Final Clause Bahasa Jerman, Gunakan Rumus um-zu dan damit

Mempelajari tata bahasa Jerman, tak lepas dari final clause. Aspek ini tidak terlalu umum ditemukan dalam bahasa lain, seperti bahasa Inggris. Namun final clause penting dalam kalimat sehari-hari bahasa Jerman.

Apa itu Final Clause?

Final clause adalah klausa adverbial (keterangan) yang menunjukkan tujuan dari suatu tindakan. Klausa ini tidak dapat berdiri sendiri, sehingga harus diletakkan setelah klausa utama.

Final clause disebut juga dependent clause, adverbial clause, atau clauses of purpose. Walaupun sifatnya menjelaskan klausa utama, final clause biasanya tidak mengandung kata keterangan (adverbial).

Final Clause Bahasa Jerman

Bahasa Jerman adalah salah satu bahasa yang sering menggunakan final clause dalam kalimatnya. Fungsinya adalah menjelaskan tujuan dari suatu tindakan yang disebutkan sebelumnya.

Dalam bahasa Jerman, final clause dibentuk dengan rumus um … zu dan damit. Klausa utama diakhiri dengan koma, lalu dilanjutkan klausa akhir.

um … zu

Final clause yang menggunakan um … zu diawali dengan konjungsi um.

Kata kerja diletakkan di akhir kalimat. Kata kerja yang digunakan adalah bentuk infinitif, yakni kata kerja + (zu). Kata kerja ini tidak dikonjugasikan. Jika kata kerja tersebut dapat dipisah, zu ditambahkan setelah akhiran kata kerja.

Final clause yang menggunakan um … zu tidak memiliki subjek sendiri. Maka dari itu, subjek pada klausa utama dan final clause haruslah sama.

Berikut contohnya.

  • Wir kaufen einen Saugroboter, um Zeit zu sparen. (Kami membeli sebuah robot vakum agar menghemat waktu.)
  • Ich brauche eine große Tasche, um die leeren Flaschen wegzubringen. (Aku membutuhkan sebuah tas yang besar untuk menyingkirkan botol-botol kosong.)
  • Ich hole einen Besen, um die Terrasse zu kehren. (Aku mengambil sebuah sapu untuk menyapu teras.)

damit

Pola kedua yang dapat digunakan dalam final clause adalah menggunakan damit.

Kata damit diletakkan setelah klausa utama dan koma. Tujuannya untuk menghubungkan dengan final clause.

Kata kerja diletakkan di akhir kalimat. Kata kerja tersebut dikonjugasikan.

Berikut contohnya.

  • Wir kaufen einen Saugroboter, damit die Wohnung schneller sauber wird. (Kami membeli sebuah robot vakum, sehingga apartemen dapat dibersihkan lebih cepat.)

Syarat penting untuk kuliah, bekerja, dan tinggal di Jerman adalah menguasai bahasanya. Sebagai persiapan, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jerman di Lister. Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu juga dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!