Negara Taiwan: Sejarah, Persamaan, dan Bahasanya

negara taiwan

Berbicara mengenai negara Taiwan, mungkin sedikit membingungkan ketika disandingkan dengan Hongkong dan China. Apakah mereka menggunakan bahasa yang sama? Apakah menggunakan bahasa Mandarin atau bahasa lainnya?

Sekarang kita akan membahas tentang sejarah negara Taiwan, persamaannya dengan Hongkong, China, dan Makau serta bahasa Mandarin di Taiwan. Check this out!

Baca juga: Daftar Kosakata Mandarin Paling Lengkap

Sejarah Taiwan

Taiwan adalah sebuah negara yang dipimpin oleh presiden dan bentuk pemerintahannya berupa nasional. Namun, jika dilihat dari sejarah China dan sejarah Taiwan, keduanya memiliki hubungan, walaupun memiliki jalannya masing-masing.

Fakta menarik dari Taiwan adalah meskipun sudah memenuhi syarat sebagai negara yang berdaulat, tetapi di mata orang China, Taiwan bukanlah negara. Taiwan masih bagian dari China. Masyarakat China banyak yang belum mengakui jika Taiwan adalah sebuah negara.

Status politik Taiwan berbeda dengan Hongkong dan Makau. Antara China yang dijuluki The Mainland dan Taiwan, terjadi perang saudara sejak dahulu. Taiwan memutuskan untuk merdeka. Secara de-facto, ia telah diakui beberapa negara, termasuk Indonesia. Namun secara de-jure, Taiwan tidak mempunyai kedaulatan sebagai negara. PBB pun tidak menganggap Taiwan eksis sebagai negara.

Dilihat dari sejarah, China dan Taiwan memiliki kesamaan. Pada 1949, pemerintah dari Partai Nasionalis China pindah ke Taiwan. Pada 1950 hingga 1987, China dan Taiwan memiliki hubungan yang tidak baik. Banyak orang dari Taiwan tidak bisa pulang ke China.

bahasa taiwan

Persamaan Taiwan, Hongkong, dan Makau

Perbedaan China, Taiwan, dan Hongkong seringkali membuat kita bingung. Sebagian menganggap mereka adalah satu kesatuan, sebagian lagi beranggapan berbeda.

China atau dikenal Republik Rakyat Tiongkok adalah mainland yang menganut kebijakan politik satu negara dengan dua sistem untuk mewujudkan persatuan dan reunifikasi negara-negara China di bawah naungannya. Negara-negara China yang dimaksud adalah Taiwan, Hongkong, dan Makau. Dua sistem yang dianut yaitu sosialisme dan kapitalisme.

Negara Cina dijuluki sebagai daratan. Pusat pemerintahannya berada di Beijing yang menjalankan sistem sosialisme. Negara ini memerintah wilayah bekas kekuasaan China, termasuk Hongkong dan Makau. Cina dikenal sebagai negara yang menganut ideologi komunis. Secara sederhana, China menganggap Taiwan, Hongkong, dan Makau adalah bagian darinya.

Hongkong dan Makau memiliki kedudukan sebagai wilayah administrasi khusus yang memiliki status semi-merdeka. Namun, meski sudah memiliki sistem negara sendiri, keduanya masih bagian dari China. Tidak heran jika banyak yang menyebut Hongkong dan Makau sebagai negara dalam negara. Sistem ekonomi kedua dari China, kapitalisme, diterapkan di dua daerah ini.

Bahasa Mandarin di Taiwan

Taiwan memiliki bahasanya sendiri, yaitu bahasa nasional Taiwan. Namun, bahasa Mandarin pun digunakan sehair-hari di negara ini. Bisa dikatakan bahasa Mandarin Taiwan atau bahasa nasional Republik Tiongkok adalah salah satu variasi bahasa Mandarin dan bahasa nasional Taiwan. Inti dari bentuk standarnya dijelaskan dalam kamus Guoyu Cidian (國語 ). Hal ini didasarkan pada fonologi dialek Beijing dan tata bahasa Tionghoa vernakular.

Bahasa Mandarin Standar Taiwan paralel dengan Bahasa Mandarin Standar, yakni bahasa resmi Tiongkok daratan (Pǔtōnghuà). Sistem penulisan mereka, beberapa pengucapan, dan kosakata mereka mirip.

Namun, bahasa Mandarin yang dituturkan secara informal di Taiwan memiliki beberapa perbedaan mencolok dalam kosakata, tata bahasa, dan pengucapan dengan Bahasa Mandarin Standar. Perbedaan yang muncul terutama di bawah pengaruh dari bahasa asli Taiwan, yaitu bahasa Hokkien Taiwan (varietas asli sekitar 70 persen masyarakat Taiwan), bahasa ibu lainnya dari Taiwan seperti bahasa Hakka Taiwan (dituturkan oleh sekitar 15persen masyarakatTaiwan), dan bahasa Formosa, serta bahasa Inggris dan Jepang dari periode Jepang sebelumnya.