Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Apa Arti Bahasa Inggris? Begini Penjelasan yang Wajib Kamu Tahu!

lister-blog-april-2022-apa-arti-bahasa-inggris

Ingin mempelajari Bahasa Inggris tapi masih ragu? Nah sebelum memutuskan, kamu bisa menyimak ulasan mengenai jenis bahasa Inggris yang banyak digunakan hingga kini. Apa saja?

Bahasa Inggris memiliki banyak sekali ragam perbedaan dari dialek ataupun aksen. Wajar jika beberapa diantaranya dibagi menjadi bahasa Inggris formal dan non-formal.

Sebelum memulai belajar jenis bahasa Inggris secara lengkap, yuk simak dulu biasanya apa yang menjadi tujuan dan manfaat dari belajar bahasa Inggris!

Tujuan Belajar Bahasa Inggris

Setiap orang memiliki alasan masing-masing untuk belajar bahasa Inggris. Kamu bisa menyesuaikan keinginan belajar bahasa Inggris dengan kebutuhan yang harus dipenuhi. Nah, kalau misalnya kamu masih bimbang, coba pikirkan tentang kemampuan bahasa Inggris yang sudah kamu mliki dan yang kamu inginkan.

Apakah kamu bekerja sebagai akuntan? Kamu bisa mulai mempelajari istilah bahasa Inggris akuntansi. Apakah kamu berencana bepergian ke London? Pelajari beberapa bahasa gaul London! Semakin jelas dan spesifik tujuan yang hendak dicapai, semakin mudah dalam mengambil langkah. Menentukan motivasi kamu akan membantu memfokuskan studi kamulebih efektif pada bidang yang paling ingin kamu tingkatkan.

Fungsi & Manfaat Bahasa Inggris

Bahasa Inggris yang merupakan salah satu mata pelajaran wajib di sekolah tingkat dasar hingga menengah atas, pasti memiliki banyak manfaat mengapa harus dipelajari. Jika kamu masih penasaran, berikut ini fungsi dan manfaat Bahasa Inggris yang harus kamu ketahui!

1) Fleksibilitas kognitif yang lebih baik: ini berarti orang bilingual dapat menyesuaikan diri dengan situasi baru atau tak terduga lebih cepat daripada monolingual karena belajar bahasa baru mengembangkan area baru dari pikiran mereka dan meningkatkan kemampuan mereka untuk fokus dan memproses informasi.

2) Meningkatkan daya ingat dan membuat kamu menjadi pemikir yang lebih sadar: begitu kamu menemukan kata atau struktur baru, kamu harus mengingat dan menerapkannya, sebuah latihan yang memperkuat daya ingat dan meningkatkan kreativitas.

3) Mengasah keterampilan mendengarkan dan membuat pikiran bekerja pada puncaknya: untuk mendengar, memahami, menafsirkan, dan menghasilkan suara khas bahasa baru, pelajar harus menemukan informasi yang ambigu dan membedakan data yang relevan dari data yang tidak relevan.

4) Meningkatkan perhatian dan kemampuan pengambilan keputusan: Bahasa baru memiliki ekspresi dan idiom dengan arti yang berbeda, yang membuat pelajar berpikir tentang apa yang sesuai untuk situasi tertentu dan apa yang akan menyinggung penutur asli.

5) Membangun keterampilan multitasking: Orang bilingual mengembangkan keterampilan untuk beralih di antara dua sistem ucapan, penulisan, dan struktur – sistem bahasa mereka sendiri dan sistem bahasa target. Beralih di antara struktur yang berbeda membuat mereka pandai multitasking.

6) Melindungi dari demensia dan Alzheimer: Penyebab penyakit ini tidak diketahui dengan baik, tetapi penelitian medis telah menentukan bahwa mempelajari bahasa kedua dapat mencegah kemunculannya atau memperlambat efeknya.

3 Jenis Bahasa Inggris

Australian English (Bahasa Inggris – Australia)

Meski jarang digunakan dan tidak seumum jenis dialek lainnya, dialek Australian English ini mulai banyak digunakan di berbagai negara yang memiliki hubungan bilateral dengan Negara Australia.

British English (Bahasa Inggris – Britania)

Jenis bahasa Inggris ini adalah dialek yang paling tua di dunia. Dikenal sebagai ’empu’-nya Bahasa Inggris yang berkembang di dataran benua biru di abad ke-11. Dialek British dianggap memiliki ragam pelafalan dan penuturan yang lebih sulit untuk disimak dan dipelajari. Dibanding dialek jenis lain, British memiliki varian yang lebih medok dari yang lain lho.

American English (Bahasa Inggris – Amerika)

Jenis bahasa Inggris yang satu ini biasanya sering dipakai dan diajarkan saat masih di sekolah, baik SD, SMP, SMA, hingga kuliah. Perbedaan yang paling signifikan itu terletak pada pelafalan dan pengaplikasiannya. American English dianggap memiliki pelafalan yang terbilang jelas dan gamblang, mudah disimak, dan dipelajari.

Demikian ulasan mengenai jenis bahasa Inggris, manfaat, dan alasan mempelajarinya yang perlu kamu ketahui agar lebih semangat mempelajari bahasa Inggris! Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih terarah, kamu bisa gabung di Kelas Bahasa Inggris Lister.

Jangan ketinggalan untuk belajar dengan metode yang menyenangkan dari tutor berpengalaman. Dapatkan promo menariknya dengan mendaftar sekarang!