6 Hambatan Perdagangan Internasional, Eksportir Wajib Paham!

hambatan perdagangan internasional

Kursus Business English – Mau mencapai kesuksesan dalam perdagangan internasional? Kamu perlu mengetahui enam hambatan utama yang sering dihadapi oleh eksportir dan bagaimana mengatasinya. 

Seperti diketahui bersama, dalam era globalisasi saat ini hambatan perdagangan internasional masih menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh para eksportir. Diperlukan pemahaman dan dedikasi khusus untuk mengatasi hal itu. 

Mengenal 6 Hambatan Perdagangan Internasional

Menembus pasar internasional adalah impian banyak eksportir. Namun, bukan berarti proses ini tanpa tantangan. Ada berbagai hambatan perdagangan internasional yang dapat mempengaruhi keberhasilan ekspor . 

Berikut ini adalah enam hambatan perdagangan internasional utama yang perlu kamu pahami dan siapkan strategi untuk mengatasinya: 

1. Hambatan Tarif dan Non-Tarif

Hambatan perdagangan internasional pertama adalah tarif dan non-tarif. Hambatan tarif berupa pajak yang dikenakan pada barang-barang impor, yang tujuannya adalah untuk melindungi produsen dalam negeri dari persaingan luar negeri. 

Sedangkan, hambatan non-tarif bisa berbentuk kuota impor, larangan impor, atau regulasi lainnya yang membatasi impor. Memahami regulasi tarif dan non-tarif di negara tujuan ekspor kamu adalah sangat penting untuk menentukan strategi ekspor yang tepat dan menghindari kerugian. 

Baca Juga: 3 Keahlian Skilled Labour ini Diburu Perusahaan, Kenapa?

2. Hambatan Bahasa

Pada perdagangan internasional, bahasa bisa menjadi hambatan yang cukup signifikan. Setiap negara memiliki bahasa dan budaya mereka sendiri, yang perlu dipahami oleh eksportir untuk memasarkan produk mereka secara efektif. 

Misalnya, instruksi penggunaan produk atau promosi penjualan harus disampaikan dalam bahasa yang dapat dimengerti oleh konsumen di negara tujuan. 

3. Hambatan Geografis

Faktor geografis juga sering kali dihadapi dalam hambatan perdagangan internasional. Faktor-faktor seperti jarak, kondisi iklim, dan infrastruktur transportasi dapat mempengaruhi biaya dan waktu pengiriman. 

Oleh karena itu, pemahaman tentang geografi negara tujuan sangat penting untuk merencanakan strategi pengiriman yang efektif.

4. Hambatan Ekonomi

Perbedaan kondisi ekonomi dan mata uang juga menjadi hambatan perdagangan internasional. Fluktuasi nilai tukar mata uang dapat mempengaruhi harga jual dan profit. 

Selain itu, kondisi ekonomi negara tujuan, seperti tingkat inflasi dan stabilitas ekonomi, juga dapat mempengaruhi daya beli konsumen. Oleh karena itu, analisis ekonomi yang mendalam sangat diperlukan sebelum memasuki pasar internasional.

5. Hambatan Politik

Politik merupakan faktor yang dapat berpengaruh besar terhadap hambatan perdagangan internasional. Kebijakan pemerintah, sanksi, dan perang dagang adalah beberapa contoh faktor politik yang dapat mempengaruhi perdagangan. 

Oleh karena itu, eksportir harus memahami dan mengikuti perkembangan politik di negara tujuan. Jangan sampai karena urusan politik, hambatan perdagangan internasional makin memperburuk aktivitas ekspor. 

6. Hambatan Teknologi

Meskipun teknologi telah mempermudah proses perdagangan, perbedaan infrastruktur dan penerapan teknologi di setiap negara dapat menjadi hambatan. 

Mengetahui dan memahami teknologi yang digunakan di negara tujuan sangat penting untuk menyesuaikan strategi bisnis. Pun ini bisa memaksimalkan peluang sukses dalam perdagangan internasional.

Pemahaman yang baik tentang pasar internasional, regulasi, dan budaya dapat membantu eksportir untuk mengatasi hambatan-hambatan ini. Selain itu, jalinan kerja sama yang baik dengan partner bisnis lokal dan pemahaman teknologi juga bisa membantu dalam mengatasi hambatan perdagangan internasional.

Baca Juga: Peluang 5 Jurusan yang Banyak Peluang Kerja, Peminatnya Masih Sedikit! 

Mahir Bahasa Inggris, Kunci Atasi Hambatan Perdagangan Internasional 

Seperti yang telah disebutkan, salah satu hambatan perdagangan internasional adalah kurang menguasainya bahasa asing terutama bahasa Inggris. Jangan khawatir, kamu bisa mengasah skill bahasa Inggris dengan Kursus Business English di Lister. 

Sejumlah alumni Lister terbukti merasakan bagaimana kursus di Lister mendukung karier mereka. Cari tahu pengalaman mereka di Testimoni Alumni

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.