English for Sales & Marketing – Posisi marketing adalah posisi yang cukup strategis. Di mana posisi ini banyak dibutuhkan perusahaan dan juga menyumbang pengaruh cukup tinggi
Pada keberhasilan penjualan dan brand awareness perusahaan. Gaji marketing cukup membiarkan namun juga dibarengi jobdesk marketing yang cukup padat.
Apa itu marketing?
Dalam bahasa yang sederhana Marketing adalah pemasaran. Namun banyak orang salah mengira bahwa Marketing adalah penjualan atau sales.
Menurut Sutarno dalam buku serba-serbi Bisnis (2012) memberikan penjelasan Marketing adalah serangkaian proses penciptaan komunikasi dan penyampaian nilai bagi pelanggan. Selain itu marketing juga pengelolaan hubungan dengan pelanggan.
Menurut Don Sextone (2006), Pemasaran adalah memahami apa yang diinginkan orang kemudian berupaya memberi hal yang diinginkan dengan harga yang bersedia mereka bayar.
Definisi marketing dari Don Sextone Pemasaran adalah menargetkan customer mana saja yang ingin dipuaskan dan juga membangun reputasi, melakukan promosi dan juga penentuan harga.
Sehingga jika kita simpulkan dari beberapa sumber di atas Marketing adalah pintu gerbang dari penjualan di mana posisi ini memancing calon pembeli untuk melakukan tindakan pembelian sehingga menjadi pelanggan.
Jobdesk Marketing adalah proses penyampaian informasi dari perusahaan sampai ke pembeli. Media yang digunakan agar informasi bisa tersebar cukup banyak.
Tugas marketing adalah memanfaatkan media-media ini ataupun media lainnya untuk menyebarkan informasi dan mendapatkan hasil berupa ketertarikan calon pelanggan dan juga produk yang dikenal oleh banyak orang.
Jobdesk marketing
Agar lebih membantumu mengenal tentang jobdesk marketing kamu bisa melihat beberapa jobdesk nya
Jobdesk Marketing | Penjelasan Jobdesk Marketing |
Menyusun rencana periklanan | Marketing yang membuat rencana media periklanan apa yang digunakan beserta konsep iklan dan biayanya |
Membangun brand awareness atau kesadaran produk kepada masyarakat | Marketing mengurus penyebaran informasi produk dan merek agar sampai pada pembeli atau end user. |
Melakukan riset pasar | Marketing melakukan analisa dan pengecekan trend pasar untuk melihat apa yang diinginkan, dibutuhkan oleh masyarakat. |
Melakukan riset kompetitor | Kompetitor dilakukan untuk menjaga kualitas dan strategi agar tidak kalah dengan pesaing. |
Melakukan periklanan | Melaksanakan rencana periklanan. |
Public relation | Menjaga hubungan dengan masyarakat dan juga media. |
Analisis hasil perikanan | Menganalisis hasil perikanan dan juga pengaruhnya untuk penjualan. |
Dari semua tugas atau jobdesk marketing memiliki tujuan utama yaitu meningkatkan leads untuk penjualan dan membangun citra merk.
Tanggung jawab marketing
Ada tanggungjawab utama yang diemban oleh marketing, yaitu membangun citra perusahaan (brand awareness) dan menghasilkan leads agar bisa menjadi penjualan.
1. Brand awareness
Tanggung jawab yang pertama yaitu brand awareness, pemasaran atau marketing bertanggung jawab dengan penyebaran informasi merk dan citra merk tersebut.
Tentunya setiap merk ingin dilihat sebagai hal yang positif dan dapat diterima oleh masyarakat, untuk mengatur hal ini marketing memiliki andil besar.
Jika citra merk bagus maka akan banyak dipercaya calon pembeli atau audiens. Sehingga akan membantu meningkatkan penjualan.
Untuk Itulah kenapa di awal kehadiran merk sebuah produk, marketing memiliki tanggung jawab dan pekerjaan cukup besar agar merek diterima oleh publik dan dikenal dengan baik.
Bagaimana penyebaran informasi ini dilakukan sampai diterima oleh semua kalangan masyarakat, metode [penyebaran informasi dikelola oleh tim marketing.
Marketer bisa menjalankan jobdesk marketing menggunakan metode digital marketing, viral marketing dan juga psikologi marketing.
2. Meningkatkan leads
Tanggung jawab utama selanjutnya dari tim marketing adalah meningkatkan leads penjualan.
Dalam dunia marketing leads dapat dipahami sebagai ketertarikan atau tindakan seseorang yang menunjukkan minat pada sebuah produk.
Hal ini terlihat dengan calon pembeli melakukan tindakan tertentu. Misalnya menghubungi kontak si pemilik produk, mengklik tombol CTA di website, meninggalkan komentar di iklan produk dan lainya.
Namun statusnya masih calon pembeli bukan pelanggan. Leads adalah sebuah pemancing agar calon pembeli melakukan pembelian produk.
