GRE Test : Penjelasan, Persiapan dan Tempat Kursus GRE

gre test

 Kursus Persiapan Tes GRE – Memiliki impian melanjutkan pendidikan bisnis abroad? Kamu perlu melewati GRE test terlebih dahulu. 

Memang tidak mudah namun tes GRE ini perlu dilakukan agar diterima di tingkat pascasarjana dan doktoral di berbagai negara dunia. 

Apa itu GRE Test? 

Tes GRE atau Graduate Record Examination adalah tes yang digunakan untuk menyaring kandidat mahasiswa khusus sekolah bisnis tingkat pascasarjana. 

GRE Test ini digunakan di berbagai perguruan tinggi internasional, namun di Indonesia sendiri tidak semua Perguruan Tinggi menggunakan tes ini untuk menyaring mahasiswa S2 masuk. 

Beberapa negara yang menggunakan GRE Test ini diantaranya adalah Amerika Serikat, Kanada, Australia, Inggris, Eropa, India dan Asia. 

Namun yang perlu diperhatikan adalah standar skor yang perlu diraih dari antar kampus berbeda-beda sehingga sebelum melakukan GRE Test wajib untuk mengecek skor minimalnya terlebih dahulu. 

baca juga : GRE Preparation: Persiapkan dengan Baik untuk Raih Skor Impian

Tata cara GRE test 

Tes GRE bisa dilakukan paper based di lokasi tertentu maupun dilakukan secara online di rumah. 

Kamu bisa mengecek lokasi tes sesuai kota kamu atau kota lain yang tersedia melalui website resmi GRE www.ets.org/gre/test-takers

Namun jika ingin kelas online juga bisa melihat ketersediaan jam melalui laman GRE tersebut. 

Untuk pendaftaran GRE Test dapat dilakukan secara online lengkap dengan pemilihan lokasi dan penjadwalan waktunya melalui laman resmi GRE. 

Tes GRE akan dilakukan selama 3 jam 45 menit yang berisi tes kuantitatif (penilaian kemampuan perhitungan), tes penalaran verbal (untuk menilai kemampuan penggunaan bahasa) dan juga tes analitis (untuk menilai kemampuan berargumen). 

Untuk melakukan GRE Test diperlukan kemampuan bahasa Inggris yang baik karena pertanyaan maupun jawaban menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris. 

Sehingga untuk persiapan GRE Test ini kamu perlu belajar bahasa Inggris selain juga mempelajari model soal yang akan keluar. 

baca juga : GMAT Preparation, Apa itu GMAT dan Persiapannya

Materi tes GRE 

Ada beberapa materi yang diujikan dalam GRE test seperti yang dituliskan di atas, penjelasan lengkapnya seperti berikut ini 

1. Tes analitik

Tes analitik dalam ujian GRE adalah bagian yang menguji kemampuan berpikir kritis seseorang. Nantinya kamu akan diberikan argumen dengan topik tertentu kemudian diminta untuk menilai argumen tersebut. 

Seperti mempertahankan argumen, mendukung argumen, menemukan kelemahan argumen dan lainnya. 

Tes analitik ini dibagi menjadi dua jenis soal yaitu 

a. Menilai isu 

Soal ini diberikan dengan memberikan satu isu atau topik tertentu kemudian kamu diminta untuk memberikan argumen atau menulis esai tentang pendapat kamu tentang topik tersebut menggunakan dukungan yang bagus agar pendapat yang kamu berikan dinilai kuat. 

b. Menilai argumen 

Tes ini diberikan dengan memberikan sebuah argumen kemudian kamu diminta untuk menilai argumen tersebut. Apakah ada kelemahan atau ketidaksesuaian argumen untuk kemudian bagaimana pemikiran kamu soal argumen tersebut. Jadi di soal ini kamu memberikan argumen sebuah argumen. 

2. Tes Verbal 

Selanjutnya tes verbal yang digunakan untuk menilai kemampuan pemahaman topik dalam bahasa Inggris. Kamu akan diberikan bacaan berupa artikel, esai, kutipan maupun teks sastra untuk kemudian diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan terkait bacaan tersebut.

Setelah itu ada model soal isi teks kosong, dimana kamu diminta mengisi teks kosong dalam kalimat dengan pemilihan kalimat yang sesuai. 

3. Penalaran kuantitatif 

Selanjutnya gre test kuantitatif adalah tes yang digunakan untuk menilai kemampuan logika matematika seseorang. 

Beberapa soal yang tersedia di tes ini adalah aljabar, geometri, statistik untuk kemudian kamu diminta untuk menyelesaikannya. 

Soal selanjutnya adalah tentang membandingkan ekspresi kuantitatif untuk kemudian diminta menentukan hubungan antara keduanya. 

Strategi tes GRE 

GRE test memang tidak mudah namun ada strategi-strategi yang bisa digunakan untuk membantu kamu mengerjakan tes GRE dengan baik. Diantaranya 

1. Strategi tes kuantitatif 

Untuk mengerjakan soal hitungan seperti ini tidak mudah dilakukan apalagi dengan waktu yang terbatas. 

Lakukan latihan dengan baik dari berbagai sumber, banyak latihan tes ini akan membantu kamu mengenai jenis dan tipe soal sehingga jika menemui soal serupa maka sudah sangat siap menyelesaikannya. 

Tes kuantitatif ini bisa menggunakan bantuan calculator sehingga memaksimalkan penggunaan alat bantu ini dengan tenang tanpa terburu-buru. 

2. Strategi tes verbal 

Untuk bisa mengerjakan tes GRE bagian tes verbal kamu perlu banyak mempelajari kosakata bahasa Inggris. 

Sebab di soal ini kamu diminta untuk mengisi bagian isi dalam kalimat. Kemudian untuk membuat esai dalam bahasa Inggris juga sangat membutuhkan referensi kosakata yang banyak agar bisa menulis argumen dengan baik. 

Selanjutnya juga diperlukan banyak latihan soal dari berbagai sumber untuk mempelajari jenis soal dan prediksi yang akan muncul. 

3. Strategi tes analitik 

Selanjutnya adalah tes analitik dalam GRE Test untuk memudahkan melewati tes ini adalah dengan membuat kerangka tulisan yang akan dibahas. 

Kamu bisa menggunakan kerangka tulisan berupa poin per poin. Sehingga pembahasan tidak akan jauh dari topik utama tersebut. 

Selanjutnya baca banyak referensi agar bisa menjawab tentang kelemahan argumen sehingga kamu bisa memberikan dukungan argumen yang kuat. 

Contoh kasus dalam memperkuat argumen juga sangat dibutuhkan sehingga membaca banyak referensi sangat dibutuhkan. 

Jangan lupa manajemen waktu sehingga menyelesaikan banyak pekerjaan di soal ini bisa dilakukan dengan efektif. 

Sebelum melakukan GRE Test memang sangat perlu melakukan banyak persiapan baik bahasa, pendalaman soal maupun try out sehingga ketika waktu GRE test datang maka bisa melakukan tes dengan baik. 

layanan lainya : Kursus Persiapan Tes GMAT

Rekomendasi tempat kursus persiapan GRE 

Ingin mencari tempat kursus persiapan GRE di Indonesia? Bisa belajar bareng Lister. Lembaga kursus yang menyediakan layanan kualitas premium untuk students. 

Lister memberikan banyak kemudahan untuk kursus persiapan GRE dengan memberikan layanan online, bebas melakukan schedule waktu belajar dan juga bebas memilih tutor terbaik. 

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang melalui WhatsApp

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.