 도와 주시겠어요? (jom dowa jusigesseoyo) – Maukah Anda menolong saya, tolong?

줘 (jwo)

Jwo adalah ungkapan minta tolong yang informal. Biasanya digunakan di antara orang yang sudah sangat akrab atau kepada orang yang lebih muda.

  • 아이스크림 사 줘 (aiseukeurim sa jwo) – Belikan aku es krim, tolong.

제발 (jebal)

Sementara itu ada kata jebal, yang artinya mohon. Ungkapan ini digunakan untuk memohon kepada seseorang atau meminta sungguh-sungguh.

  • 제발, 제발 아빠한테 말하지 마세요. (jebal, jebal appahante malhaji maseyo) – Aku mohon, aku mohon, jangan beritahu ayahku.

Tak hanya bahasanya, salah satu daya tarik Korea Selatan adalah kulinernya yang menggoda selera. Saat travelling maupun tinggal di Korea Selatan, jangan lupa mencicipi street food khasnya! Berikut ulasannya dalam artikel 10 Jajanan Korea Paling Menggiurkan, di Mana Belinya?

Kursus Bahasa Korea, Wujudkan Impian Hidup ala K-Drama

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Korea adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Korea Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di Profil Tutor.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo Ramadan 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.