Cari Tahu Arti In Lieu: Contoh Kalimat dan Sinonimnya

in lieu

Kursus General English – Pernahkah kamu mendengar atau menemui istilah bahasa Inggris in lieu? Ungkapan ini memang tidak terlalu banyak digunakan, dibandingkan sinonimnya.

Pelajari arti in lieu dan cara menggunakannya agar penguasaan kosakata kamu semakin kaya.

In Lieu Artinya

In lieu (of) artinya adalah sebagai gantinya atau daripada. Dalam bahasa Inggris, dapat dipadankan dengan kata instead of.

Kata ini memang tergolong kuno dan sudah jarang digunakan, atau disebut dengan archaic.

In lieu berasal dari ungkapan bahasa Prancis au lieu de, yang dapat diartikan sebagai in place of. Kata lieu (lou) itu sendiri berarti tempat, posisi, atau situasi.

Walaupun begitu, di dalam bahasa Prancis tidak ada istilah in lieu. Kata ini sepenuhnya hanya digunakan dalam bahasa Inggris.

Cara Menggunakan In Lieu dalam Kalimat

In lieu digunakan untuk menyebut satu hal yang menggantikan hal lainnya. Keduanya dianggap memiliki nilai atau kepentingan yang sama.

Cara penggunaannya sama dengan kata instead of. Hal yang digantikan dapat berupa orang, benda, atau tindakan.

Person / Thing / Action 1 + in lieu (of) + Person / Thing / Action 2

Contoh Kalimat

  • The bereaved family asked guests to send prayers and charity on behalf of the deceased in lieu of flowers. – (Keluarga yang ditinggalkan meminta para tamu mengirimkan doa dan amal atas nama almarhum sebagai ganti bunga.)
  • Everyone who works overtime and reports it in the form provided will get bonus pay in lieu. – (Setiap orang yang bekerja lembur dan melaporkannya dalam formulir yang disediakan akan mendapatkan upah bonus sebagai gantinya.)
  • Tickets will cost only Rp50.000 on the weekdays in lieu of the usual Rp75.000. – (Tiket akan dikenakan biaya hanya Rp50.000 di hari kerja daripada biasanya Rp75.000.)

Baca juga: Arti Blessed dalam Bahasa Inggris yang Sesungguhnya

Sinonim Kata In Lieu

  • instead
  • on someone’s behalf
  • rather than
  • for a change
  • in place of
  • ersatz
  • as a substitute
  • preferably
  • alternatively

Kursus General English Bantu Kamu Makin Percaya Diri

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus General English di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.