Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Jembatan Veluwemeer Aqueduct, Saat Kapal Melintasi Jalan Raya

jembatan veluwemeer aqueduct

Belanda adalah negara yang menarik dikunjungi. Agar kunjunganmu lebih berkesan, tidak ada salahnya mempelajari bahasanya melalui Kursus Bahasa Belanda.

Salah satu puncak arsitektur Belanda modern adalah Jembatan Veluwemeer Aqueduct. Tidak seperti konstruksi penyeberangan lainnya di dunia, jembatan ini justru menyediakan jalur air agar kapal dapat melintasi jalan raya.

Jembatan ikonik ini menjadi salah satu daya tarik di Belanda. Seperti apa faktanya?

Veluwemeer Aqueduct

Veluwemeer Aqueduct dibuka pada 2002. Akuaduk tersebut dibangun di atas jalan raya N302 yang menghubungkan Belanda dengan Flevoland, pulau buatan terbesar di dunia.

Flevoland sendiri merupakan hasil reklamasi yang dikelilingi tiga danau buatan. Veluwemeer Aqueduct dibangun di atas danau dengan nama yang sama.

Para arsitektur Belanda memilih membuat jalur air di atas jalan N302, di mana 28 ribu kendaraan melintas setiap harinya.

Cara Kerja

Akuaduk sedalam 3 meter tersebut memungkinkan kapal dan kendaraan air dangkal lainnya untuk lewat.

Kapal dan kendaraan dapat melintas di jalurnya masing-masing pada saat bersamaan. Selain itu terdapat trotoar yang dapat dilintasi pejalan kaki atau pesepeda.

Di bagian tengah yang dilintasi akuaduk, sepanjang 17 meter bagian dari jalan menurun di bawah permukaan danau.

Veluwemeer Aqueduct dibangun menggunakan 22 ribu meter kubik cor dan tiang pancang baja untuk menahan berat air di atas jalan raya. Tujuannya untuk mencegah sedimen mengalir ke jalan raya.

Pembangunan

Awalnya berbagai jenis jembatan dipertimbangkan agar jalan raya dapat melintasi bagian danau tersebut. Beberapa pilihannya yaitu jembatan gantung dan terowongan.

Namun akhirnya diputuskan untuk membuat akuaduk pendek di atas jalan raya. Pasalnya N302 termasuk jalan raya utama yang penting.

Tampaknya tidak efisien menghentikan arus kendaraan agar kapal dapat melintas melalui jembatan gantung.

Pembangunan terowongan juga terlalu lama dan mahal untuk kasus tersebut. Jembatan biasa diperkirakan menghabiskan biaya besar dibandingkan akuaduk.

Selain itu, lalu lintas kapal di kawasan tersebut tidak membutuhkan area yang terlalu lebar. Dengan sejumlah pertimbangan tersebut, diputuskan akuaduk adalah pilihan yang tepat.

Veluwemeer Aqueduct adalah akuaduk terpendek di dunia. Walaupun akuaduk tersebut tidak memecahkan rekor apapun di dunia, arsitektur ini tetap menarik dikunjungi.