7 Metode Belajar Speaking Bahasa Inggris, Apa Saja?

Kursus Speaking Metode belajar speaking bahasa Inggris bagi setiap orang bisa berbeda-beda. Hal ini bisa dipengaruhi oleh minat, bakat, gaya belajar, dan level kemampuan yang dimiliki saat ini.

Kamu ingin belajar speaking tetapi masih bingung bagaimana metodenya? Seperti dilansir dari To Fluency, berikut ini 7 metode belajar yang bisa kamu coba praktikkan agar kemampuan speaking kamu semakin oke! 

Perbaiki Pronunciation

Pelajari suara bahasa aksen Inggris dan cara melafalkannya dengan benar. Kamu harus mempelajari cara berbicara yang benar, penggunaan intonasi, penggunaan tekanan, pengucapan yang santai, dan masih banyak lagi.

Ini akan membuat perbedaan besar pada cara kamu berbicara. Lawan bicara nantinya akan lebih mudah memahami dan bahasa Inggris kamu menjadi lebih akurat. 

Tirukan Suara Native Speaker 

Ini adalah cara yang sangat efektif untuk meningkatkan, tidak hanya kemampuan berbicara, tetapi juga keterampilan mendengarkan, kosakata, dan tata bahasa.

  • Listen – Mulailah dengan mendengarkan sebuah kalimat dalam bahasa Inggris.
  • Repeat – Jeda audio dan ulangi kalimat atau frasa.
  • Record – Sambil mengulang kata atau kalimat, rekam suara kamu sendiri.
  • Compare – Dengarkan audio aslinya, lalu dengarkan rekaman kamu dan bandingkan keduanya. Di sini, kamu akan dapat melihat apa yang perlu ditingkatkan dan apa yang kamu katakan. Pahami secara akurat perubahan yang perlu dilakukan.

Shadowing

Untuk mengasah kefasihan dalam berbicara bahasa Inggris, kamu bisa melakukan metode shadowing. Dalam shadowing, kamu harus mendengarkan audio dan mengulangi apa yang kamu dengar tanpa menjedanya. Perlu digarisbawahi, dalam metode ini tidak boleh ada jeda, ya!

Penting juga untuk memilih bagian audio yang mampu kamu ikuti.

Kursus Bahasa Inggris atau Belajar Bersama Teman

Berbicara dengan teman juga bisa menjadi metode belajar yang menyenangkan, lho. Bicaralah dengan teman-teman kamu dalam bahasa Inggris. Kamu bisa bersenang-senang sambil belajar!

Memperkaya Vocabulary

Pelajari lebih banyak kata dan frasa yang kamu gunakan saat berbicara bahasa Inggris.

Pelajari kata atau frasa yang kamu butuhkan untuk berbicara tentang subjek tertentu. Misalnya, jika kamu membutuhkan bahasa Inggris untuk bisnis, pelajari kata kerja bahasa Inggris bisnis. Atau lebih singkatnya, kamu bisa belajar English for Business

Baca juga: Business English Skills Merepresentasikan Perusahaan

Listen As Much As Possible (ABL)

Mendengarkan apapun dalam bahasa Inggris sepanjang waktu dan berlatih mendengarkan sebanyak mungkin akan sangat membantu kamu dalam berbicara dengan lancar, meskipun mendengarkan dan berbicara adalah dua keterampilan yang berbeda.

Namun, kamu perlu memahami pesan lawan bicara agar dapat melakukan percakapan, bukan?

Konsisten (Practice Every Day!)

  • Lakukan sedikit demi sedikit setiap hari.
  • Komitmen untuk berlatih 5-10 menit setiap hari. Jika kamu bisa melakukan lebih banyak lagi tentu lebih bagus!
  • Konsistensi adalah kunci untuk mempelajari keterampilan yang kompleks, seperti kemampuan berbicara bahasa Inggris di level advanced dan dengan percaya diri.

Kursus Speaking Local, Bicara Bahasa Inggris Jadi Cas Cis Cus 

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus Speaking Local di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.