Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

10 Ungkapan Bahasa Prancis Unik, dari yang Lucu sampai Aneh

bahasa prancis unik

Ingin mahir berbahasa Prancis, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Kamu bisa memulai dari mengikuti Kursus Bahasa Prancis.

Jika kamu bertandang ke Prancis atau tengah mempelajari bahasanya, jangan terkejut jika kamu mendengar ada banyak ungkapan bahasa Prancis yang unik.

Kamu bisa mempelajari ungkapan-ungkapan berikut agar terdengar semakin mendekati pembicara native.

1. “Ah, la vache!

Ungkapan ini secara harfiah berarti “Sapiku!” Ungkapan ini digunakan untuk menunjukkan keterkejutan dan antusiasme. Kata-kata ini dapat disejajarkan dengan ungkapan “Ya Tuhan!” atau “Oh my god!

2. “Casser les oreilles

Ungkapan ini berarti “pecahkan telingamu”. Saat tetanggamu memutar lagu keras-keras pada dini hari, mereka sedang “memecahkan telingamu”.

3. “Devenir chêvre

Secara harfiah, ungkapan ini berarti “menjadi kambing”. Ungkapan tersebut disampaikan ketika seseorang membuatmu sangat marah.

4. “Arrête ton char!

Ungkapan tersebut secara harfiah berarti “Berhentikan keretamu!” Namun makna sesungguhnya adalah menyuruh seseorang berhenti menggertak.

5. “Se prendre/prendre un râteau

Ungkapan ini berarti “memberimu penggaruk”. Ketika orang Prancis “memberimu penggaruk”, artinya ia menolak pergi keluar denganmu.

6. “Faire l’andouille

Ungkapan bahasa Prancis ini berarti “membuat sosis”. Namun makna sesungguhnya yaitu melakukan sesuatu yang konyol.

7. “Tomber dans les pommes

Ungkapan tersebut berarti “jatuh di antara apel”. Makna di balik kiasan tersebut adalah pingsan.

8. “Il y a quelque chose qui cloche

Ungkapan ini berarti “ada sesuatu yang berbunyi”. Ungkapan ini disampaikan ketika kamu merasakan ada sesuatu yang salah.

9. “Avoir un chat dans la gorge

Kesulitan mengungkapkan sesuatu dengan kata-kata? Kamu bisa menggunakan ungkapan ini yang berarti “ada kucing di tenggorokan”.

10. “Être sur son 31” 

Saat acara besar, seperti karpet merah, orang Prancis akan berusaha “menjadi usia 31”. Artinya mengenakan pakaian terbaik dan elegan.