Peluang 5 Jurusan yang Banyak Peluang Kerja, Peminatnya Masih Sedikit!

jurusan yang banyak peluang kerja

Program ListerMemilih jurusan di perguruan tinggi adalah keputusan yang sangat penting. Jurusan yang dipilih akan memengaruhi karier dan masa depanmu. Banyak orang berpikir, memilih jurusan yang populer adalah jaminan mendapatkan pekerjaan yang baik. 

Namun, apakah kamu tahu bahwa ada jurusan yang banyak peluang kerja, namun peminatnya masih sedikit? Inilah peluang emas yang bisa kamu manfaatkan. Penasaran apa saja jurusan yang banyak peluang kerja tapi minim peminat? Yuk, simak selengkapnya. 

Mengapa harus memilih jurusan yang banyak peluang kerja? 

Alasan utama mengapa kamu harus memilih jurusan yang banyak peluang kerja, tentu saja untuk memastikan masa depan karier yang cerah. Mengingat saat ini, persaingan di dunia kerja semakin ketat. 

Lulusan dengan jurusan prospek kerja yang luas memiliki keunggulan dibandingkan dengan yang lainnya. Mereka memiliki lebih banyak pilihan karier dan lebih fleksibel dalam memilih jenis pekerjaan yang diinginkan.

Selain itu, memilih jurusan yang banyak peluang kerja, tapi peminatnya masih sedikit juga bisa mengurangi risiko pengangguran. Kamu akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan sesuai bidang keahlianmu. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir tentang masa depan setelah lulus kuliah. 

Baca Juga: Simak Perbedaan D4 dan S1, Calon Mahasiswa Baru Perlu Tahu! 

Catat! Inilah 5 Jurusan yang Banyak Peluang Kerja di Masa Mendatang 

Lalu, apa saja jurusan yang banyak peluang kerja di masa mendatang? Dihimpun dari berbagai sumber berikut daftar lima di antaranya yang bisa menjadi referensi kamu saat menentukan jurusan kuliah: 

1. Antropologi Sosial 

Antropologi Sosial bisa dibilang sebagai jurusan yang banyak peluang kerja, namun peminatnya relatif masih sedikit. Meski tidak sepopuler jurusan lain, seperti Teknologi Informasi atau Bisnis, lulusan Antropologi Sosial memiliki keterampilan yang unik dan penting di berbagai bidang.

Peluang kerja untuk lulusan Antropologi Sosial cukup luas. Mereka bisa bekerja di sektor pemerintahan, LSM, peneliti, pendidikan, konsultasi budaya, hingga sektor bisnis dan pemasaran. Kemampuan untuk memahami dan menganalisis perilaku manusia dan dinamika sosial menjadi nilai jual yang penting. 

2.  Oseanografi atau Ilmu Kelautan 

Mengingat posisi geografis Indonesia yang dikelilingi lautan, seharusnya jurusan Oseanografi atau Ilmu Kelautan menjadi salah satu pilihan yang populer. Namun, kenyataannya belum banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan ini.

Lulusan Oseanografi atau Ilmu Kelautan memiliki peluang kerja yang luas dan menjanjikan. Mereka bisa bekerja di sektor pemerintahan, LSM lingkungan, perusahaan perikanan, hingga perusahaan pengeboran minyak dan gas bumi. 

3. Filsafat 

Filsafat kerap disebut sebagai “ibu dari segala ilmu”. Studi filsafat memang tampak kompleks karena membutuhkan kecakapan dalam logika berpikir dan logika bahasa, sehingga jumlah peminatnya terbilang sedikit. 

Namun, di jurusan ini kamu bisa mempelajari berbagai hal, mulai dari perilaku dan fenomena manusia hingga kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah. 

Setelah menyelesaikan studi, lulusan Filsafat memiliki peluang kerja sebagai pengajar, penasihat penelitian, penulis, konselor, politikus, atau bahkan berkarier di industri kreatif seperti halnya Dian Sastrowardoyo. 

4. Ilmu Lingkungan 

Dengan semakin meningkatnya kesadaran akan isu lingkungan, jurusan Ilmu Lingkungan menjadi salah satu jurusan yang banyak peluang kerja. Kamu bisa berkarir di berbagai sektor, mulai dari penelitian, konsultasi, hingga kebijakan lingkungan. 

5. Agribisnis 

Meski Indonesia adalah negara agraris, jumlah peminat jurusan Agribisnis masih sedikit. Padahal, lulusan Agribisnis memiliki banyak peluang, mulai dari manajemen perkebunan, pemasaran produk agribisnis, hingga penelitian pertanian.

Baca Juga: Berminat Jurusan Filsafat? Kenali Makul dan Prospeknya, Yuk!

Buka Seluasnya Peluang Kerja via Bahasa Asing Sekarang! 

Di era digital ini, kemampuan bahasa Asing menjadi salah satu kunci sukses ketika mencari peluang kerja. Sudah saatnya kamu meningkatkan kemampuan bahasa Asing dengan mengikuti Program Lister sekarang! 

Temukan ragam pilihan kelas terbaik sesuai kebutuhanmu. Jangan lupa, ikuti Instagram Lister agar tidak ketinggalan seputar promo menarik dan informasi terkini terkait program belajar bahasa Asing lainnya. 

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar melalui WhatsApp sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.