Jika sudah dihasilkan leads bisa jadi iklan atau metode pemasaran yang dilakukan sudah cukup bagus sehingga membuat orang tertarik.
Sales funnel | Sumber : Wikipedia | Definisi, Gaji, Kemampuan dan Jobdesk Marketing
Berdasarkan gambaran sales funnel di atas jobdesk marketing adalah untuk membuat audience ada di tahapan awareness dan interest.
Awareness berarti audience terpapar informasi dengan baik akan produk tersebut. Sedangkan interest adalah membuat audience tertarik dengan produk tersebut.
Setelah menjadi prospek dan deal penjualan berada di tanggung jawab tim Sales.
Berapa gaji marketing?
Marketing adalah salah satu posisi yang memiliki gaji menggiurkan. Menurut website pencari kerja indeed.com gaji untuk Marketing adalah
Posisi marketing | Gaji marketing / bulan |
Staff marketing | Rp3.940.846 |
Manager marketing | Rp 5.221.000 |
Supervisor marketing | Rp 4.219.774 |
Executive marketing | Rp 3.941.846 |
Marketing communication | Rp 4.646.745 |
Jadi itulah beberapa gaji marketing sesuai dengan posisinya. jadi di Indonesia rata-rata untuk profesi marketing memiliki gaji 3 juta ke atas di tahun 2023 ini.
Kemampuan yang harus dimiliki marketing
Untuk menjadi seorang marketing baik staff sampai jabatan atas kamu perlu memiliki skill berikut ini
1. Kemampuan komunikasi
Di marketing akan banyak berkoordinasi dengan berbagai divisi di dalam perusahaan dan pihak di luar perusahaan.
Hal ini menuntut marketer perlu memiliki kemampuan komunikasi yang bagus. tidak hanya kemampuan berbicara namun juga kemampuan mendengarkan dan juga menjelaskan dengan baik.
Hal ini akan sangat membantu untuk menjalankan pekerjaan dan berkoordinasi dengan banyak pihak.
2. Kemampuan analisa data
Para marketer Nantinya juga akan bermain dengan data. baik sebelum menjalankan iklan maupun sudah menjalankan strategi perikanan, marketer akan dihadapkan dengan data.
Untuk itu kemampuan analisa yang baik diperlukan. agar seorang marketer bisa mengambil keputusan yang strategis dan tepat.
Bisa menggunakan data-data yang terkumpul untuk dimanfaatkan dalam memaksimalkan pemasaran.
3. Kreatif
Marketer juga dituntut untuk bisa berpikir kreatif. nantinya konsep dan ide pemasaran akan sepenuhnya ditanggung oleh tim marketer sehingga kemampuan berpikir kreatif sangat dibutuhkan.
Selain kreatif dalam hal pembuatan ide juga penerapan konten dan informasi cukup menarik dan disukai oleh audiens.
Kita bisa melihat konten yang kreatif dan menarik akan banyak mengambil perhatian audience. Alhasil produk yang diiklankan cukup populer atau juga mendapatkan banyak penjualan.
4. Kemampuan menggunakan teknologi digital
Kemampuan menggunakan teknologi digital seperti media sosial, media perpesanan, software editing video dan foto juga tools marketing lainnya akan cukup membantu pekerjaan marketer.
Sekarang ini ada banyak media periklanan dan tentunya terus berkembang untuk itu di marketing perlu up to date agar bisa mengikuti trend dan pasar.
5. Kemampuan negosiasi
Yang terakhir kemampuan yang perlu dimiliki seorang marketer adalah kemampuan negosiasi. marketer akan bertemu banyak orang seperti tim Finance, tim kreatif, media publisher dan vendor lainnya.
Pastinya tidak semua hal berjalan dengan lancar, akan ada tantangan dalam bekerja bersama. namun hal ini bisa diselesaikan dengan kemampuan negosiasi yang baik dan juga kemampuan komunikasi yang baik.
Untuk itu kenapa tim marketing perlu memiliki kemampuan negosiasi yang baik.
Beri pelatihan bahasa Inggris untuk tim marketing perusahaan Anda
Menguasai bahasa Inggris untuk tim marketing juga merupakan peluang untuk kesuksesan marketing perusahaan.
Untuk mendukung tim marketing dalam melaksanakan tugasnya kemampuan bahasa Inggris sangat mendukung agar pekerjaan lancar.
Anda bisa memberikan Training English for sales dan marketing dari Lister. program ini ditujukan untuk para marketer dan sales di perusahaan agar bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik untuk mendukung pekerjaan.
Kelas bisa dilakukan secara online dan waktu yang fleksibel. untuk corporate atau perusahaan, jika tertarik dengan program tatap muka langsung maka perlu memenuhi minimal jumlah peserta sebanyak 5 peserta.
Daftar sekarang mumpung ada diskon 10% untuk pembelian kelas minimal harga 1 jutaan. Anda bisa mengambil promo ini dengan mengklaim kode voucher BLOGLISTER10 saat pendaftaran, segera daftar sekarang melalui WhatsApp Lister!
Sumber gambar : Freepict