4 Alasan Masuk Ke Universitas Nasional Seoul, Bisa Jadi Kampus Impian Selanjutnya

Universitas Nasional Seoul

Kursus Bahasa Korea  – Kamu berminat untuk kuliah ke luar negeri? Universitas Nasional Seoul bisa menjadi pilihan. Universitas yang satu ini merupakan impian bagi para siswa di Korea karena memiliki berbagai kelebihan.

Berikut ini akan Lister bahas 4 alasan untuk masuk ke Universitas Nasional Seoul.

1. Memiliki Kualitas Terbaik Di Korea 

Universitas Nasional Seoul adalah universitas terbaik di Korea Selatan 2022 yang sudah berdiri sejak tahun 1946. Jejak panjang tersebut tentu membuatnya telah berkembang pesat dan memiliki reputasi yang telah dikenal masyarakat luas.

Kualitas tersebut telah menjadi tradisi dan masih berada di posisi puncak di Korea yang juga diperhitungkan di dunia internasional.

2. Pendidikan Kelas Dunia 

Hal kedua yang bisa dijadikan alasan untuk masuk ke UNS adalah pendidikan kelas dunia yang diterapkannya.

Sebab, sejak awal, Universitas Nasional Seoul telah menerapkan pendidikan yang bebas dan menanamkan rasa cinta belajar seumur hidup kepada para siswanya.

Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa menghadapi dunia kerja serta turun langsung dalam persaingan global yang semakin lama semakin ketat.

pendidikan kelas dunia yang diterapkan oleh UNS juga dihadirkan lewat tenaga pengajarnya.

Tenaga pengajar atau dosen yang mengajar di UNS sebagian besar merupakan orang yang lulus dari universitas terbaik di dunia.

Selain kualitas terbaik, mereka juga memiliki dedikasi yang tinggi dalam membagikan ilmu yang dimilikinya.

Pendidikan kelas dunia ini membuat banyak orang tertarik sehingga mendaftar untuk kuliah disini dan membuat universitas ini menjadi universitas Korea yang banyak mahasiswa Indonesia.

Baca juga: 20 Kosakata Korea dalam Kamus Bahasa Indonesia ke Korea

3. Banyak Melakukan Riset dengan Sistem Canggih

Komitmen dari Universitas Nasional Seoul untuk menghadirkan pendidikan terbaik diwujudkan dengan banyak melakukan riset untuk terus berkembang.

Riset tersebut telah banyak menghasilkan institusi penelitian yang telah dikenal luas di seluruh dunia serta menjadikannya sebagai universitas Korea terbaik.

4. Memiliki Ikatan Alumni yang Solid 

Universitas Nasional Seoul memiliki ikatan alumni yang solid dan menakjubkan sehingga membuatnya menjadi universitas Korea alumni penting.

Bisa dikatakan kalau ikatan alumni dari Universitas Nasional Seoul merupakan ikatan alumni yang kuat dan salah satu yang paling menonjol di seluruh Korea Selatan.

Alumni UNS bisa dibilang tersebar di berbagai sektor penting di Korea.

Beberapa alumni Universitas Nasional Seoul misalnya adalah salah satu dari empat CEO yang masuk dalam daftar 100 perusahaan Korea Terbaik.

Alumni UNS juga hadir di Mahkamah Agung dengan posisi  hakim sebanyak 72%.

Salah satu tokoh yang dikenal dunia yang merupakan alumni dari UNS adalah Ban Ki Moon.

Beliau dikenal pernah menduduki jabatan sebagai Sekretaris Jenderal United Nations.

Orang terkenal lain yang lulus dari Universitas ini adalah Kim Young Sam yang merupakan Presiden ke-14 Korea Selatan.

Kamu pun bisa berbangga ketika mengenakan jaket yang memasang logo universitas Korea ini.

Baca juga: Kenali Huruf Hangul Korea, dari Sejarah hingga Contoh

Jurusan yang ada di Universitas Nasional Seoul

Selanjutnya, Kita akan bahas tentang jurusan apa saja yang bisa ditemui di Universitas Nasional Seoul.

Sebagai Korea university jurusan S1 Universitas Nasional Seoul menyediakan 15 pilihan fakultas. Beberapa contoh fakultas yang bisa dipilih adalah Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Alam, Fakultas Ilmu Humaniora, Fakultas Seni, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Musik, Fakultas Keperawatan dan beberapa fakultas lainnya.

Terdapat juga mata kuliah minor seperti media art,Artificial Inteligent,tecnology management dan beberapa mata kuliah  lain yang bisa diambil di semester tertentu saja.

Sementara untuk program pascasarjana, UNS menghadirkan 106 jurusan yang terbagi di beberapa fakultas seperti Fakultas Seni, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Humaniora dan Ilmu Sosial juga Program Interdisipliner.

Baca juga: 8 Tips Belajar Berbahasa Korea Agar Cepat Bisa 

Sebagai informasi, Program Interdisipliner memiliki beberapa jurusan yang hanya dibuka untuk Program Doktoral dan Magister sehingga Kamu perlu perhatikan baik-baik jurusan yang hendak dipilih.

Perlu diketahui kalau ada program yang menarik di Universitas Nasional Seoul yaitu Program Profesi.

Program Profesi merupakan program yang diselenggarakan universitas untuk mahasiswa yang ingin menjalankan atau mendalami profesi tertentu setelah lulus kuliah.

Karena itulah kurikulum yang diterapkan di program ini sedikit berbeda dibandingkan program studi lain dimana akan ada banyak praktik selama proses belajarnya.

Beberapa contoh jurusan untuk Program Profesi adalah Graduate School of Public Health, School of Dentistry, Graduate School of International Agriculture Technology, Graduate School of Data Science,Graduate School of Environmental Studies, Graduate School of Public Health, Graduate School of International Studies dan berbagai macam program lainnya.

Fasilitas di Universitas Nasional Seoul 

Kalau Kamu belajar di Universitas Nasional Seoul, maka Kamu akan memiliki kesempatan untuk merasakan fasilitas yang disediakan untuk mahasiswa disana.

Beberapa fasilitas yang akan bisa kamu dapatkan adalah asrama, learning support, bantuan untuk mahasiswa dengan kebutuhan khusus atau disabilitas, global internship,research support, career planning, career counseling, foreign research information center,inter-library loan, document delivery service.

Seoul National University Library sampai komputer beserta akses internet dan juga beberapa fasilitas lainnya.

Melihat dari banyaknya program gelar sarjana sebanyak 83 dan 99 program untuk master dan doktor membuat SNU banyak diganderungi oleh mahasiswa Korea hingga luar negeri. 

Terlebih ada banyak sekali lembaga penlitian seperti Big Data Institute, Greenbio Research Complex, Institute for Research in Finance and Economics, dan Asia Institute for Energy, Environment and Sustainability yang bekerja sama dengan beberapa jurusan tersebut. 

Pengembangan karir yang cukup luas

Setiap mahasiswa yang ada di SNU akan diberikan pengembangan holistik sebagai rancana karir yang sistematis untuk mengeksplorasi pilihan karir murid sebanyak-banyaknya. 

Ada program bernama Mentoring Proyek Career Development Centre yang merupakan program unggulan untuk memungkinkan setiap mahasiswa mengenal setiap alumni di universitas tersebut. 

Program tersebut ditawarkan untuk mahasiswa sarjana dengan durasi 8 minggu di setiap semesternya. 

Biaya Belajar di Universitas Nasional Seoul

Selanjutnya, Lister akan bahas tentang berapa biaya yang Kamu butuhkan untuk masuk ke Universitas Nasional Seoul.

Kamu perlu membayar biaya pendidikan sebanyak dua kali dalam satu tahun yaitu akhir Februari serta akhir bulan Agustus.

Besarnya biaya yang dibayarkan akan menyesuaikan dengan jurusan yang Kamu ambil.

Biaya untuk belajar di Universitas Nasional Seoul cukup beragam yaitu dimulai dari 2.460.000 Won hingga 5.074.000 Won untuk program sarjana.

Sementara untuk program Pasca Sarjana, biaya pendidikannya adalah 3.131.000 Won sampai 6.005.000 Won. Program Profesi menawarkan biaya pendidikan dimulai dari 2.503.000 Won sampai 8.540.000 Won.  

Tapi Kamu bisa tenang karena Universitas Nasional Seoul merupakan universitas Korea yang menyediakan beasiswa full.

Bagi Kamu yang beragama Islam,juga bisa coba mencari informasi tentang universitas Islam di Korea Selatan.

[Kode Promo] Kursus Bahasa Korea Cek di Sini

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Korea Selatan adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Korea Lister.

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh jcomp di Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts